China’s Public Diplomacy: Between Successfulness and Critics

Enny Fathurachmi

Abstract


Sorotan masyarakat internasional terhadap ketertutupan Cina melahirkan upaya untuk memperbaiki citra Cina lebih baik.  Upaya kuat yang dilakukan Cina lewat diplomasi publik cukup diapresiasi dunia internasional dengan semakin banyaknya kerjasama yang dilakukan dengan Cina.  Pilihan diplomasi publik menjadi kunci sukses citra positif Cina berkaitan dengan pertumbuhan ekonominya. Meskipun diplomasi publik yang  dilakukan Cina lebih didominasi oleh tokoh-tokoh tertentu.  Tulisan ini menggunakan pendekakatan konsep diplomasi publik “ala Barat” dengan implementasi  pemaknaan “ala Cina”.  Namun demikian hasil diplomasi publik menunjukkan bahwa ada pergeseran image lebih positif khususnya dalam bidang ekonomi dari dunia internasional dengan indikator intensnya kerjasama yang dilakukan ke beberapa negara dan integrasi ekonomi dengan organisasi regional di kawasan lain.  Hal ini menunjukkan bahwa diplomasi publik tidak hanya menjadi hak prerogratif negara-negara yang mengusung demokrasi saja.

Key words: Diplomasi publik, Cina, pertumbuhan ekonomi, positif image

 


Full Text:

PDF

References


Fitzpatrick, Kathy R. 2007.”Advancing the New Public Diplomacy: A Public Relations Perspective”. The Hague Journal of Diplomacy, Vol 2. No 3.

Hooghe, I.D’.2007, “The Rise of China’s Public Diplomacy”. Clingendael Diplomacy Papers No. 12.

Huafei, Qiu. 2007. Public Diplomacy: China’s Grand Foreign Strategy PD case study: Beijing Olympics.

Lawniczak, Ryszard. 2007. “Public Relations Role in a Global Competition “to sell” Alternative Political and Socio-Economic Models of Market Economy”. Public Relations Review 33.

Lum, Thomas et.al, 2008, ‘Comparing Global Influence: China’s and U.S. Diplomacy, Foreign Aid, Trade, and Investment in the Developing World’ CSR Report for Congress.

Lum, Thomas et.al. 2008. “China’s Soft Power in Southeast Asia”, CSR Report for Congress.

Mellisen, Jan. 2005. “The New Public Diplomacy: Between Theory and Practise”, in Jan Mellisen (ed), The New Public Diplomacy: Soft Power in International Relations, Houndmills, Palgrave.

Signitzer, Benno and Carola Wamser. 2006. “A Specific Governmental Public Relations Function”, in Carl H.Baton and Vincent Hazleton (ed), Public Relation Theory II, Lawrence Erlbaum Associated, Inc.Publishers.

Zhemix, Zhang. 2009. “China’s Public Diplomacy Institution: Its development, Challenges and Prospects of Its Practise”. Shanghai Institutes for International Studies (SIIS).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.