Gambaran Pasien Dengan Smoker’s Melanosis Beserta Perawatannya

Adelia Caesarini Putri Zarra, Nuryanni Dihin Utami

Abstract


Latar Belakang: Rokok mengandung berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh. Merokok dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satu efek buruk rokok adalah smoker’s melanosis yang merupakan kelainan pigmentasi di rongga mulut, ciri-cirinya yaitu mukosa berwarna kecoklatan disebabkan karena meningkatnya produksi melanin oleh melanosit. Indeks pigmentasi gingiva dilakukan untuk mengetahui keparahan dari pigmentasi yang terjadi pada gingiva. Tujuan: Laporan kasus ini bertujuan menjelaskan kondisi pasien dengan smoker’s melanosis serta perawatannya. Laporan Kasus: Kasus pertama pasien laki-laki berusia 27 tahun dengan keluhan berupa gigi terasa kotor, nafas berbau tidak sedap, sejak 1 tahun yang lalu, pasien juga merasa ngilu pada gigi depan rahang bawah dan sering terselip makanan pada gigi belakang bawah kanan, memiliki kebiasaan buruk yaitu merokok dengan frekuensi 2 hari 1 kotak rokok. Pemeriksaan intra oral pasien menunjukan adanya oedema, berwarna merah tua kecokelatan pada gingiva di setiap regio rahang atas dan rahang bawah, oral hygiene buruk dan diagnosa pasien periodontitis kronis generalisata. Rencana perawatan DHE, scaling root planning, perawatan hipersensitivitas dentin, kuretase, depigmentasi gingiva, bedah flap dan kontrol plak. Kasus kedua pasien laki- laki usia 23 tahun dengan keluhan gigi terasa kotor pada bagian gigi atas dan bawah, memiliki kebiasaan buruk aktif merokok elektrik. Pemeriksaan intraoral menunjukkan oral hygine pasien buruk dan pasien didiagnosa periodontitis kronis generalisata. Rencana perawatan pada pasien dilakukan DHE, scaling dan root planning, kuretase, bedah flap, depigmentasi gingiva serta kontrol plak. Simpulan: Dampak merokok terhadap keparahan terjadinya smoker’s melanosis tergantung pada frekuensi, durasi serta jenis rokok yang digunakan.

 


Keywords


smoker’s-melanosis, gingival pigmentation index , gingival depigmentation

Full Text:

PDF

References


Pratiwi, W. O., Lestari, C., & Bakar, A. Prevalensi Dan Distribusi Smoker’s Melanosis Pada Buruh Bangunan Yang Perokok di PT. Trikencana Sakti Utama Ketaping. Jurnal B-Dent, Vol 4. 2017. No.1, Juni , 23 -31.

Muttaqin, R. Analisa Derajat Pigmentasi Gingiva pada Perokok dengan Menggunakan Metode Clinical Oral Photograph. 2018. Retrieved 08 10, 2021, from repositori USU: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/8068

Sekeon, M.S.,Wantania,F., Mintjelungan, C.N. Prevalensi Smoker’s Melanosis Pada Laki-Laki Perokok Di Tinjau Dari Lama Merokok Di Desa Kanonang 1 Kecamatan Kawangkoan Barat. Pharmacon jurnal Ilmiah Farmasi. 2016.

Fauzani, N. Terapi berhenti merokok: studi kasus 3 perokok berat. Makara Kesehatan. 2015. 9(1):15-22.

Nadeem, M., Yaldrum , A., Shafique, R., & Lopez, R. Intraoral distribution of oral melanosis and cigarrette smoking in a Pakistan population. International Journal of Dental Clinics. 2011. 3(1):c25-28.

Valerie , B., & Malone , R. Melanin and nico-tine: a review of the literature. Nicotine Tob Res. 2006. 8(4):487-98.

Sukma, Y. H. A. Perbedaan Perokok Elektrik Dan Non Elelktrik Terhadap Derajat Pigmentasi Gingiva ( Smoker’s Melanosis). Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2020.

Hedin, C. Smokers’ melanosis: Occurrence and localization in the attached

gingiva. Arch Dermatol. 1977. 113:1533-8.

Revien, I., Supit, A., & Anin, P. Kebiasaan Merokok dan Terjadinya Smoker’s

Melanosis. e-GiGi. 2020. 8(2):44-53.

Vieta, C., Setiadhi, R., & Zubaedah, C. Gambaran klinis smoker’s melanosis pada perokok kretek ditinjau dari lama merokok. J Ked Gi Unpad. 2017. 29(1);16-24.

Motamayel,F.A., Falsafi, P., Hayati,Z., Rezaei,F., Poorolajal, J. Prevalence of Oral Mucosal Lesions in Male Smokers and Nonsmokers. Chonnam Medical Journal.2013.

Rosa, H. S., Josephine, H., Wijayanti, I., & Anggara, R. Penatalaksanaan Depigmentasi Gingiva Fisiologis dengan Teknik Sederhana. JKGT Vol.2, Nomor 2. 2020. 1-7.

Monteiro, L., Costa, J., Câmara, M., Albuquerque, R., Martins, M., Pacheco, J., et al. Aesthetic Depigmentation of Gingival Smoker’s Melanosis. Hindawi Publishing Corporation. 2015. 1-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/mul.%20dent.%20j.v3i1.7466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mulawarman Dental Journal