Penerapan Sistem Informasi Manajemen Gaji (Simgaji) Di Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Pemerintah Kota Bontang

Sriwahyu Dyah Indarsari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan dan menganalisis penerapan Sistem Informasi Manajemen Gaji (SIMGAJI) di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kota Bontang dan untuk mengidentifikasi apa saja yang menjadi faktor penghambat penerapan Sistem Informasi Manajemen Gaji (SIMGAJI) di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan skunder, serta analisis yang dipergunakan adalah analisis model interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Sistem Informasi Manajemen Gaji (SIMGAJI) pada tahap awal dari SIMGAJI (input) dalam penyediaan kebutuhan dasar secara keseluruhan sudah cukup baik karena sumberdaya yang dimiliki sebagian besar telah memadai baik manusia,  keuangan, sarana, mesin dan metode. Kemudian untuk tahap proses yang terdiri dari tahap perencanaan yang dilakukan adalah penetapan operator, mempersiapkan SOP, mengintegrasikan data dapat dilaksanakan dengan baik. Namun pada tahap pengorganisasian masih terdapat kendala dalam pemberkasan atau masih juga ada admin yang tidak maksimal dalam melakukan tupoksinya. Pada fungsi pelaksanaan sudah dilakukan dengan baik dan berjalan sebagaimana mestinya kemudian pada tahap pengawasan juga tidak ditemukan kendala dan berjalan dengan baik dan pada tahap luaran (output) dari SIMGAJI yaitu rekap dan daftar gaji, Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran (SKPP), SPT Pajak Tahunan, hal ini telah mencapai tujuan utama dari penerapan SIMGAJI oleh Pemerintah Kota Bontang yaitu  dapat  mempermudah tatakelola gaji bagi pegawai ASN  dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Sementara itu untuk faktor penghambatnya adalah fitur-fitur yang tersedia belum bisa mengakomodir sistem input yang otomatis sehingga proses pemberkasan lebih cepat dan efisien serta dan fitur SIMGAJI dan belum ada notif yang dapat memberikan informasi kepada admin jika ada pegawai yang telah melaksanakan cuti besar, hukuman disiplin dan tugas belajar.


Full Text:

PDF

References


Efendi, T. F. (2020). ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF THE SIMPLE SALARY SIM APPLICATION IN GROGOL DISTRICT, SUKOHARJO DISTRICT. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4).

Hamizan, A., Mayasari, M., Saputri, R., & Pohan, R. N. (2020). Sistem Informasi Penggajian di PT. Perkebunan Nusantara IV. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 29–38.

Mulyani, S., Sidik, A., & Sari, A. (2020). Sistem Informasi Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada PT Panca Cipta Abadi. Jurnal Sisfotek Global, 10(2), 96–101.

Nur Wahidah, A. (2021). Prosedur Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 atas Gaji Pegawai Melalui Aplikasi Sistem Informasi Gaji PNS (SIM GAJI) Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Jambi. Universitas Jambi.

Podungge, E. S., & Widanta, D. M. M. (2020). Implementasi Sistem Informasi Gaji Pegawai Kantor Kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 4(1), 63–74.

Suripatty, H. J. (2020). Sistem informasi penggajian pada kantor dinas pendidikan dan pengajaran kabupaten nabire. Jurnal FATEKSA: Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 5(1), 14–21.

Taman, A. (2019). Sistem Informasi Manajemen Penggajian dan Penilaian Kinerja Pegawai pada SMK Taman Siswa Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(4).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jp.v12i1.11631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Paradigma (JP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Paradigma (JP)
pISSN: 2252-4266 - eISSN: 2615-3394

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/
E  : jurnal.paradigma@unmul.ac.id 

Creative Commons License
Jurnal Paradigma (JP) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License