Analisis Sistem Informasi Penjualan Toko Pakaian Happiness Menggunakan Soft System Methodology

Chyntia Valencia, Kelvin Kelvin, Michael Owen, Riyanti Teresa, Sheren Octavia Ningsih, Steven Sanjaya

Abstract


Saat ini perkembangan teknologi yang terjadi sangat pesat. Keadaan ini mempengaruhi perkembangan dan metodologi sistem informasi yang harus diikuti oleh berbagai pihak tanpa terkecuali, termasuk Toko Happiness. Toko Happiness adalah toko yang menjual pakaian secara grosir dan retail. Pada awalnya, toko ini masih menggunakan sistem yang serba manual. Namun, seiring perkembangannya Toko Happiness harus mengikuti perkembangan teknologi karena ada berbagai permasalahan yang dihadapi, seperti berbagai laporan yang dihasilkan tidak akurat dan tidak terstruktur dengan baik. Hal ini dikarenakan sulitnya mendata informasi penjualan dan transaksi yang terjadi, bahkan menyebabkan target penjualan yang telah ditentukan tidak tercapai. Selain itu, pembayaran yang belum cashless membuat pihak tertentu merasa kesulitan. Dalam mengatasi permasalahan ini, Toko Happiness membutuhkan sistem informasi yang dapat mempermudah aktivitas penjualan. Metode yang digunakan dalam sistem informasi penjualan Toko Happiness adalah metode Soft System Methodology (SSM). Pendekatan SSM ini meyakini bahwa setiap masalah perlu dilakukan studi yang seksama sehingga metode ini diharapkan dapat membantu Toko Happiness dalam menghasilkan laporan keuangan, laporan persediaan barang, pendataan barang menjadi lebih cepat dan akurat, juga dapat mencapai target laba yang telah ditentukan.

 


Keywords


Sistem Informasi Penjualan; SSM; Toko Pakaian

Full Text:

PDF

References


A. Anthony, Andeka, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berdasarkan Stok Gudang Berbasis Client Server,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer(JTIIK), vol. 4, no. 2, hlm. 136–147, 2017.

I. Gunawan, “Nilai dan Etika Kepemimpinan Pendidikan,” Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik Melalui Nilai- Nilai Dan Etika Kepemimpinan Pendidikan Dengan Pendekatan Soft System Methodology, vol. 1, no. 5, hlm. 65–84, 2017.

M. Sumadyo, “Penggunaan Teknik Analisis Dalam Pengembangan Sistem Informasi Menggunakan Soft System Methodology (Ssm),” Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic, vol. 4, no. 1, hlm. 36–48, 2016.

A. Rosyidta P.O, Y. Widianty R.W, dan N. M. Sudri, “Pengembangan UMKM Tangerang Selatan melalui Pendekatan Soft System,” Jurnal IPTEK, vol. 5, no. 1, hlm. 11–17, 2021.

T. D. Septiana dan R. Maulany, “Pengembangan Manajemen Data dan Informasi Menggunakan Analisis Soft System Methodology Di Universitas Advent Indonesia,” TeIKa, vol. 11, no. 1, hlm. 1–13, 2021.

A. Nuryanto, “Aplikasi Soft System Methodology (SSM) Untuk Pengembangan Strategi Pemberantasan dalam Pandemi Covid-19 di Selandia Baru,” Jejaring Administrasi Publik, vol. 13, no. 1, hlm. 59–69, 2021, doi: 10.20473/jap.v13i1.29356.

S. Sarosa, Metodologi Pengembangan sistem Informasi, Ke-1. Kembangan: Penerbit Indeks Jakarta, 2019.

S. Budiarto, “Peningkatan Kinerja Ohms (Order Handling Manufacturing System) Melalui Soft Systems Methodology ( Ssm ),” Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 10, no. 2, hlm. 57–67, 2011.

A. Firdaus dan M. S. Maarif, “Aplikasi Soft System Methodology (SSM) Untuk Perencanaan Terintegrasi Biofuel Dalam Sektor Pertanian Dan Sektor Energi,” Jurnal PASTI, vol. 9, no. 1, hlm. 1–9, 2015.

R. Sholeh dan K. Huda, “Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Volume Pejualan Ritel di Kota Mojokerto,” Optima, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.33366/optima.v3i1.1253.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v6i2.7652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter