Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna DANA sebagai Dompet Elektronik dengan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus: Kota Samarinda)

Indah Fitri Astuti, Awang Harsa Kridalaksana, Dedy Cahyadi, Erinda Novtarika Ilaidha Hermawan

Abstract


Kemajuan teknologi amat berpengaruh pada dorongan ke berbagai aktivitas manusia untuk dilakukan dengan cara yang lebih modern, tak tekecuali dalam melakukan sebuah transaksi. Metode pembayaran modern yang mulai ramai dikembangkan saat ini adalah penggunaan dompet elektronik (e-wallet). Dompet elektronik dinilai memiliki banyak kelebihan yang dapat membantu mempermudah aktivitas terkait keuangan. Banyaknya kelebihan yang ditawarkan penyedia layanan dompet elektronik membuat penggunaan dompet elektronik semakin berkembang. Namun, di balik semua kelebihannya, dompet elektronik tentu saja memiliki kekurangan. Berdasarkan kuesioner pra penelitian yang telah disebarkan, dompet elektronik yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Kota Samarinda adalah DANA.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai seberapa puas pengguna DANA dengan aplikasi tersebut. Penelitian ini mengumpulkan sebanyak 271 data responden pengguna DANA di Kota Samarinda. Variabel yang digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna didasarkan pada metode Servqual, yang mencakup tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Setelah melalui proses validasi dan reliabilitas data, analisis dilakukan dengan menerapkan metode Fuzzy Mamdani  dalam 4 tahap, yaitu membentuk himpunan fuzzy atau disebut juga proses fuzzifikasi, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan, dan defuzzifikasi. Diperoleh nilai tingkat kepuasan pengguna DANA dari hasil perhitungan manual dan menggunakan bantuan Matlab R2023a adalah sebesar 81 dimana nilai ini tergolong ke dalam kategori Puas dan Sangat Puas dengan derajat keanggotaan Puas sebesar 0,267 dan Sangat Puas sebesar 0,733.

 

 


Keywords


Kepuasan Pengguna, DANA, Fuzzy Mamdani, Servqual

Full Text:

PDF

References


“Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.” Accessed: Oct. 17, 2022. [Online]. Available: https://www.bi.go.id/id/publikasi/peraturan/Pages/pbi_184016.aspx

Kadence International, “Digital Payments E-Wallet Usage & Behavior in Indonesia,” Aug. 2021. Accessed: Mar. 01, 2022. [Online]. Available: https://kadence.com/digital-payments-and-e-wallet-usage-and-behavior-in-indonesia/

S. Ivan Goenawan, C. Natalia, F. Prasepta Sejahtera, and A. A. K, “ANALISA TIMBANGAN DATA DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DOMPET DIGITAL,” 2021.

U. Athiyah, A. P. Handayani, M. Y. Aldean, N. P. Putra, and R. Ramadhani, “Sistem Inferensi Fuzzy: Pengertian, Penerapan, dan Manfaatnya,” Journal of Dinda : Data Science, Information Technology, and Data Analytics, vol. 1, no. 2, pp. 73–76, Aug. 2021, doi: 10.20895/dinda.v1i2.201.

Z. Zurzaq, Silviani, and M. Mukhlis, “Prediksi Awal Ramadhan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto,” ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 2, pp. 88–95, Dec. 2020, doi: 10.35719/aritmatika.v1i2.4.

M. N. Sinaga, N. A. Hasibuan, and A. M. H. Sihite, “Sistem Pakar Diagnosa Kifosis Menerapkan Metode Fuzzy Mamdani,” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 4, no. 1, Nov. 2020, doi: 10.30865/komik.v4i1.2716.

B. S. Silalahi and F. J. Kaunang, “Analisis Service Quality pada Aplikasi DANA berdasarkan Sudut Pandang Pelanggan di Daerah Bandung Menggunakan Metode Servqual dan Model Kano,” TeIKa, vol. 12, no. 02, pp. 121–133, Oct. 2022, doi: 10.36342/teika.v12i02.2957.

F. Ariani, S. Sinaga, and T. Thamrin, “APLIKASI KEPMA UNTUK MENGUKUR KEPUASAN  MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL BERBASIS ANDROID,” Expert – Jurnal Management Sistem Informasi dan Teknologi, vol. Vol. 7, No. 1, pp. 18–24, Jul. 2017.

A. A. Prihatiningrum and E. Zuraidah, “Analisa Kualitas Layanan Aplikasi Mobile BankingpadaNasabah Bjb CabangTangerang Menggunakan Metode Servqual,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. Vol. 3, No.4, pp. 367–373, Jul. 2022.

B. S. Silalahi and F. J. Kaunang, “Analisis Service Quality pada Aplikasi DANA berdasarkan Sudut Pandang Pelanggan di Daerah Bandung Menggunakan Metode Servqual dan Model Kano,” TeIKa, vol. 12, no. 02, pp. 121–133, Oct. 2022, doi: 10.36342/teika.v12i02.2957.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v9i2.21257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter