An Examination of Self-Concept and Consumptive Behavior: The Phenomenon of Online Shopping

Yufita Jasmine, Cempaka Putrie Dimala, Ananda Saadatul Maulidia

Abstract


One of the basic elements that influences consumer behavior is self-concept. Online shopping is most often done by adolescents aged 18-21 years. This study aims to examine the influence of self-concept on consumer behavior in online shopping among adolescents in Karawang Regency. Participants in this study were adolescents aged between 12 and 21 years totaling 204 and using accidental sampling for this study. The Self-Concept Scale (PSC) contains eighteen valid questions on the Self-Concept Scale (reliability α = 0.942) and the Consumptive Behavior Scale twenty-three valid questions on the Consumptive Behavior Scale (reliability α = 0.948). Specifically, self-concept has an impact on consumer behavior (sig 0.000 <0.05). The regression coefficient of the self-concept variable is -0.155 which means there is a negative influence between self-concept and consumer behavior in online shopping among adolescents in Karawang Regency. Adolescents who have a high and positive self-concept tend to be wiser in shopping, while those with a low self-concept are more susceptible to external influences and more likely to engage in excessive consumer behavior.

Salah satu elemen mendasar yang mempengaruhi perilaku konsumtif adalah konsep diri. Belanja online paling sering dilakukan oleh remaja yang berada di rentang usia 18-21 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online pada remaja di Kabupaten Karawang. Partisipan dalam penelitian ini adalah remaja yang berusia antara 12 hingga 21 tahun yang berjumlah 204 dan menggunakan accidental sampling untuk penelitian ini. Skala Konsep Diri (PSC) terdapat delapan belas pertanyaan yang valid pada Skala Konsep Diri (reliabilitas α = 0,942) dan Skala Perilaku Konsumtif dua puluh tiga pertanyaan yang valid pada Skala Perilaku Konsumtif (reliabilitas α = 0,948). Secara khusus, konsep diri memiliki dampak pada perilaku konsumtif (sig 0.000<0.05). Koefisien regresi variabel konsep diri adalah -0.155 yang berarti ada pengaruh negatif antara konsep diri terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online pada remaja di Kabupaten Karawang. Remaja yang memiliki konsep diri yang tinggi dan positif cenderung lebih bijaksana dalam berbelanja, sementara mereka yang memiliki konsep diri yang rendah lebih rentan terhadap pengaruh eksternal dan lebih cenderung terlibat dalam perilaku konsumtif yang berlebihan.


Keywords


Consumptive Behavior, Teenagers, Self-Concept, Online Shopping.

Full Text:

FULL TEXT

References


Ansar, A. (2023). Pengaruh intensitas iklan media sosial terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa. Nathiqiyyah, 6(2), 8–14. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v6i2.767

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi edisi II (Edisi II). Pustaka Belajar.

Brilianaza, E., & Sudrajat, A. (2022). Gaya hidup remaja shopaholic dalam trend belanja online di shopee. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 6(1), 45–54. https://doi.org/10.30595/jssh.v6i1.12225

CNNIndonesia. (2018). Alasan generasi milenial lebih konsumtif. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180418215055-282-291845/alasan-generasi-milenial-lebih-konsumtif

Damarhadi, S., Mujidin, M., & Prabawanti, C. (2020). Gambaran konsep diri pada siswa SMA ditinjau berdasarkan jenis kelamin. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(3), 251–259.

Dittmar, H. (2005). A new look at “compulsive buying”: self–discrepancies and materialistic values as predictors of compulsive buying tendency. Journal of Social and Clinical Psychology, 24(6), 832–859. https://doi.org/10.1521/jscp.2005.24.6.832

Emirna, R., Ratnaningtas, A., & Adhandayani, A. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee pada dewasa awal. Psychommunity Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul, 1(01), 102–112.

Goñi, E., Madariaga, J. M., Axpe, I., & Goñi, A. (2011). Structure of the personal self-concept (PSC) questionnaire. International Journal of Psychology and Psychological Therapy, 11(3), 509–522.

Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2013). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(01), 50–65.

Harlock, E. (1980). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Gramedia.

Herdiana, I. (2022). E-commerce memicu mahasiswa semakin Konsumtif? BandungBergerak.id. https://bandungbergerak.id/article/detail/2033/e-commerce-memicu-mahasiswa-semakin-konsumtif

Hikmah, F. N., & Nurwidawati, D. (2023). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 190–202.

Husaini, A. (2020). Riset snapcart: Shopee paling diminati dan jadi pilihan konsumen belanja. Kontan.Co.Id. https://industri.kontan.co.id/news/riset-snapcart-shopee-paling-diminati-dan-jadi-pilihan-konsumen-berlanja

Isroani, F., Mahmud, S., Qurtubi, A., Pebriana, P., & Karim, A. (2023). Psikologi perkembangan (Edisi pertama). Mitra cendekia media.

Khoiriyah, S. F., & Hakim, Z. A. (2023). Perilaku konsumtif produk kosmetik ditinjau dari konsep diri pada mahasiswi. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 4(1), 21–37.

Lero, Y. B., Tagela, U., & Irawan, S. (2020). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 4(2), 85–90.

Lestari, A. D. A., & Yuwono, E. S. (2024). Hubungan antara konsep diri dan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(6), 799–808.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6.

Luas, G. N., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 1–7.

Minanda, A., Roslan, S., & Anggraini, D. (2018). Perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. Neo Societal, 3(2), 433–440.

Muharsih, L., Mora, L., Dimala, C. P., & Riza, W. L. (2023). Conformity and positive emotions as predictors of impulsive buying tendencies of online shopping consumer. Edutran of Psychology and Behavior, 1(1), 1–8.

Mustika, W. F., & Astiti, D. P. (2017). Gambaran pengambilan keputusan remaja putri dalam perilaku belanja online. Jurnal Psikologi Udayana, 4(2), 379–389.

Novika, S. (2021). Merunut perkembangan e-commerce di Indonesia. detikFinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5484706/merunut-perkembangan-e-commerce-di-indonesia

Novitasari, L., Nufus, N. B. H., & Wulandari, M. A. P. (2023). Hukum ekonomi: pola perilaku konsumtif mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi belanja online ditinjau dari perspektif ekonomi islam. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 8(I), 1–16.

Nurhaini, D. (2018). Pengaruh konsep diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap gadget. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 92–100.

Santrock, J. (2013). Adolescence. McGraw-Hill Education. https://books.google.co.id/books?id=TxMWMAEACAAJ

Saputra, D. N. Y., & Astiti, D. P. (2021). Peran citra tubuh dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif dalam membeli kosmetik pada siswi Sekolah Menengah Atas di Kota Denpasar. Psikologi Konseling, 18(1), 910–925.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: meneropong imbas pesan iklan televisi. Alfabeta.

Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2015). Konsep diri, konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02), 145–152.

Sutarsih, T., & Maharani, K. (2022). Statistik telekomunikasi Indonesia. Badan Pusat Statistik.

Suyasa, P., & Tommy, Y. S. (2005). Perbandingan perilaku konsumtif berdasarkan metode pembayaran. Phronesis, 7(2), 172–199.

Wardani, A. S. (2020). Survei: milenial dan gen z mendominasi tren belanja online saat pandemi. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/tekno/read/4415768/survei-milenial-dan-genz-mendominasi-tren-belanja-online-saat-pandemi

Wijayanti, A., & Astiti, D. P. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif remaja di kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 41–49.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v13i4.16833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yufita Jasmine, Cempaka Putrie Dimala, Ananada Saadatul Maulidia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id