Social Support and Academic Stress for Overseas Students : Case Study of Students from Outside Java Island

Michael Agung Nugroho, Christiana Hari Soetjiningsih

Abstract


As overseas students, of course, they have different demands, in addition to carrying out their duties and responsibilities as overseas students, of course, they must be able to adapt to new circumstances and surroundings. Internal and external factors can affect the smoothness and capability of overseas students in getting education at the university level. The responsibilities and demands faced by overseas students are seen to affect education and cause academic stress. The research method used in this study is a quantitative approach, the data analysis technique used in this study is descriptive analysis using descriptive statistics and the participants who acted as subjects in this study amounted to 100 students of Satya Wacana Christian University So, researchers conducted this study with the aim of knowing the correlation between social support and academic stress levels in students who came from outside Java. The results obtained from this study were that there was no correlation between social support and academic stress. The implications of this study highlight the importance of looking at other factors that can affect the academic stress of overseas students and identifying effective strategies to cope with such stress.

Sebagai mahasiswa rantau tentu saja memiliki tuntutan yang berbeda, selain melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai mahasiswa rantau tentunya harus dapat beradaptasi dengan keadaan dan lingkungan sekitarnya yang baru. Faktor internal dan eksternal dapat mempengaruhi kelancaran dan kapabilitas mahasiswa rantau dalam mengenyam pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Tanggung jawab dan tuntutan yang dihadapi mahasiswa rantau dipandang dapat mempengaruhi pendidikan dan menyebabkan stres akademik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang menggunakan statistik deskriptif dan partisipan yang berperan sebagai subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Maka, peneliti melakukan studi ini dengan tujuan untuk  mengetahui korelasi antara dukungan sosial dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa yang berasal dari luar pulau Jawa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak ada korelasi antara dukungan sosial dengan stres akademik. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya melihat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi stres akademik mahasiswa rantau dan mengidentifikasi strategi yang efektif untuk mengatasi stres tersebut.


Keywords


Social Support; Academic Stress; Overseas Students; Adaptation; Internal And External Factors

Full Text:

FULL TEXT

References


Adiesia, Kennia Pradna et al. 2016. “Filosofi Dan Manfaat Batimung dan Aromaterapi Untuk Mengurangi Stres.” Psikostudia : Jurnal Psikologi Universitas Mulawarman 5(1): 1–8. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/PSIKO/article/view/2275.

Adriansyah, Muhammad Ali, Dian Rahayu, dan Netty Dyan Prastika. 2015. “Pengaruh Terapi Berpikir Positif, Cognitive Behavior Therapy (CBT), Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD) terhadap Penurunan Kecemasan Karir pada Mahasiswa Universitas Mulawarman.” Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam 12(4): 105–25.

Alnadi, Asmalia, dan Citra Ayu Kumala Sari. 2021. “Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Sumatera Di Uin Sayyid Ali Rahmatullah.” Proyeksi 16(2): 153–65.

Akasyah, W., Margono, H. M., & Effendi, F. (2020). Peran dukungan sosial teman sebaya terhadap ketahanan psikologi remaja yang mengalami konflik. Nursing Sciences Journal, 4(2).

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astusi, R. T. (2017). Gambar tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 5(1).

Anadita, D., (2021). Hubungan antara dukungan sosial dengan stress akademik pada siswa yang mengikuti pembelajaran dari. Borobudur Psychology Review, 1(1).

Anoty, M. M., Cox, B. J., Enns, M. W., Bieling, P. J., & Swinson, R. P. (1998). Psychometric properties of the 42-item and 21-item version of the depression anxiety stress scales in clinical group and a community sample. Psychological Assessment, 10(2), 176-181.

Alessandro Widianto Putro, dan Ermida Simanjuntak. 2022. “Stres Akademik Dan Dukungan Teman Pada Mahasiswa Tahun Pertama Selama Pembelajaran Daring.” Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia 10(1): 81–94.

Arieska, P. K., & Herdian, N.(2018). Pemilihan teknik sampling berdasarkan perhitungan efisiensi relative. Statistika, 6(2).

Aulya, Audry, Hairani Lubis, dan Miranti Rasyid. 2022. “Pengaruh Kerinduan akan Rumah dan Kelekatan Teman Sebaya terhadap Stres Akademik.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 10(2): 307–19.

Astuti, Z., & Soeharto, T. N. E. D. (2021). Konflik pekerjaan keluarga dan dukungan sosial keluarga dengan fear of success. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 52.

Awek, Letrice Paula, dan Afif Kurniawan. 2022. “Efektifitas Terapi Kognitif Behavior untuk Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa Penerima Beasiswa Tingkat Akhir Dalam Mengerjakan Skripsi.” Psikostudia : Jurnal Psikologi Universitas Mulawarman 11(4): 603–11.

Azmy, A. N., Nurihsan, A. J., & Yudha, E. S. (2017). Deskripsi gejala stress akademik dan kecenderungan pilihan strategi koping siswa berbakat. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2).

Baqutayan, S. (2011). Stress and social support. Indian Journal of Psychological Medicine, 33(1), 29-34.

Bedewy, D., & Gabriel, Adel. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: the perception of academic stress scale. Health Psychology Open, 2(2), 1-9.

Da’awi, M. M., & Nisa, W. I. (2021). Pengaruh dukungan sosial terhadap tingkat stres dalam penyusunan tugas akhir skripsi. Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 67-75.

Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 3041.

Dini, P. R., & Iswanto, A. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres dalam menyusun tugas akhir pada mahasiswa stikes ngudi waluyo ungaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan dan Kesehatan, 10(2), 88-97.

Dony, D. S., Daharnis, & Syahniar. (2017). Hubungan self efficacy, motivasi berprestasi, prokrastinasi akademik dan stress akademik mahasiswa. Jurnal Bikotetik, 1(2), 37-72.

Faizah, Sitti Nur. 2021. “Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Perantau Di Yogyakarta.” Program Studi Psikologi Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Humaniora di Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.

Fatimah. (2021). Tingkat Stres Akademik Mahasiswa universitas Muhammadiyah Malang Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Fatmawati. 2018. “Hubungan Antara Kejenuhan Belajar Dengan Stres Akademik.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 6(4): 462–67.

Fitriani, Wahidah et al. 2022. “Kuliah Daring: Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa dan Faktor yang Mempengaruhinya.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11(1): 147–76.

Glozah, N. (2013). Effects of academic stress and perceived social support on the psychological wellbeing of adolescents in ghana. Journal of Medical Psychology, 143-150.

Govaerts, S., & Gregoire, J. (2004). Stressful academic situatuins: Study on appraisal variables in adolescence. Revue Europeenne de Psychologie Appliquee, 54(4), 261-271.

Graydison, B. A., & Budiani, M. S. (2013) Dampak perilaku korupsi ditinjau dari stres pada keluarga di kabupaten Lombok timur selong – nusa tenggara barat (ntb). Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 1(2).

Hapsari, R. D., Putri, A. M., & Fitriani, D. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat stress orang tua dengan anak penderita autism. Jurnal Psikologi Universitas Muhamadiyah Lampung, 1(2).

Hasan, A. B. P. (2012). Disiplin beribadah: alat penenang ketika dukungan sosial tidak membantu stres akademik. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(3).

Hernawati, N. (2006). Tingkat stres dan strategi koping menghadapi stres pada mahasiswa tingkat persiapan bersama tahun akademik 2005/2006. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 11(2), 43-49.

Hidayat, Erfin, dan Ira Darmawanti. 2022. “Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19.” Character:Jurnal Penelitian Psikologi 8(9): 166–78. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/48038.

Irwansyah, M., Andayani, S. A., & Khotimah, H. (2021). Hubungan dukungan sosial dan mekanisme koping dengan tingkat stress santri pondok pesantren nurul jaded paiton probolinggo. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 17(2), 189-197.

Jemmott. (1988). Academic stress, social support, and secretory immunoglobulin a. Journal of Personality and Social Psychology. 55(5), 803-810.

Jovanovic, J., Lazaridis, K., & Stefanovic, V. (2006). Theoretical approaches to problem of occupational stress. Acta Facultatis Medicae Naissensis, 23(3), 163-169.

Kadapaatti, M., & Vijayalaxmi, A. (2012). Stressor of academic stress- a study on pre-university students. Indian J.Sci.Res., 1(3), 171-175.

Khan, A., Hamdan, R., Ahmad, R., Mustaffa, S., & Mahalle, S. (2016). Problem solving coping and social support as mediators og academic stress and suicidal ideation among Malaysian and india adolescents. Community Ment Health J. 52, 245–250.

Khoiri Okttavia, Wildani, Rahman Fitroh, Hastin Wulandari, dan Fitri Feliana. 2019. “Faktor-faktor yangmempengaruhi stres akademik.” Prosiding Seminar NasionalMagister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan: 142–49.

Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Junal Psikologi Pitutur, 1(1), 21-31.

Lazarus, R., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. New York: Springer Pub. Co.

Lubis, Hairani, Ayunda Ramadhani, dan Miranti Rasyid. 2021. “Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19.” Psikostudia : Jurnal Psikologi 10(1): 31.

Merry, dan Henny Christine Mamahit. 2020. “Stres Akademik Mahasiswa Aktif Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Swasta di DKI Jakarta.” Jurnal Konseling Indonesia 6(1): 6–13.

Muttaqin, Virlie Andalia, dan Isnaya Arina Hidayati. 2022. “Pengalaman Kesepian Pada Mahasiswa Rantau Selama Pandemi Covid-19.” Psikostudia : Jurnal Psikologi Universitas Mulawarman 11(4): 587–602. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4.

