Impulse Buying Kpopers: The Role of Endorser Credibility and Self-Regulation
Abstract
The increasing prevalence of the Korean entertainment industry penetrating Indonesia has led to the emergence of a larger number of K-pop fans, or K-popers. K-popers exhibit fan characteristics that tend to be obsessive and impulsive towards their idols, resulting in frequent impulsive purchases related to their idols. Consequently, many companies strive to capture the attention of K-popers by employing Korean celebrities to advertise their products. Such behavior can have negative impacts both psychologically and financially, but impulsive buying can be mitigated by enhancing self-regulation within individuals. From the above exposition, this study aims to investigate the influence of celebrity endorser credibility on impulsive buying behavior among K-popers and how regulation can affect this relationship as a moderating variable. The study utilizes a quantitative method with 111 Indonesian K-popers aged 15-25 years who have made purchases related to Korean celebrities. The scales employed in this research include celebrity endorser credibility by Ohanian (1990), the Impulsive Buying Tendency Scale by Verplanken & Herabadi (2001), and the Short Self-Regulation Questionnaire (SSRQ) by Neal & Carey (2005). The research findings indicate that celebrity endorser credibility only exerts a small influence of 4.1% on impulsive buying behavior among K-popers (p < 0.05). However, self-regulation fails to moderate the relationship between celebrity endorser credibility and impulsive buying behavior among K-popers (p > 0.05).
Semakin maraknya industri hiburan korea yang mausk ke Indonesia berpengaruh pada timbulnya semakin banyak penggemar kpop atau kpopers. Kpopers memiliki sifat penggemar yang cenderung obsesif dan impulsif terhadap idolanya sehingga membuat kpopers sering melakukan pembelian impulsif terhadap hal-hal yang berkaitan dengan idola mereka. Karena itu, banyak perusahaan berusaha untuk menarik perhatian kpopers dengan menggunakan selebriti korea untuk mengiklankan produk mereka. Perilaku dapat membwa dampak negative baik secara psikologis dan finansial, namun impulsive buying dapat dikurangi dengan meningkatkan regulasi diri dalam diri individu. Dari pemaparan diatas, penelitian ini ingin melihat pengaruh celebrity endorser credibility terhadap impulsive buying behavior pada kpopers dan bagaimana regulasi dapat mempengaruhi hubungan tersebut sebagai variable moderator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 111 partisipan kpopers Indonesia berusia 15-25 tahun dan pernah melakukan pembelian produk yang berhubungan dengan selebriti korea. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah celebrity endorser credibility dari Ohanian (1990), Impulsive buying tendency scale dari Verplanken & Herabadi (2001) dan short self-regulation questionnaire (SSRQ) dari Neal & Carey (2005). Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity endorser credibility hanya memberikan pengaruh kecil sebanyak 4,1% terhadap impulsive buying behavior pada kpopers (p < 0,05). Namun, regulasi diri tidak dapat memoderasi hubungan antara celebrity endorser credibility dan impulsive buying behavior pada kpopers (p > 0.05).
Keywords
Full Text:
FULL TEXTReferences
Ajija, S. R., Wulansari, D., & Setianto, R. H. (2011). Cara Cerdas Menguasai Eviews. Penerbit Salemba Empat.
Azzahra, L., & Nursholehah, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Implusive Buying Behavior Konsumen (Survey pada Scarlett Body Whitening di Kota Bandung, Indonesia). International Journal Administration Business and Organization, 3(2), 70–82. https://doi.org/10.61242/ijabo.22.215
Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2016). Analisis regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis : Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS. PT Rajagrafindo Persada.
Bhakat, R. S., & Muruganantham, G. (2013). A Review of Impulse Buying Behavior. International Journal of Marketing Studies, 5(3). https://doi.org/10.5539/ijms.v5n3p149
Dewi, R. P. (2011). Hubungan antara kemandirian dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi di Ma’had Sunan Ampel Al-Ali Mabna Khodijah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish.
Felicia, V. (2022). Pengaruh Celebrity Endorse Di Instagram Dan Hedonic Motives Terhadap Impulsive Buying Pada Produk Fashion Di Surabaya. Performa, 6(5), 468–477. https://doi.org/10.37715/jp.v6i5.2564
Firhan, R., & Nio, S. R. (2021). Hubungan regulasi diri dengan pembelian impulsif remaja putri Bukittinggi terhadap produk pakaian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2017), 3737–3743. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1454
Gawi, R. M., & Rinaldi, R. (2019). Hubungan antara regulasi diri dengan pembelian impulsif pada produk fashion. Jurnal Riset Psikologi, 1(2), 1–12. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/6201
Hakim, A. R., Mardhiyah, A., Novtadijanto, D. M. I. Nurkholifah, N., Ramdani, Z., & Amri, A. (2021). Pembentukan identitas diri pada kpopers. Jurnal Psikologi, 4(1), 18–31.
Juswan, J., & Nio, S. R. (2022). Hubungan mood dengan impulsive buying behavior pada konsumen mahasiswa dalam melakukan pembelian melalui e-commerce shopee di Kota Padang. Jurnal Riset Psikologi, 5(2), 18–27.
Katz, M. H. (2011). Multivariable Analysis: A Practical Guide For Clinicians And Public Health Researchers (Third Edition). The United Kingdom at the University Press.
Kim, J., Kaye, J., & Wright, L. K. (2001). Issues in Mental Health Nursing, 22:63 – 75, 2001. 63–75.
Krismana, M. G., Rahman, P. R. U., & Dimala, C. P. (2023). Cognitive flexibility as Mediator the Effect of Loneliness on Celebrity worship in Early adult Korean Wave Fans in Indonesia. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 12(4), 538. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i4.12342
Kurniasih, L., & Maulana, A. (2021). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA TOKOPEDIA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pengguna Tokopedia Di Karawang). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1401–1411. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2568
Kusuma, A. R., & Afdliah, R. (2012). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 1(1), 17–30.
Laksono, A. P., & Noer, A. H. (2021). Idolaku, Sumber Intimacy-ku : Dinamika Celebrity Worship dan Tugas Perkembangan Dewasa Awal Pecinta Kpop. Jurnal Psikologi, 17(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v17i2.12837
Mukaromah, M., Zulva, T. N. I., Malida, O. N., & Oktafia, Y. (2021). “Analisis psikopatologi kecenderungan impulsive buying pada salah satu mahasiswa Universitas Negeri Semarang (psychopathological analysis of the tendency of impulsive buying to one of Universitas Negeri Semarang students).” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31.
Munica, R. (2021). Gambaran Celebrity Worship Terhadap Idola-Kpop pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(1), 90–98. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i1.439
Natalia, D. E., Murni, S., & Untu, V. N. (2019). Analisis Tingkat Literasi Dan Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(2), 2131–2140. https://doi.org/10.35794/emba.v7i2.24018
Neal, D. J., & Carey, K. B. (2005). ). A Follow-Up Psychometric Analysis of the Self-Regulation Questionnaire. Psychology of Addictive Behaviors, 19(4), 414–422. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0893-164X.19.4.414
Ohanian, R. (1990). Construction and validation of a scale to measure celebrity endorsers’ perceived expertise, trustworthiness, and attractiveness. Journal of Advertising, 19(3), 39–52. https://doi.org/10.1080/00913367.1990.10673191
Pratiwi, I. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Di Online Shop Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 98. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19994
Purwanti, S. (2013). Korea, remaja dan proses peniruan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(1). https://core.ac.uk/download/pdf/268075960.pdf
Putri, A. F. (2018). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35–40. https://doi.org/10.23916/08430011
Putri, E. T., Widyanta, M. N., Wahyuningdias, K., & Rannu, A. R. A. D. (2020). Efektivitas Pelatihan Regulasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(1), 46. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.2541
Putri, L. A. (2020). Dampak Korea Wave Terhadap Prilaku Remaja. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 42–48. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alittizaan
Rahma, F. A., & Reza, M. (2013). Hubungan antara pembentukan identitas diri dengan perilaku konsumtif pembelian merchandise pada remaja. Character, 1(3), 1–6.
Santrock, J. W. (2017). Life-Span Development 17th Edition. McGraw-Hill Education.
Shabrina, S. D., & Utami, L. S. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser terhadap Impulsive Buying Behavior Konsumen (Studi Pada Kolaborasi BTS Meal di Indonesia). Prologia, 6(2), 270–279. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15453
Siregar, N. F., & Rini, Q. K. (2019). Regulasi Diri Dan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja Perempuan Yang Berbelanja Online. Jurnal Psikologi, 12(2), 213–224. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2445
Tanpli, Y. E., & Rinaldi. (2020). Pengaruh Pada Iklan Celebrity Endorser BTS Terhadap Impulsive Buying Behavior Pada Remaja di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3457–3463.
Tarynda, S. (2022). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Impulsive Buying Terhadap Produk Merchandise Kpop (Korean Pop) Bts (Bangtan Sonyeondan) Pada Remaja “Army” Di Yogyakarta. 1–18.
Thusyanthy, V. (2018). Celebrity Endorsement And Brand Credibility In The Carbonated Soft Drink Industry In Sri Lanka. Journal of Business and Management, 13(7), 93–106. https://doi.org/DOI:10.5539/ijbm.v13n7p93
Tjondrokoesoemo, M. (2017). Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3), 287–295. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14429
Tobing, D. (2015). Analisis Hubungan Antara Pendapatan Dengan Perilaku Konsumsi Mahasiswa. Universitas Brawijaya.
TradingEconomics. (2024). Indonesia Minimum Monthly Wages. In Trading Economics. https://tradingeconomics.com/indonesia/minimum-wages
Trinanda, M. D. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Brand Awareness dan Minat Beli pada Aplikasi Shopee di Kota Tasikmalaya. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(4), 888–893.
Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: Feeling and no thinking. European Journal of Personality, 15(1 SUPPL.), 71–83. https://doi.org/10.1002/per.423
Yuwono, S. (2024). Pengaruh E-Wom, Celebrity Endorser Dan Website Quality Terhadap Impulsive Buying Behavior Konsumen Di Platform E-Commerce Shopee Surabaya. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 22(1), 13–26. https://doi.org/10.31253/pe.v22i1.2329
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v13i3.15215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Evelyne Debora Lesmana & Jimmy Ellya Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_________________________________________
PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id