Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lahan Perkebunan Tanaman Lada Menggunakan Metode Simple Addtive Weighting Perbandingan Weighted Product Berbasis Web

Innri Rahayu Mangape, Eny Maria, Nur Hidayat

Abstract


Sumber daya lahan sebagai salah satu sumber daya utama dalam pembangunan pertanian. Kesesuaian lahan perlu diperhatikan untuk tanaman budidaya untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal, walau tanaman dapat tumbuh bersama di suatu wilayah, akan tetapi setiap jenis tanaman mempunyai karakter yang membutuhkan persyaratan yang berbeda-beda, dengan demikian supaya produksi dapat optimal maka harus diperhatikan antara kesesuaian lahan untuk pertanian. Evaluasi kesesuaian lahan merupakan penilaian dan pendugaan potensi lahan untuk penggunaan tertentu. Pelaksanaan evaluasi lahan padadasarnya mengarah pada rekomendasi penggunaan lahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode SAW perbandingan WP dalam pengambilan keputusan Pemilihan Lahan Perkebunan Tanaman Lada, serta membuat sistem pendukung keputusan yang dapat diakses oleh banyak orang, dengan harapan dapat memberikan kumudahan bagi pengguna untuk mendapatkan Lahan Perkebunan Tanaman Lada. Hasil akhir dari Sistem pendukung keputusan dapat mengambil keputusan dengan menghitung nilai normalisasi dan perkalian bobot pada masing-masing kriteria dari setiap alternatifmenggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) Perbandingan Weighted Product (WP). Perbandingan perhitungan dari metode SAW perbandingan dengan WP yaitu menunjukan hasil ranking yang sama tetapi pada nilai setiap preferensi berbeda karena menggunakan rumus perhitungan yang berbeda. Dalam hal ini pengambilan keputusan untuk memilih proses perhitungan yang ingin diterapkan dapat ditentukan oleh pengguna/petani.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Lahan Perkebunan; Tanaman Lada; SAW; WP

Full Text:

PDF

References


Zainudin, Baraq N. R, Agung T. D. Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Pengembangan Tanaman Lada ( Piper nigrum L.) Di Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Agroekoteknologi Tropika Lembab, 6-11.

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. LADA. https://disbun.kaltimprov.go.id/artikel/lada.

Rukmana, H. R. 2018. Untung Berlipat dari Budi Daya Lada Tanaman Multi Manfaat. Lily Publisher.

Hidayat, N dan F.S.D. Mentari. 2018. Budidaya Tanaman Lada. Buku ajar Wade Grup. Ponogoro.

Maria, E. 2018. Kecerdasan Buatan Studi Kasus Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Pakar pada Bidang Pertanian. Buku Ajar Wade Group, Ponorogo.

Setiawan, A. 2017. Implementasi Metode SAW dalam Penerimaan Siswa Baru Pada SMA Negeri 16 Medan. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika).

S. Arifin, R. P. 2020. Implementasi Metode Weighted Product (WP) Dalam Membangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Teladan. Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi.

Hatta, H. R., Pratama, N. W., Khairina, D. M., Maharani, S., Komputer, J. I., Ilmu, F., Dan, K., Informasi, T., & Mulawarman, U. 2017. Pemilihan lahan terbaik untuk tanaman kelapa sawit menggunakan metode simple additive weighting. Prosiding SENIATI1–5.

Mandiri, Tim karya tani. 2017. Rahasia Sukses Bertanam Lada. Nuansa Aulia. Bandung.194 hlm.

Mulyani, E.D.S. 2019. Perbandingan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode SAW dan WP Dalam Pemberian. COGITO Smart Journal, 5(2), 239–251.

Robby, I. O. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Bibit Kakao Berkualitas Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Desa Sinar Harapan Kabupaten Pesawaran. PROCIDING KMSI, 278–283.

Alamsyah, Z., & Gustian, D. 2019. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Weighted Product Dan Simple Additive. IKRAITH-informatika, 3(1), 129–137.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v5i2.8087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter