Sistem Manajemen Data Tahanan Dan Daftar Pencarian Orang Tindak Pidana Narkotika Pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Timur

Ferdy Rianda, Edy Budiman, Rosmasari Rosmasari

Abstract


Penggunaan sistem manajemen data untuk membantu pekerjaan suatu instansi semakin dibutuhkan, terlebih lagi dengan adanya akses internet yang dapat memberikan kemudahan dan mampu menghasilkan informasi yang cepat dan akurat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sistem yang masih manual dalam pendataan dan media penyimpanan data tangkapan, data tahanan, data daftar pencarian orang (DPO), dan data barang bukti pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Timur (BNN Prov. Kaltim), mengingat data tersebut adalah sebagai kunci dari tugas pokok dan fungsi instansi BNN dalam memberantas jaringan peredaran gelap narkoba, sehingga diperlukan suatu sistem manajemen data yang terkomputerisasi dan online yang nantinya dapat di terapkan dan dikembangkan oleh instansi BNN Prov. Kaltim yang diharapkan dalam proses inputan data maupun pencarian data lebih terorganisir, cepat, dan efisien. Penelitian ini membangun suatu Sistem Manajemen Data berbasis website dengan menggunakan metode System Development Life Cycle model Waterfall. Adapun, alat bantu dalam membangun Sistem Manajemen Data menggunakan Bahasa pemograman PHP, dan database MySQL. Hasil Penelitian adalah terbangun nya Sistem Manajemen Data Tahanan Dan Daftar Pencarian Orang Tindak Pidana Narkotika Pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Timur, yang dapat mempermudah pegawai BNN Prov. Kaltim dalam menginput data dan mengakses data tersebut dimana saja.

Keywords


Sistem Manajemen Data; Data Tahanan; Data DPO

Full Text:

PDF

References


P. P. Widagdo, H. Haviluddin, H. J. Setyadi, M. Taruk, and H. S. Pakpahan, “Sistem Informasi Website Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman,” Pros. SAKTI (Seminar Ilmu Komput. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 5–9, 2019.

Alhamri, R. Z., & Syamsudin, A. (2016). Sistem Informasi Pengguna Narkoba Dengan Studi Kasus BNN Kota Kediri. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pnegetahuan dan Teknologi Terintegrasi).

Andi Didik Wira Putra, Sistem Informasi Daftar Pencarian Orang Dan Pencurian Kendaraan Bermotor Untuk Penyebaran Informasi Kepada Publik Pada Polisi Daerah Sulawesi Selatan.

Brady M. Loonam J.2010. Exploring the use of entity-relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Qualitative Research in Organization And Management.

Konsep Dasar Sistem Manajemen Data - Definisi Sistem Manajemen Data dari http://blog.re.or.id/konsep-dasar-sistem-manajemen-definisi-sistem- manajemen.htm/

Madcoms. 2011. “Aplikasi Program PHP dan MySQL untuk Membuat Website Interaktif”. Yogyakarta: Andi Publisher.

Muhammad Safei (2017), Sistem Monitoring Data Rehabilitasi Institusi Penerima Wajib Lapor Pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Timur.

Rinanza Zulmy Alhamri, Sistem Informasi Pengguna Narkoba Dengan Studi Kasus BNN Kota Kediri

Wimpi Septian Bahriandi, Analisa Dan Rancangan Sistem Informasi Administrasi Tahanan Narkotika Pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Zakaria, Edy Budiman, Ummul Hairah. 2017. Sistem Informasi Pengelolaan Data Pendaftaran Pasien Pada Rumah Sehat Dompet Dhuafa (RSDD) Kalimantan Timur Secara Digital Berbasis Web. Prosiding 2nd SAKTI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v4i1.5098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter