Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Lokasi Toko Oleh-Oleh Khas Samarinda

Adytama Annugerah, Indah Fitri Astuti, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System(GIS) merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi berbasis geografis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi geografis dengan visualisasi data spasial yang berisi letak toko oleh-oleh khas Samarinda, informasi toko dan petunjuk arah yang akan disajikan kepada user. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data peta wilayah Kota Samarinda menggunakan Google Map API dan Google Map Direction Service, wawancara dengan pemilik toko, pengumpulan data titik koordinat serta beberapa data penunjang lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah telah dibangun sebuah websistem informasi geografi toko oleh-oleh khas Samarinda berbasis web menggunakan Google Maps API yang memberikan kemudahan kepada pengguna web untukmengetahui posisi toko oleh-oleh Khas Samarinda, dimana didalamnya terdapat informasi toko, posisi toko, barang yang dijual dan petunjuk arah menuju toko yang diinginkan.


Keywords


Google map API; sistem informasi geografis; toko oleh-oleh;

Full Text:

PDF

References


Aronoff, S. 1989. "Geographic Information System a Management Perspective" (Terjemahan). WDL Publication, Ottawa-Canada

Barrough, 1986.Pengertian SIG dalam Dulbahri, 1993 tercantum di Laporan SIG Bengkel Sepeda Motor Menggunakan Quantum Geographic Information System Mutakin, 2015. Samarinda: Fakultas MIPA, Universitas Mulawarman

Mutakin, A.N. 2015. Judul Skripsi Sistem Informasi Geografi Bengkel Sepeda Motor Di Samarinda Menggunakan Quatum Geographic Information System. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Rosdania. 2015. Judul Skripsi Sistem Informasi Geografi Wilayah Kampus Universitas Mulawarman Menggunakan Google Map API. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Tulach, J. 2009. Practical API Design : Confessions of a Java Framework Architect.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v11i2.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.