DALAM FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT PADA BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK UNTUK MENCEGAH KONFLIK SOSIAL DI KOTA BONTANG

Nirwana Janur, Adri Patton, Daryono Daryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk partisipasi masyarakat dalam Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik untuk melakukan pencegahan konflik sosial secara dini di Kota Bontang serta mengidentifikasi dan menganalisis faktor – faktor penghambatnya.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berlokasi di Kota Bontang. Fokus Penelitian mengacu pada bentuk partisipasi masyarakat dan faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat. Data yang didapatkan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat partisipasi masyarakat dalam Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik untuk pencegahan konflik sosial secara dini yang dilaksanakan melalui tahapan: (1) tahap perencanaan, dimana pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat dilakukan oleh masyarakat dan ditetapkan, dibina dan difasilitasi oleh Pemerintah Kota Bontang, (2) tahap pelaksanaan, terdapat bentuk pelaksanaan kegiatan, antara lain : (a) kegiatan rapat koordinasi, pertemuan, dialog dan silaturahmi, (b) kegiatan sosialisasi kewaspadaan dini, (c) kegiatan pelatihan pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat terkait deteksi dini dan cegah dini, (d) kegiatan studi banding pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ke daerah lain, dan (e) kegiatan pemantauan dan patroli, (3) tahap manfaat, dalam hal ini menjalankan kewaspadaan dini masyarakat sebagai upaya deteksi dini dan cegah dini terhadap berbagai potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di wilayah, dan menyampaikan segala informasi yang didapatkan di lapangan kepada Pemerintahan Daerah. Terdapat adanya faktor-faktor penghambat dalam partisipasi masyarakat dalam Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat sebagai berikut : (1) Belum adanya perangkat aturan yang menjadi pedoman/juknis dalam melaksanakan tugas. Peraturan yang ada masih bersifat umum, belum terjabar secara tegas mengenai standar operasi dalam pelaksanaan tugas, (2) Dukungan anggaran yang belum cukup memadai untuk mendukung pelaksanaan tugas Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat secara optimal, (3) Kompetensi Sumber Daya Manusia Pengurus Forum, (4) Sarana dan Prasarana yang belum memadai. Dalam penelitian ini terdapat beberapa keterbatasan yang mencakup hal-hal sebagai berikut : (1) Keterbatasan literatur hasil penelitian sebelumnya yang masih kurang peneliti dapatkan, (2) Keterbatasan data yang digunakan dalam penelitian ini membuat hasil kurang maksimal.


Full Text:

PDF

References


Alfian Rizanurrasa Asikin, Setyo Harnowo, M. H. (2018). the Role of National United and Politics Board Toward the Conflict Prevention in Jakarta Province : Case Study on Governor. Prodi Damai Damai Dan Resolusi Konflik, 4(3), 95–120.

Ansell, C., & Gash, A. (2008). Collaborative governance in theory and practice. Journal of Public Administration Research and Theory, 18(4), 543–571. https://doi.org/10.1093/jopart/mum032

Dwiningrum, N. R., Rahmawaty, P., & Ismawanto, T. (2018). Peran Paguyuban di Balikpapan dalam Mendukung Integrasi Sosial. JSHP ( Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan), 2(1), 77. https://doi.org/10.32487/jshp.v2i1.295

Hakim, L., & Dewanti, E. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Forum Kewaspadaan Dini Pada Kota Administrasi Jakarta Selatan Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat , Konflik Sosial, Organisasi Sosial Badan Kesatuan Bangsa dan Politik merupakan badan pemerintahan yang mempunyai tugas melaksa. Public Administration Journal, 4(1), 69–82.

Innes, J. E., & Booher, D. E. (2002). Network Power in Collaborative Planning Publication Date. Journal of Planning Education and Research, 21, 221–236.

Kemendagri. (2019). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Kewaspadaan Dini Di Daerah. In Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Permendagri. (2006). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat Di Daerah.

Rai Setiabudhi, I. K., Artha, I. G., & Arsha Putra, I. P. R. (2018). Urgensi Kewaspadaan Dini dalam Rangka Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 7(2), 250. https://doi.org/10.24843/jmhu.2018.v07.i02.p09

Retno, Hardi, R. (2020). Collaborative Governance dalam Perspektif Administrasi Publik. In Journal of Government and Civil Society (Vol. 4, Issue 1).

Ryan Adi Wibowo, A. (2015). Analisis Dukungan Manajemen Puncak, Partisipasi Pemakai Sistem Informasi, Dan Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Studi Kasus Pada Pt Berlico Mulia Farma (Doctoral dissertation, UAJY)

Sennen, E. (2019). Kewaspadaan Dini Sebagai Upaya Menjaga Keamanan Masyarakat. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–5.

Slamet, Y. (1993). Pembangunan masyarakat berwawasan partisipasi. Sebelas Maret University Press.

Sudirman, A. H. (2022). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Deteksi Dini Potensi Gangguan Ketentraman Dan Ketertiban Umum Di Kabupaten Wajo. Jurnal IPDN, 7(1), 37–72.

Sumaryadi, I. N., Indraatmaja, A. B., & Hutabarat, N. E. (2010). Sosiologi pemerintahan: dari perspektif pelayanan, pemberdayaan, interaksi, dan sistem kepemimpinan pemerintahan Indonesia. Ghalia Indonesia.

Walikota Bontang. (2019). Peraturan Walikota Bontang Nomor 29 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kewaspadaan Dini Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jp.v13i1.10992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Paradigma (JP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Paradigma (JP)
pISSN: 2252-4266 - eISSN: 2615-3394

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/
E  : jurnal.paradigma@unmul.ac.id 

Creative Commons License
Jurnal Paradigma (JP) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License