Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P (Product, Price, Promotion, Place, Process, People, Dan Physical Evidence) Dengan Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong Tahun 2021.

Arum Fatma Sari, Evy Zelfino, Intan Silviana Mustikawati, Erna Veronika

Abstract


Pendahuluan: Loyalitas pasien merupakan kesediaan pasien/pelanggan untuk secara terus menerus menggunakan jasa pada penyedia jasa. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas ialah bauran pemasaran (Marketing mix 7P). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran (marketing mix) 7P (product, price, promotion, place, process, people, dan physical evidence) dengan loyalitas pasien unit rawat jalan di RS St. Carolus Summarecon Serpong Tahun 2021. Metode: Desain penelitian cross sectional dengan besar sampel 371 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik systematic random sampling dan menggunakan uji Chi-square. Data sekunder didapatkan dari rekam medis rumah sakit. Hasil: Hasil univariat menunjukan proporsi tertinggi pasien loyal 261 (79,4%), proporsi tertinggi marketing mix 7P baik 221 (59,6%),  proporsi tertinggi product lengkap 255 (68,7%), proporsi tertinggi price terjangkau 236 (63,6%), proporsi tertinggi promotion mudah didapat 229 (61,7%), proporsi tertinggi place mudah dijangkau 266 (71,7%), proporsi tertinggi process sesuai standar 265 (71,4%), proporsi tertinggi people baik 265 (71,4%), dan proporsi tertinggi pysical evidance baik 305 dengan (82,2%). Hasil bivariat menunjukan terdapat hubungan antara marketing mix 7P dengan loyalitas pasien nilai PR = 2,48, terdapat hubungan antara product dengan loyalitas pasien nilai PR = 5,35, price dengan loyalitas pasien nilai PR= 2,94 , promotion dengan loyalitas pasien nilai PR = 2,32, place dengan loyalitas pasien nilai PR = 4,80, process dengan loyalitas pasien nilai PR = 3,61, people dengan loyalitas pasien nilai PR = 2,68 , Pysical Evidance dengan loyalitas pasien nilai PR = 4,97. Kesimpulan dan saran: Terdapat hubungan antara marketing mix 7P, product, price, promotion, place, process, people dan pysical evidance dengan loyalitas pasien di unit rawat jalan rumah sakit St. carolus summarecon serpong tahun 2021. Diharapkan kepada managemen rumah sakit untuk menambah produk unggulan, dan menambah lahan parkir demi menunjang kenyamanan pasein dalam mendapatkan pelayanan.


Keywords


Bauran Pemasaran (Marketing Mix); 7P (Product, Price, Promotion, Place, Process, People, dan Physical Evidence); Loyalitas Pasien

Full Text:

PDF

References


Bahari, C., & Siaga, A. R. (2018a). Pengaruh Stategi Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Petrokimia Gresik (Vol. 07).

Bahari, C., & Siaga, A. R. (2018b). Pengaruh Stategi Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Petrokimia Gresik (Vol. 07).

Dinkes Kabupaten Tangerang. (2018). Profil Kesehatan Kabupaten Tangerang tahun 2018.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa, Strategi Mengukur Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. Deepublisher.

Hidayati, A., Maddiansyah, A., Sunarsi, D., Sifatu, O. W., & Jasmani. (2021). Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik. Cipta Media Nusantara (CMN).

Irmawati. (2014). Manajemen Pemasaran di Rumah Sakit.

Kementrian Kesehatan RI. (2021). PROFIL KESEHATAN INDONESIA TAHUN 2020.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi ke-12). Erlangga.

Kusumo, mahendra, P. (2016). Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2). https://doi.org/10.18196/jmmr.5113

Kwary, M. L. (2019). Pengaruh Faktor Motivasi dan Reputasi Rumah SakitTerhadap Behavioral Intention Kunjungan Medis Ke Malaysia. 7(2).

Mu’ah, & Masram. (2014). Loyalitas Pelanggan, Tinjauan Aspek KUalitas Pelayanan dan Biaya Peralihan. Zifatama.

Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manjemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Radfan, N., Djumahir, & Hariyanti, T. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Paru Rumah Sakit Paru Batu. JUNI, 13(2), 220.

Pengaruh Bauran Pemasarn Marketing Mix (produk, Harga, promosi dan Lokasi) terhadap Loyalitas Pelanggan Di Rumah Sakit, (2020).

Rahman, Muh. A. (2020). Pemasaran Jasa Rumah Sakit (A. Syahriati, Ed.). Alauddin University Press.

Rengkuan, S. R., Kandou, G. D., & Tilaar, C. (2015). Hubungan Antara Persepsi Pasien Umum tentang Bauran Pemasaran Jasa dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan RS Advent.

Rinaldi, E. A. (2018). Analisis Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Kartini Tahun 2018.

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran (Sobirin, Ed.; Cet.1). Sah Media.

Setiawan, S. (2011). Loyalitas Pelanggan Jasa, Studi Kasus Bagaimana Rumah Sakit Mengelola Loyalitas Pelanggan (P. Komalasari, Ed.). IPB Press.

Supriyanto, & Ernawati. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. CV. Andi Offset.

Susanto, P. (2012). PENGARUH PROMOTION MIX TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI POLIKLINIK RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL.

Tarihoran, U., Girsang, E., R. Nasution, S. L., & Ginting, C. N. (2021). Marketing Mix 7P Application to Increase Patient Re-visits. 73–79. https://doi.org/10.5220/0010287400730079

Wahyudi. (2018). Kedududkan Badan Hukum Rumah Sakit Privat Dihubungkan Dengan Fungsi Sosio Ekonomi.

Wijayanti, S. D., Amir, M. Y., & Indar. (2013). Hubungan Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien di Unit Rawat Jalan RSUD Kota Makasar.

Wijayanti, T. (2014). Marketing Plan Dalam Bisnis. PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jkmm.v5i1.10454

Copyright (c) 2023 Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman (JKMM)
e-ISSN: 2686-3601 (ONLINE)
Ruang Jurnal Lantai 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mulawarman,
Jl. Sambaliung, Kampus Gn. Kelua Samarinda, Kalimantan Timur  (75123)
Website : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH 
Email  : journal.JKMM@gmail.com

Creative Commons License

JKMM by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/MJPH/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the JKMM and license the republished material under the same license.