Pengembangan Media Pembelajaran IPS Di Sekolah Menengah Pertama

Alfrina Mewengkang, Verry Ronny Palilingan, Gifens Melisa Tetiwar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi mobile dalam penggunaanya yaitu aplikasi pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama yang bisa membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Concept (pengonsepan), Design (Perancangan), Material Collecting (Pengumpulan Bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (pengujian), dan Distribution (pendistribusian). Media pembelajaran dibuat berdasarkan konsep-konsep yang telah dirancang dan diuji dengan teknik black box testing menghasilkan hasil yang baik sehingga aplikasi ini layak digunakan dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

 


Keywords


MDLC; Media pembelajaran; Mobile Learning

Full Text:

PDF

References


K. P. Supari, A. A. Kenap, and A. Mewengkang, “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama,” Edutik J. Pendidik.

R. G. A. Wong, A. Tejawati, and U. Hairah, “Sistem Dokumentasi Elektronik (Logbook) Bimbingan Akademik Mahasiswa,” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, 2022.

J. Kuswanto and F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI,” J. Media Infotama, vol. 14, no. 1, 2018.

A. W. Purwita and M. S. Sumbawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning (Mlearning) Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia Smk Negeri 1 Cerme,” J. IT-Edu, vol. 1, pp. 71–79, 2016.

L. Lathifah, “Pembelajaran Dalam Jaringan Berbasis Web pada MAN 1 Pasewaran Lampung,” J. Rekayasa Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 121–129, 2021.

U. Umar, “Media pendidikan: Peran dan fungsinya dalam pembelajaran,” Tarb. J. Ilm. Pendidik., vol. 11, no. 01, pp. 131–144, 2017.

A. Arsyad, Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2018.

D. J. Hanson, E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. International Forum of Educational Technology & Society, 2003.

N. O. Keskin and D. Metcalf, “The current perspectives, theories and practices of mobile learning.,” Turkish Online J. Educ. Technol., vol. 10, no. 2, pp. 202–208, 2011.

A. V. Supit, T. Komansilan, and I. Rianto, “Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Mobile Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Edutik J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 5, pp. 500–512, 2021.

I. Binanto, Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v6i1.7789

Refbacks



Copyright (c) 2022 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter