KEBIJAKAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI KAWASAN KARST SANGKULIRANG MANGKALIHAT OLEH PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DAN PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI TIMUR

ARMIN BENI PASAPAN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kebijakan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dan faktor penghambatnya. Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif . Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer yang berasal dari hasil wawancara kepada Informan-informan.

             Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Kebijakan Pengelolaan Lingkungan Hidup di kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur yang tidak berjalan dengan maksimal berdasarkan 4 jenis kebijakan publik (Kebijakan Formal, Konvensi, Pernyataan Pejabat Publik dan Perilaku Pejabat Publik) dan tidak ditemukan kebijakan yang lebih fokus pada semangat UU Nomor 32 tahun 2009 yang diukur dari 4 variabel implementasi kebijakan publik (Ketepatan Kebijakan, Ketepatan Pelaksanaan, Ketepatan Target dan Ketepatan Lingkungan). Kebijakan berjalan secara parsial dan saling tumpang tindih, kurangnya koordinasi dan adanya fanatisme sektoral, masyarakat tidak secara penuh dilibatkan, pemanfaatan ruang dan sumber daya alam masih berorientasi pada investasi ekstraktif.

 

Kata Kunci : Kebijakan, Pengelolaan Lingkungan Hidup, Karst Sangkulirang Mangkalihat


Full Text:

PDF

References


Adji, Tjahyo Nugroho dkk, 1999, “Kawasan Karst dan Prospek Pengembangannya di Indonesia” dalam Seminar PIT IGI : Universitas Indonesia.

Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur, 2017, “Menguak Misteri Manusia Prasejarah Sangkulirang Mangkalihat (Kajian Awal Terhadap Temuan Gerabah), Samarinda : BPCB Kalimantan Timur.

Endah Tri Sulistyorini, 2014, Tesis : “Pengelolaan Kawasan Karst di Desa Terkesi, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan”, Semarang : UNDIP.

Kelompok Studi Karst, 2004, “Bahan Ajar Geomorfologi dan Hidrologi Karst”, Yogyakarta : Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

Kutai Timur, Bappeda, 2014, “Studi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Kawasan Karst Kabupaten Kutai Timur”, dalam http://bappeda.kutaitimurkab.go.id/bappedakutim/imgs/download/1801441 04515-evaluasi-kinerja-pembangunan-ekonomi-kutim.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jp.v11i2.8036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Paradigma (JP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Paradigma (JP)
pISSN: 2252-4266 - eISSN: 2615-3394

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/
E  : jurnal.paradigma@unmul.ac.id 

Creative Commons License
Jurnal Paradigma (JP) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License