Korelasi Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia dengan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Siswi Madrsah Aliyah Al Khoiriyah Kabupaten Malang

Hajar Sugihantoro, Ria Ramadhani Dwi Atmaja, Nadia Nur Faizah

Abstract


Prevalensi anemia pada remaja di Indonesia mencapai 32%. Upaya penanganan dan pencegahan penyakit anemia salah satunya pemerintah mengeluarkan program tablet penambah darah yang dikonsumsi setiap seminggu sekali. Pengetahuan tentang anemia dapat mempengaruhi kepatuhan konsumsi tablet penambah darah pada remaja putri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang anemia dengan kepatuhan konsumsi tablet darah pada remaja putri. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode total sampling. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah siswa MA AL Khoiriyah Kabupaten Malang yang berjumlah 73 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel pengetahuan tentang anemia adalah kuesioner, sedangkan untuk mengukur tingkat kepatuhan konsumsi tablet penambah darah menggunakan Morinsky Medication Adherence Scale 8 (MMAS-8). Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman. Tingkat pengetahuan tentang anemia pada remaja putri diperoleh sebesar 45,2% dengan kategori sedang dan kepatuhan konsumsi tablet penambah darah pada remaja putri sebesar 74% dengan kategori rendah. Terdapat hubungan antara pengetahuan tentang anemia dengan kepatuhan konsumsi tablet penambah darah dengan nilai p value 0,001 dan nilai koefisien korelasi 0,387 dengan arah positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan tentang anemia mempunyai hubungan dengan kepatuhan konsumsi tablet penambah darah pada remaja putri MA AL Khoiriyah Kabupaten Malang.


Keywords


Anemia, Knowledge Level, Adherence, Iron Supplement

Full Text:

PDF

References


Budiarni, W. dan Subagio, H. W. 2012. Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Motivasi dengan Kepatuhan Konsumsi Tablet Besi Folat pada Ibu Hamil. Journal of Nutrition College. Volume 1, Nomor 1 : 99-106.

Deviani, A. 2017. Gambar Pengetahuan dan Sikap Remaja Perempuan terhadap Konsumsi Tablet Zat Besi di SMAN 10 Kota Bogor. [Skripsi]. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

Hamranani, S. S., Permatasari, D., dan Subiakni, B. 2020. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Kepatuhan Minum Tablet Fe pada Remaja Putri Kelas X di SMKN 1 Klaten. Triage Jurnal Ilmu Keperawatan. Volume 8, Nomor 1 :1-10.

[Kemenkes RI] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur (WUS). Jakarta: Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat.

Notoatmodjo. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Nuradhiani dkk. 2018. Dukungan Guru Meningkatkan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri di Kota Bogor. Jurnal Gizi Dan Pangan. Volume 12, Nomor 3: 153–160.

[Riskesdas] Riset Kesehatan Dasar. 2018. Laporan Provinsi Jawa Timur RISKESDAS 2018. In Kementerian Kesehatan RI.

Setyowati, N. D., Riyanti, E., dan Indraswari, R. 2017. Faktor-Fartor yang Berhubungan dengan Perilaku Makan Remaja Putri dalam Pencegahan Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Simongan. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Volume 5, Nomor 5: 1042-1053

Gupta dkk. 2018. Approach to Diagnosis of Anemia. In Gupta P (Ed). Jaypee Brothers Medical Publishers.

[WHO] World Health Organization. 2022. Anemia in Women and Children.

Yusni Podungge, Sri Nurlaily Z, & Sri Yulianti Mile. 2022. Pemberdayaan Kader dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri tentang Anemia. Jurnal Surya Masyarakat, 4(2), 199–199. https://doi.org/10.26714/jsm.4.2.2022.199-207

Zulaekah, S. 2009. Peran Pendidikan Gizi Komprehensif untuk Mengatasi Masalah Anemia di Indonesia. Jurnal Kesehatan. Volume 2, Nomor 2: 169–178.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jkmm.v5i2.9442

Copyright (c) 2024 Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)
e-ISSN: 2686-3601 (ONLINE)
Ruang Jurnal Lantai 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mulawarman,
Jl. Sambaliung, Kampus Gn. Kelua Samarinda, Kalimantan Timur  (75123)
Website : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH 
Email  : journal.JKMM@gmail.com

Creative Commons License

JKMM by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the JKMM and license the republished material under the same license.