Evaluasi Skema Panduan Game Berbasis Motion Graphic Animation Pada Esports Bergenre Multiplayer Online Battle Arena

Muhammad Bambang Firdaus, Edy Budiman, Muhammad Fikri Anshori

Abstract


Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) merupakan genre game yang memadukan real time strategy dan role playing game diamana pemainnya dituntut untuk dapat melakukan kontrol karakter, kerjasama team dan memahami permainan agar dapat melakukan penguasaan terhadap hero, ability, skill, pemilihan item, jungling, timing gank, counter dan improvisasi dalam permainan. Pemain juga dituntut untuk dapat bekerjasama dalam team guna menyusun strategi untuk memenangkan permainan Tujuan penelitian ini yaitu untuk menambah minat permain dengan cara inovatif dalam memberikan informasi agar dapat meningkatkan kemampuan penguasaan terhadap permainan dengan menggunakan sebuah media pembelajaran yang dipadukan dengan motion graphic. Pengujian validitas dilakukan melalui tahapan wawancara dan angket atau kuisioner untuk dapat mendapatkan validitas tersebut. Dari hasil pengujian, dapat disimpulkan Skema Panduan Gaming Menggunakan Motion Graphic Animation Pada Esports bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) ini mendapat presentase validitas 87,60% yaitu sangat valid atau sangat layak  serta mampu mensosialisasikan dan memberikan edukasi sesuai yang diharapkan.

Keywords


Media Pembelajaran; eSports; Multiplayer Online Battle Arena; Motion Graphic

Full Text:

PDF

References


M. A. B. Asyakur and N. W. S. Puspitadewi, "Jurusan Psikologi, FIP Unesa," Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecendrungan Agresivitas Pada Komunitas Gaming Surabaya, 2017.

Julius, S. Honggowidjaja and P. E. Dora, "Perancangan Interior Fasilitas E-Sports Arena," JURNAL INTRA Vol. 4, No. 2, pp. 672-680, 2016.

J. Funk, "MOBA, DOTA, ARTS: A brief introduction to gaming's biggest, most impenetrable genre.," 2013.

D. Sari, "Perencanaan Kebutuhan Pengguna Pada Produksi Film Animasi Tiga Dimensi Untuk Pengembangan Groupware," IPTEK-KOM, Vol. 14, pp. 133-150, 2012.

M. Audina, M. Ugiarto and B. Cahyono, "Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Desktop Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Di Taman Kanak-Kanak Samarinda," JURTI, Vol.1 No.1, 2017.

N. M. Efendi, "Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif," Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi Vol. 2 No. 2, pp. 173-182, 2018.

R. K. Wardhani, "Perancangan Video Dokumenter Autisme," Vol. 3, p. 3, 2014.

E. Team, "4 Game MOBA Terbaik di Dunia," 1 Desember 2019. [Online]. Available: https://esportsnesia.com/kasual/4-game-moba-terbaik-di-dunia/.

M. Kharis, E. Budiman and M. B. Firdaus, "Perancangan Video Promosi Wisata Alam Di Samarinda Tahun 2019 Menggunakan Teknik Motion Graphic," JURTI, Vol.1 No.1, Agustus 2019, ISSN : 2579-8790, 2019.

D. Agniawan, J. A. W and E. Budiman, "Media Informasi Prosedur Tugas Akhir Mahasiswa Fkti Universitas Mulawarman Berbasis Animasi Motion Graphic (Studi Kasus : Pt. Satnetcom Balikpapan)," Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi e-ISSN 2540-7902 dan p-ISSN 2541-366X, Vols. Vol. 2, No. 2, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v4i1.4515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter