Democratic Parenting in Terms of The Self-Concept of Tionghua Students

Jennifer Creszentia Salim, Merry Hartati, Yuliana Yuliana, Ruben Luis Tandera, Sri Hartini, Eltalina Tarigan

Abstract


Today, many children are not only required to learn formal education but also have to learn non-formal education. One of them is to have a good character. Parenting plays an important role in the formation of children's character. From an early age, children will be introduced to how to behave well, good communication, and so on. The character of the child will have a great influence in the future for the survival of the child. Democratic parenting is a series of parental actions in interacting with adolescents that apply a parenting style that encourages adolescents to be independent but still provides boundaries and control over adolescent actions, provides opportunities for dialogue, is warm and nurturing and shows pleasure and support in response to adolescent constructive behavior. The purpose of this study is to test and prove the relationship between democratic parenting in terms of self-concept. The research sample consisted of 115 students of Sultan Iskandar grade 1 high school. Young through Purposive Sampling Technique. The research data were collected using a democratic parenting scale consisting of 19 items and a self-concept scale consisting of 21 items." The data were analyzed using the Pearson Product Moment correlation method. Research results. Shows that democratic parenting has a positive and significant effect in terms of self-concept with a correlation coefficient of attain. 0.320 and a significance value of 0.001 (p < 0.05) which means that the higher the democratic parenting style, the higher the self-concept and vice versa.

Pada zaman sekarang, banyak anak-anak bukan hanya dituntut untuk belajar pendidikan formal saja tetapi juga harus belajar pendidikan non formal. Salah satunya adalah memiliki karakter yang baik. Pola Asuh orang tua sangat berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Sejak dini, anak-anak akan diperkenalkan bagaimana cara berperilaku yang baik, komunikasi yang baik, dan sebagainya. Karakter anak akan memiliki pengaruh yang besar di masa depan untuk kelangsungan hidup sang anak. Pola asuh demokratis adalah serangkaian tindakan orang tua dalam berinteraksi dengan remaja yang menerapkan gaya pengasuhan orang tua yang mendorong remaja untuk mandiri namun tetap memberikan batasan dan kendali atas tindakan-tindakan remaja, memberikan kesempatan untuk berdialog, bersifat hangat dan mengasuh serta memperlihatkan rasa senang dan dukungan sebagai respons terhadap tingkah laku konstruktif remaja. Tujuan daripada dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan hubungan antara pola asuh demokratis ditinjau dari konsep diri. Sampel penelitian terdiri dari 115 siswa-siswi SMA kelas 1 Sultan Iskandar. Muda melalui Teknik” Purposive Sampling. Data penelitian dikumpul menggunakan skala pola asuh demokratis yang terdiri dari 19 item dan skala konsep diri terdiri dari 21 item.” Data dianalisis dengan menggunakan metode korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian. Menunjukkan bahwa pola asuh demokratis berpengaruh positif dan signifikan ditinjau dari’ konsep diri dengan koefisien korelasi sebesar. 0.320 dan nilai signifikansi sebesar 0.001 (p < 0.05) yang berarti semakin tinggi pola asuh demokratis maka akan semakin, tinggi konsep diri dan berlaku pula sebaliknya.


Keywords


democratic parenting, self-concept, high school students

Full Text:

FULL TEXT

References


Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020a). POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN KARAKTER ANAK USIA DINI. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572

Adpriyadi, & Sudarto. (2020b). VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1).

Arisnaini. (2019). Peran Pola Asuh Demokratis dalam Membentuk Disiplin Diri Anak. Serambi Tarbawi, 7(1).

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baiti, N. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN, PEKERJAAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1). https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590

Budianto, B. S., Mujidin, & Tentama, F. (2019). Hubungan antara pola asuh demokratis dan religiusitas terhadap empati siswa SMP Muhammadiyah Imogiri. Psikologi.

Candrawati, D. (2019). Persepsi Terhadap Pola Asuh Demokratis Dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 8(2). https://doi.org/10.30872/psikostudia.v8i2.3048

Chaplin, J. P. (2017). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Damayanti, F. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak di kelompok b1 tk kemala bhayangkari 01 pim staf besusu tengah. Pg-Paud, 6(3).

Dariyo, A. (2017). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN KEPUASAN HIDUP PADA REMAJA AKHIR. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1). https://doi.org/10.51353/inquiry.v8i1.119

Ella, K. &, & Rosra, Muswardi & Utaminingsih, D. (2017). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan percaya diri siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(5).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hayati, R., & Murniyetti, M. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa Kelas XI IPS 4 di SMA N 1 Luhak Nan Duo. An-Nuha, 1(3). https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.72

Irawan, R. R., & Asrina, A. (2020). Pembentukan Konsep Diri Remaja (Studi Pada Remaja Korban Perceraian Orang Tua) Di Kota Makassar Tahun 2020. Window of Public Health Journal, 48–58.

Juita, N. (2022). PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA USIA 12-18 TAHUN DI PANTI ASUHAN AL-WASHLIYAH GEDUNG JOHOR MEDAN. Jurnal Education For All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 9(1). https://doi.org/10.24114/jefa.v9i1.32491

Kusumaningtyas, N. (2018). Hubungan pola asuh orang tua dengan konsep diri anak kelompok b di tk 1 pertiwi semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).

Lutfiyah T, Tamsik U, H. M. (2019). Pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Indonesian Journal of Elementary Education, 1(1).

Majdi, M., Rahimah, H., & Muzdhalifah, M. (2021). Pola Asuh Orang Tua “Zaman Now” Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1). https://doi.org/10.35931/am.v6i1.533

Mulyadi, Y. B. (2018). Eksistensi Anak Usia Dini Berkarakter Mandiri Berbasis Pola Asuh Demokratis Orang Tua. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Norfitri, R. (2021). POLA ASUH ORANG TUA DAN PERKEMBANGAN ANAK PRA SEKOLAH. Jurnal Ilmu Kesehatan Insan Sehat, 9(1). https://doi.org/10.54004/jikis.v9i1.20

Nurfitri, T. (2021). Pola Asuh Demokratis Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak. Journal Tunas Siliwangi, 7(1).

Pramawaty, N., & Hartati, E. (2012). Hubungan pola asuh orang tua dengan konsep diri anak usia sekolah (10-12 tahun). Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1), 87–92.

Pratiwi, M. A., & Suyatno. (2020). Pola Asuh Demokratis dalam Novel Karya Anak : Kajian Psikologi Perkembangan Hurlock. BAPALA, 7(3).

Restiani, S., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Kemandirian Anak Di Kelompok A PAUD IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara. Potensia, 2(1).

Riski Juniarti1, N. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273

Sari, D. P., Istiana, I., & Wahyuni, N. S. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 2(2). https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.111

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Septiani, W. (2017). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Konsep Diri terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3).

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d. Alfabet.

Suryandari, S. (2020). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KENAKALAN REMAJA. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1). https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.313

Suteja, J. (2017). DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Tri Susanti Program. (2018). HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. Program Studi PG-PAUD Universitas Negeri Jambi, 599.

Widara, W., Ismail, M., & Rispawati, R. (2019). POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA BERSTATUS MENAK DALAM KEBERHASILAN PENDIDIKAN ANAK (Studi Deskriptif Di Dusun Sintung Timur Desa Sintung). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.98

Widayani, S., & Astuti, K. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Pola Asuh Demokratis Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Remaja Di Era Revolusi Industri 4.0. Psycho Idea, 18(1). https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i1.6234

Wulandari, A. R., & Susilawati, L. K. P. A. (2016). Peran Penerimaan Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Konsep Diri Remaja yang tinggal di Panti Asuhan Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 3(3).

Yana, E. C. D., Aspin, A., & Marhan, C. (2020). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA DI SMAN 11 KENDARI. Jurnal Sublimapsi, 1(2). https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i2.12005

Yusnita, Novia Rizana, & Liza Wahyuni. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Jajan Anak Usia Sekolah (9-12 tahun) di Gampong Kapa Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Jurnal Assyifa’ Ilmu Keperawatan Islami, 6(1). https://doi.org/10.54460/jifa.v6i1.3




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v12i2.10187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id