Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Hardware Komputer Dengan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Berbasis Desktop

Muhammad Hayatullah Guftamal, Indah Fitri Astuti, Islamiyah Islamiyah

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat pesat pada saat ini membuat penggunaan komputer untuk para pekerja kantoran dan juga para siswa sekolah semakin banyak digunakan. Dengan seringnya frekuensi penggunaan komputer setiap hari membuat performa perangkat komputer tersebut semakin lama akan menurun. Tidak jarang dari mereka yang lebih memilih untuk membawa komputer mereka ke tempat servis. Namun seperti yang diketahui, bahwa kebanyakan dari teknisi komputer yang berada di tempat servis komputer selalu sibuk dalam mengerjakan pemeliharaan komputer, dan hanya memiliki sedikit waktu untuk bertemu dengan pelanggan secara langsung. Tujuan yang ingin dicapai berdasarkan penelitian ini adalah membangun sistem pakar diagnosis kerusakan hardware komputer yang dapat membantu pelanggan mendiagnosa sendiri kerusakan komputer mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Forward Chaining dan Certainty Factor. Forward Chaining adalah metode untuk pencarian dalam mesin inferensi dan Certainty Factor adalah metode untuk mencari probabilitas persentase hasil diagnosa kerusakan. Data yang diperoleh dari CV.Global Computer dengan jumlah 17 data gejala kerusakan, 24 data basis relasi, dan 17 data kerusakan beserta solusi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil CF dan juga solusi dari masing-masing kerusakan terkait dengan gejala kerusakan, yang dimana data hasil CF berjumlah 24 data, dengan CF tertinggi dihasilkan dari 3 gejala sekaligus dengan nilai CF akhir sebesar 95,2%. Hasil akurasi dari perhitungan manual dengan sistem memiliki tingkat akurasi sebesar 100%. Hasil sistem pakar diagnosis kerusakan hardware komputer dengan metode Forward Chaining dan Certainty Factor ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pihak teknisi untuk membantu pelanggan dalam mendiagnosis kerusakan komputer mereka.


Keywords


Sistem Pakar; Forward Chaining; Certainty Factor

Full Text:

PDF

References


Dahria, M. (2011). Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi. Jurnal Saintikom, 10(3), 199–205.

Khotimah, B. K. (2017). Sistem Pakar Troubleshooting Komputer dengan metode Certainty Factor Menggunakan Probabilitas Bayesian ( Studi Kasus Laboratorium Jaringan Komputer ). Rekayasa, 3(1), 12–18.

Kadek Tutik A., G. A., Delima, R., & Proboyekti, U. (2017). Penerapan Forward Chaining Pada Program Diagnosa Anak Penderita Autisme. Jurnal Informatika, 5(2).

Dr. Sandu Siyoto, M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); Cetakan 1). Literasi Media Publishing.

Kusbianto, D., Ardiansyah, R., & Hamadi, D. A. (2017). Implementasi Sistem Pakar Forward Chaining Untuk Identifikasi Dan Tindakan Perawatan Jerawat Wajah. Jurnal Informatika Polinema, 4(1), 71.

Kusumadewi, S., Ruspita, I., & Khanan. (2020). Penerapan Metode Inferensi Backward Chaining Dalam Sistem Backward Chaining Method Implementation in Drugs Expert. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 3(2), 92–100.

Mulyono, H., Darman, R. A., & Ramadhan, G. (2020). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Pada Laptop Menggunakan Metode Certainty Factor. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(2), 98.

Hutabarat, I., & Elsera, M. (2021). Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Corona Virus (Covid-19) Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. Cetak) Buletin Utama Teknik, 16(2), 1410–4520.

Sianturi, F. A. (2019). Implementasi Metode Certainty Factor untuk Diagnosa Kerusakan Komputer. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 4(2), 176–184.

Yansyah, I. R., & Sumijan, S. (2020). Sistem Pakar Metode Forward Chaining untuk Mengukur Keparahan Penyakit Gigi dan Mulut. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 3, 41–47.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v6i2.9455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter