Pemodelan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Pangkalpinang Menggunakan Enterprise Architecture Planning (EAP)

Marini Marini

Abstract


Sekolah menengah kejuruan di kota pangkalpinang  merupakan sistem informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Dengan adanya sistem interprise ini maka akan mendukung perencanaan sistem informasi yang baik dan teratur. Perencanaan sistem informasi yang masih kurang baik mengakibatlan kurang terarah prosedur sistem informasi pada sekolah  tersebut. Maka dari itu penulis akan merancang sistem blue print pada sekolah. Sistem enterprise Architecture Planning (EAP) adalah suatu proses pendefinisian arsitektur untuk penggunaan informasi dalam mendukung bisnis dan perencanaan untuk mengimplementasikan arsitektur. Pada penelitian ini akan membahas tentang bagaimana merancang suatu arsitektur informasi pada organisasi sekolah, sistem informasi ini saling berhubungan antar bagian supaya untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi. Model yang dibangun ini bertujuan diharapkan pengembangan sistem informasi dimasa yang akan datang. Penelitian ini penulis akan mengkaji penerapan model sistem informasi architecture Planning pada sekolah menengah kejuruan dikota pangkalpinang dengan menggunakan konsep blue print diantaranya architectur data,aplikasi dan teknologi. Proses sistem informasi Bimbingan Konseling Siswa ini diawali dengan menganalisa proses bisnis dan strategi bisnis pendidikan.


Keywords


Sistem Informasi, Sistem Interprise, Architectur, Blue Print

Full Text:

PDF

References


Bridgeland David M. and Ron Zahavi. (2009). Business Process Modeling Notation. Elsevier Inc. Burlington.

Haryanto, Edy. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.

Martin, James. (1990). Information Engineering (Book II, Planning and Analysis): Prentice-Hall

Spewak Steven H. (1992). Enterprise Architecture Planning”, John Wiley & Sons Inc : New York

Spewak, Steven H., Hill, Steven C. (1992). EnterpriseArchitecture Planning: Developing a Blueprint for Data, Applications, and Technology, John Wiley & Sons,

Spewak Steven., and Tiemann Michael. (2006). Updating The Enterprise Architecture Planning Model. Journal of Enterprise Architecture.

Supriyana, I. (2010). Model Arsitektur Bisnis, Sistem Informasi Dan Teknologi Di Bakosurtanal Berbasis Togaf. Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics And Control), 8, 17-24.

Surendro, K.. (2007). Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning Untuk PerencanaanStrategis Sistem Informasi : Jurnal Informatika, 8, Pp. 1-9.

Yunis, R. & Surendro, K. (, 2009). Perancangan Model Enterprise Architecture Dengan TogafArchitecture Development Method. : Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v15i1.1813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.