Octav, Mellisa, Mulyati Juliatin, dan Samantha June. 2016. “Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa/i dengan Meditasi dan Yoga.” (December).

Olla, Y., & Abdullah, S. M. (2021). Peran orientasi karier dan dukungan sosial keluarga terhadap career decision making siswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(2), 143-152.

Pardede, J. A., Sinaga, T. R., & Sinuhaji, N. (2021). Dukungan kelurga dengan tingkat stres narapidana di lembaga pemasyarakatan. Jurnal Kesehatan, 4(1).

Pertiwi, Gayatri Adhicipta. 2020. “Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 8(4): 738.

Prasetyo, K. B., & Rahmasari, D. (2016) Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 1-9.

Purba, J., Yulianto, & Widyanti, E. (2007). Pengaruh dukungan sosial terhadap burnout pada guru. Jurnal Psikologi, 5(1).

Purwanto, A. B. & Sahrah A. (2020) Resiliensi dan beban kerja terhadap stress kerja pada polisi lalu lintas. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(3), 260-266.

Puspitasari, W. (2013). Hubungan antara Manajemen Waktu dan Dukungan Sosial dengan Prestasi Akademik. Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Putro, T. A. D., Prameswari N. A., & Qomariyah, O. (2020). Stres kerja, keterlibatan kerja dan intensi turnover pada generasi milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(2), 154-163

Putri, Elda Trialisa, Mentari Nadia Widyanta, Khofifah Wahyuningdias, dan Azisyah Rizky Azrul Daeng Rannu. 2020. “Efektivitas Pelatihan Regulasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa.” Psikostudia : Jurnal Psikologi 9(1): 46–54.

Rahmadani, C. S. M. (2014). Hubungan Antara Sense Of Humor Dengan Stress Akademik Pada Siswa Kelas Akselerasi SMA Negeri 1 Bireun. Digital Repository Universitas Medan Area.

Rufaida, Hizma, dan Erin Ratna Kustanti. 2017. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau Dari Sumatera Di Universitas Diponegoro.” Jurnal Empati, Agustus 7(3): 217–22.

Rumbrar, David Martin, dan Christiana Hari Soetjiningsih. 2022. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Papua Program PKP3N Di Universitas Kristen Satya Wacana.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 12(3): 446–51.

Said, Astri Ardiyanti, Agustin Rahmawati, dan Dellawaty Supraba. 2021. “Hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada Mahasiswa rantau yang sedang mengerjakan skripsi.” Jurnal Psikologi Tabularasa 16(1): 32–44.

Salmon, Arcella Gracelia, dan Dyan Evita Santi. 2021. “Dukungan Sosial dengan Stres Akademik Mahasiswa Perantau dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi.” Buku Abstrak Seminar Nasional 1(1): 128–35.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology biopsychosocial interactions. New Jersey: John Wiley.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2017). Health psychology: Biopsychosocial interaction 9th edition. Haboken, Nj: John Wiley & Sons Inc.

Sari, Y. K., & Wardani, I. Y. (2017). Dukungan sosial dan tingkat stress orang dengan hiv/aids. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(2), 85-93.

Tangade, et al. (2011). Assessment of Stress Level among Dental School Students: An Indian Outlook. Dental Research Journal, 8(2), 95–101.

Widanarti, N., & Indati, A. (2002). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy pada remaja di smu negeri 9 yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2, 112-123.

Wilks, S. E. (2008). Resilience amid academic stress: the moderating impact of social support among social work students. Advances in Social Work, 9(2), 106-125.

Wistarini, Ni Nyoman Imas Pradyanita, dan Adijanti Marheni. 2019. “Peran Dukungan Sosial Keluarga dan Efikasi Diri terhadap Stres Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Angkatan 2018.” Jurnal Psikologi Udayana Edisi Khusus Psikologi Pendidikan: 164–73.

Zahrah, Ninda Alza Nur, dan Rita Setyani Hadi Sukirno. 2022. “Psychological Well-Being pada Mahasiswa Santri Ditinjau dari Dukungan Sosial & Stress Akademik.” Jurnal Psikologi Integratif 10(2): 189–205.

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., Gordon, K., & Farley, G. K. (1988) The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52(1),37-41. Advances In Social Work, Louisiana State University. 9(2), 106-125.

Cohen, S., & Wills, T. A. (1985). Stress, social support, and the buffering hypothesis. Psychological Bulletin, 98(2), 310-357.

Lakey, B., & Cohen, S. (2000). Social support theory and measurement. In S. Cohen, L. G. Underwood, & B. H. Gottlieb (Eds.), Social support measurement and intervention: A guide for health and social scientists (pp. 29-52). Oxford University Press.

Thoits, P. A. (2011). Mechanisms linking social ties and support to physical and mental health. Journal of Health and Social Behavior, 52(2), 145-161




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v12i3.11121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id