IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MELALUI SISTEM ZONASI DI KOTA SAMARINDA

Jahirudin Jahirudin, Bambang Irawan, Santi Rande

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan sistem zonasi PPDB SMA Negeri di Kota Samarinda. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan data primer dan skunder kemudian analisis dengan model analisis model interaktif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa implementasi PPDB SMA Negeri di Kota Samarinda telah dilaksanakan dengan cukup baik hal ini tergambar dari aspek komunikasi telah dilaksanakan melalui sosialisasi secara luring maupun daring serta menggunakan media publikasi berupa baleho, media digital seperti website dan media sosial Instagram. Pada aspek sumberdaya manusia telah didukung oleh staf, sumberdaya peralatan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Pada aspek disposisi unsur panitia pelaksana, penanggung jawab pelaksana, serta peran dari pengawas dari Dinas Pendidikan, LSM, dan masyarakat berjalan dengan baik.  Kemudian pada aspek struktur organisasi juga terdapat struktur organisasi panitia pelaksana serta memiliki Juknis yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur.

 


Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2008a). Dasar-Dasar Kebijakan Publik, CV. Alfabe¬ Ta, Bandung.

Agustino, L. (2008b). Dasar-Dasar Kebijakan Publik, CV. Alfabe¬ Ta, Bandung.

Ahmad, I. F. (2021). Evaluasi Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2021 dengan Sistem Real Time di Kota Yogyakarta. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 129–135.

Andina, E. (2017a). Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Majalah Info Singkat Bidang Kesejahteraan Sosial Puslit Badan Keahlian DPR, IX(14), 9–12.

Andina, E. (2017b). Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Majalah Info Singkat Bidang Kesejahteraan Sosial Puslit Badan Keahlian DPR, IX(14), 9–12.

Kemendikbud, 2017. (2017). Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Atau Bentuk Lain Yang Sederajat. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 660.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Permendikbud, 1–25.

Kosboyo, N. (2021). IMPLEMENTASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SISTEM ZONASI DI SMA NEGERI 6 BENGKULU SELATAN. JURNAL MANAJER PENDIDIKAN, 15(1), 93–101.

Malau, B. S. L. (2019). KPAI Ungkap Ada 9 Masalah PPDB Sistem Zonasi 2019. WartaKotaLIVE.Com.

Saharuddin, E., & Khakim, M. S. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Tingkat Sma Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(3), 424–438.

Savitri, A., & Rahaju, T. (2020). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SEBAGAI UPAYA PEMERATAAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI PADA JENJANG SMA NEGERI DI KOTA SURABAYA).

Tangkilisan, H. N. S. (2003). Kebijakan Publik Yang Membumi. YPAPI & Lukman Offset.

Wijaya, C., Fuadi, A., & Hasibuan, S. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menegah Pertama Kabupaten Langkat. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 162. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.16463




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jp.v12i2.8445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Paradigma (JP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Paradigma (JP)
pISSN: 2252-4266 - eISSN: 2615-3394

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/
E  : jurnal.paradigma@unmul.ac.id 

Creative Commons License
Jurnal Paradigma (JP) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License