Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan BRSD Standar Kompetensi MTs Al-Misra

Wahyudin Wahyudin, Andi Tejawati, Bambang Cahyono

Abstract


Pendidikan adalah salah satu cara untuk menumbuhkan kemauan, kemampuan, bakat dan potensi diri yang dimiliki oleh siswa. Dengan pendidikan siswa dapat menjadi lebih mengerti dan tanggap akan arah dan perubahan serta pengembangan IPTEK. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sekarang ini tidak dapat dipungkiri bahwa matematika memegang peranan penting dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran adalah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Media pembelajaran ini berupa perangkat lunak dan perangkat keras yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Media pembelajaran ini bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Sistem ini dibangun menggunakan metode waterfall. Salah satu fungsi media pembelajaran ini di dalam proses belajar mengajar adalah sebagai alat bantu mengajar guru terhadap siswa. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran saat proses belajar mengajar sangat diperlukan

Keywords


Media Pembelajaran Matematika; Bangun Ruang Sisi Datar; Waterfall

Full Text:

PDF

References


J. R. Watulingas, F. Samara, and M. Taruk, “Analysis of Student Critical Thinking Ability in Colloid Chart with Problem-Based Learning Model,” vol. 144, pp. 158–161, 2018.

Arikunto, 1996,. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Avianti Agus, Nuniek. 2007 "Mudah Belajar Matematika 2". Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Dewi, Mega Silvia. 2012. “Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop Dalam Meningkatkan Keterampilan Editing Foto Bagi Anak Tunarungu”. Padang: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 1, No. 2.

Gunawan, Hary. 2015. “Media Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Gerak Pada Makhluk Hidup dan Benda Sesuai Standar Kompetensi”. Universitas Mulawarman.

Jogiyanto, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi.. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nurtantio, Palung., dan Arry Maulana Syarif. 2013. “Kreasikan Animasi-mu dengan Adobe Flash dalam Membuat Sistem Multimedia Interaksif”. Yogyakarta: Andi.

Poltesa, Hamka. Pengertian Aplikasi, https://www.scribd.com/doc/60306299/aplikasi (tanggal akses 24 November 2016)

Putri, Cindy Anggun. Coreldraw X6, https://www.academia.edu/10983157/CORELDRAW_X6?auto=download (tanggal akses 27 November 2016)

Roger S, Pressman. 2005.”Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi (Buku I)”. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v4i1.5054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter