SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KOPERASI KARYAWAN PT. XYZ MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC

Tri Sulasni, Awang Harsa Kridalaksana, Zainal Arifin

Abstract


Sistem Informasi Pengelolaan Koperasi karyawan PT. XYZ menggunakan bahasa pemrograman visual basic Penggunaan alat bantu komputer sebagai alat pendukung dalam bidang manajemen akuntansi sudah merupakankebutuhan mutlak. Koperasi tidak hanya membutuhkan tenaga terampil yang memahami konsep dasar akuntansi secara manual, tetapi juga penguasaan dengan alat bantu komputer. Proses perhitungan pada koperasi bukan merupakan proses yang mudah karena perhitungan ini berdasarkan transaksi, kejadian dan keadaan ekonomi yang timbul dari kegiatan usahanya, terlebih jika masih diproses secara manual. Jika dilakukan dengan proses manual proses ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk melayani anggota. Oleh sebab itu perlu dibuat Sistem Informasi pada Koperasi Simpan Pinjam. Sistem ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses penyimpanan dan peminjaman pada koperasi karena proses penentuan keputusan dibantu secara komputasi modern dengan bantuan komputer. Hasil penelitian ini dibangun dengan menggunakan Visual Basic 6.0 dengan database Microsoft Access. Hasil akhir sistem ini berupa laporan simpanan, pinjaman dan angsuran dari anggota koperasi setiap bulannya.


Keywords


Sistem Informasi, Simpan Pinjam, Koperasi Karyawan

Full Text:

PDF

References


Bagus Kurniawan, 2002, Sistem Informasi Manajemen dengan Visual Basic 6.0,Andi, Yogyakarta.

Jogiyanto H.M, 2001, Analisa dan Disain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Edisi Ketiga, Andi Offset, Yogyakarta.

Kendall & Kendall, 2003, Analisan Perancangan Sistem, Jilid 2, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kristanto, 2000,Konsep dan Perancangan Database, Andi, yogyakarta.

McLeod Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Edisi Tujuh, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Mulyadi, 2001, Administrasi Biaya dan Perbankan, UPPM Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, Yogyakarta.

Wahyudi Kumorotomo dan Subando Agus Margoo, 1996, Sistem Informasi Manajemen Dalam Organisasi – Organisasi Publik, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v9i3.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.