Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dengan Metode Nominal Group Technique (NGT) Berbasis Web (Studi Kasus : Organisasi Gepak Korwil Samarinda Ulu)

Dewi Susanti, Muhamad Azhari, Dyna Marisa Khairina

Abstract


Group Support System (GSS) ialah system pendukung keputusan kelompok yang digunakan untuk menghasilkan alternative solusi dari para anggota untuk rekomendasi seorang manajer dalam menghasilkan keputusan. Metode Nominal Group Technique (NGT) ialah metode yang dikembangkan untuk menghasilkan solusi dengan tingkat efektif yang tinggi baik darisegi membangkitkan ide/gagasan maupun tingkat partisipasi. Web sendiri adalah teknologi jaringan yang menunjang berbagai interaksi social terjalin secara luas. Organisasi Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) ialah organisasi etnis yang memiliki maksud dan tujuan untuk meningkatkan kualitas SDM agar dapat mengelola SDA di Kalimantan. Sehingga Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dengan Metode Nominal Group Technique(NGT) Berbasis Web menjadi system pendukung keputusan yang membantu manajer dari Organisasi GEPAK untuk melakukan rapat dan diskusi secara efektif dan efisien baik dari segi waktu dan biaya.


Keywords


GSS; Nominal Group Technique (NGT); Web; Organisasi;

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Miyarso, E. 2009. Developing of Interactive Multimedia for the Study of Cinematography. Graduate School, State University of Yogyakarta. Yogyakarta.

Ensiklopedi Nasional Indonesia. 1990. Jld. V, Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka.

Qalyubi, S dkk. (Ed). 2007. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab. Yogyakarta.

Terry, G. R. & Rue, Leslie W. Rue. 2010. Dasar-dasar Manajemen. (Terje: G.A. Ticoalu). Jakarta: Bumi Aksara.

Zaira, Z. 2011. Implementasi Ekstraksi Web Untuk Hadits Yang Diterjemahkan Dalam Bahasa Indonesia. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Depok.

Hardjono, D. 2007. Pengembangan Aplikasi Database Dengan Microsoft Access 2007. Yogyakarta: Andi.

Sena, S. A. 2013. Perancangan dan Pembuatan Application Programming Interface Server untuk Arduino. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas

Brawijaya. Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v11i2.208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.