PROFESIONALISME APARATUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN SIMPANG RAYA KECAMATAN BARONG TONGKOK KABUPATEN KUTAI BARAT

Dede Damaiyanto, Aji Ratna Kusuma, Abdullah Karim

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan profesionalisme aparatur serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di kantor Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan maksud untuk mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang profesionalisme aparatur di kantor Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Data yang didapatkan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme aparatur di kantor Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat ditinjau dari tingkat pendidikan aparatur sudah cukup baik; sistem dan prosedur pelayanan yang belum ada; serta etika dan moral aparatur yang masih rendah. Belum optimalnya dalam menerapkan profesionalisme aparatur di lembaga tersebut disebabkan oleh kurang memadainya sarana penunjang dalam memberikan pelayanan; masih lemahnya kedisiplinan pegawai; dan terbatasnya alokasi sumber dana atau anggaran untuk mengembangkan kompetensi aparatur.


Full Text:

PDF

References


Anonim. Undang-undang Nomor 47 tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, dan Kota Bontang. Indonesia. Jakarta.

______. Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Indonesia, Jakarta.

______. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 tahun 2003 tentang Pedoman Pelayanan Umum. Indonesia. Jakarta.

______. Lembaga Administrasi Negara, 2000, Akuntabilitas dan Good Governance, Modul Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), Jakarta.

______. Peraturan Daerah Kab. Kutai Barat Nomor 04 tahun 2010 tentang Perubahan Status Kampung Barong Tongkok, Kampung Simpang Raya, Kampung Melak Ulu, dan Kampung Melak Ilir Menjadi Kelurahan Barong Tongkok, Kelurahan Simpang Raya, Kelurahan Melak Ulu, dan Melak Ilir.

Moenir, AS. 2001. Pendekatan Manusiawi dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian, Gunung Agung, Jakarta.

_______. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Sedarmayanti. 2004. Good Governance (Kepemerintahan yang Baik) Bagian Kedua: Membangun Manajemen Sistem Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas Menuju Good Governance (Kepemerintahan yang Baik), Mandar Maju, Bandung.

Siagian, Sondang P. 2000. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi, CV Haji Masagung, Jakarta.

_______. 2000. Administrasi Pembangunan, Konsep, Dimensi dan Strateginya, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Suryawikarta. 1999. Profesionalisme Aparatur, Unpad Press, Bandung.

Tjokrowinoto, Moeljarto. 2001. Reorientasi Birokrasi Publik dalam Membangun Indonesia Daerah, Penerbit Bidang Ekonomi, Politik dan Teknologi, Jakarta.

Widodo, Joko. 2001. Good Governance : Telaah dari Dimensi Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah, Insan Cendekia, Surabaya.

Winarno. 2004. Teori dan Proses Kebijakan Publik, Media Presindo, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v3i1.547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License