STRATEGI INOVASI PELAYANAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP MELALUI APLIKASI iBALIKPAPAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI KOTA BALIKPAPAN

Pratiwi Puspasari, Masjaya Masjaya, Bambang Irawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis strategi inovasi iBalikpapan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat Kota Balikpapan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.  Jenis data  yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dan analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Aplikasi iBalikpapan dalam upaya meningkatkan minat baca Masyarakat di Kota Balikpapan secara umum telah dilaksanakan dengan baik namun belum maksimal, hal ini dapat diketahui berdasarkan indicator strategi inovasi dalam memberikan layanan terintegrasi, bahwa Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan melalui aplikasi iBalikpapan telah mengusung pemberian layanan terintegrasi dengan menghadirkan fitur-fitur seperti profil, followers, following, koleksi buku digital, E-Pustaka, E-Reader, Go-Book, ruang belajar, fitur tombol suka dan komentar, kotak masuk, serta ulasan. Keterlibatan masyarakat memiliki peran mulai dari tahap pengembangan aplikasi hingga pengawasan pelaksanaan aplikasi serta evaluasi penggunaan aplikasi iBalikpapan dimana ketika ditemukan permasalahan atau kekurangan maka Masyarakat dapat melaporkan pada Dinas  Perpustakaan  dan  Arsip  Kota  Balikpapan  baik  melalui  situs  web resmi iBalikpapan, outline Whatsapp, maupun ulasan pada aplikasi Playstore sebagai tempat aplikasi iBalikpapan diunduh.Menjalin Kerjasama/Kolaborasi, pelaksanaan kolaborasi pada aplikasi iBalikpapan melibatkan kerjasama bersama pihak swasta yaitu PT Woolu Aksara Maya selaku pihak penanggung jawab penyedia jasa sistem dan operasi dalam bidang TI. Kemudian untuk Kolaborasi Internal Organisasi Perangkat Daerah pada Pemerintah Kota Balikpapan dan Kolaborasi Eksternal Pemerintah Kota Balikpapan seperti Tokoh, Komunitas, Perpustakaan Sekolah maupun Perpustakaan Perguruan Tinggi kolaborasi berupa pengelolaan dan penyediaan ruang e-Pustaka dalam aplikasi iBalikpapan.  Aplikasi iBalikpapan merupakan pergeseran pelayanan publik konvensional menuju digital. Hal ini membuat masyarakat dapat mengakses layanan membaca buku secara mudah tanpa harus datang langsung ke perpustakaan.

 


Keywords


Inovasi; Balikpapan; Pelayanan; Kerjasama

Full Text:

PDF

References


Agustine, A. D., & Dwinugraha, A. P. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA OSING DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI PADA MASA PANDEMI COVID-19. PUBLISIAl: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(2), 156–164. https://doi.org/10.26905

Alfiyaturrahmah. (2023). UPAYA PENGEMBANGAN SMART CITY KOTA MALANG MELALUI LITERASI DIGITAL (STUDI KASUS DI DPRD MALANG : RANPERDA PENYELENGGARA PERPUSTAKAAN). Jurnal Darma Agung, 31(1), 111–122.

Fatmawati, E. (2017). PEMANFAATAN APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL iJATENG MELALUI SMARTPHONE. Profetik Jurnal Komunikasi, 10(2), 46–56.

Indriyani, M., & Labibah. (2023). Inovasi Layanan Drive Thru “Peminjaman dan Pengembalian Buku” di Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(2), 129–137. https://doi.org/10.30742/tb.v7i2.2944

Komariah, N., Saepudin, E., & Nurislaminingsih, R. (2021). KOLABORASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PERPUSTAKAAN DI TELKOM UNIVERSITY OPEN LIBRARY. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 13(2), 178–198.

Koswara. (1998). Dinamika Informasi Dalam Era Global. Remaja Rosdakarya.

MacKellar, P. H. (2008). The Accidental Librarian. Information Today.

Made Jaya, I., Fitri Meutia, I., & Yulianti, D. (2021). INOVASI PELAYANAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA METRO MELALUI PROGRAM EBOOK DALAM UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA REMAJA. AdministrativA: Jurnal Birokrasi, Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 3(1).

Maulidiah, S. (2014). Pelayanan Publik: Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan. CV. Indra Prahasta.

Novitasari, L. (2020). E-BOOK SEBAGAI LITERASI DIGITAL (Studi Media Aplikasi iMartapura Terhadap Minat Baca Masyarakat Kabupaten Banjar).

Rahman, Z. A. (2020). INOVASI LAYANAN DI PERPUSTAKAAN UMUM KOTA PEKANBARU. JOM FISIP: Jurnal Online Mahasiswa, 7(1), 1–15.

Retno, S. S., Rohmiyati, Y., & Husna, J. (2015). Pemberdayaan Masyarakat melalui Perpustakaan: Studi Kasus di Rumah Pintar “Sasana Ngudi Kawruh” Kelurahan Bandarharjo-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 1–10.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations Fifth Editions. The Free Press.

Samsara, L. (2020). Strategi Inovasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Banggai Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Masyarakat. Jejaring Administrasi Publik, 12(1), 1–23.

Sangkal. (2013). Innovative Government. Capiya Publishing.

Setiawan, A. N., & Dwivayani, K. D. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL iSAMARINDA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI KOTA SAMARINDA. EJournal Ilmu Komunikasi, 11(1), 139–151.

Suhendar, Y. (2005). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Prenada Media Group.

Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yuningsih, Y., & Rejeki, P. W. A. (2022). Efektivitas Implementasi Pelayanan Publik Digital: Studi Kasus Pelayanan Perpustakaan Digital Puslatbang PKASN LAN. Jurnal Wacana Kinerja, 25(1), 43–67. https://doi.org/10.31845/jwk.v25i1.727

Zulfikar, A. M., Mappamiring, & Nasrulhaq. (2021). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI SISTEM INFORMASI ASPIRASI PUBLIK DAN PENGADUAN DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SIDRAP. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(4), 1176–1193. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jp.v14i1.14653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Paradigma (JP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Paradigma (JP)
pISSN: 2252-4266 - eISSN: 2615-3394

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/
E  : jurnal.paradigma@unmul.ac.id 

Creative Commons License
Jurnal Paradigma (JP) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Web Analytics View My Stats