Evaluasi Kinerja Sistem Aplikasi SeaBank Menggunakan Metode PIECES

Ilham Apriliansah, Dhini Novely Saputri, Tata Sutabri

Abstract


Dengan berkembangnya informasi teknologi, industri perbankan semakin mengandalkan sistem aplikasi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. SeaBank, sebagai salah satu bank digital yang berkembang pesat, perlu memastikan bahwa sistem aplikasinya dapat berfungsi secara optimal untuk mendukung operasional sehari-hari dan memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya. Evaluasi kinerja sistem aplikasi menjadi penting untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sistem yang ada, serta menemukan area yang memerlukan perbaikan. Metode PIECES Framework digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis kinerja sistem aplikasi SeaBank, karena mampu memberikan evaluasi yang komprehensif meliputi aspek Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, dan Services. Jenis penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini karena beberapa variabel telah dipelajari tentang spesifikasi satu sama lain. Selain itu, tujuan penulis adalah untuk memberikan gambaran dan ringkasan dari berbagai situasi dan kondisi tentang fakta-fakta yang terkait dengan variabel yang diteliti. Data awal dikumpulkan dari 65  orang yang menggunakan Aplikasi SeaBank. Metode PIECES Framework akan meningkatkan kinerja sistem dan menunjukkan aspek mana yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kinerja aplikasi SeaBank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memperoleh skor  rata  -rata  4,19  pada skala Likert. Ini menunjukkan bahwa aplikasi SeaBank  mendapatkan predikat puas.   


Keywords


Aplikasi SeaBank; Kinerja Sistem; Metode PIECES

Full Text:

PDF

References


Permana, H. D., Hapsari, A. A., Nugraha, D., & Jaenul, A. (2021). Evaluasi Kinerja Sistem Aplikasi E-commerce Shopee menggunakan Metode PIECES Framework. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 20(2), 202-209.

Aditya, N. M. B., & Jaya, J. N. U. (2022). Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 3(3), 325-332.

Apriliansah, I., & Sutabri, T. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan GOJEK Menggunakan Metode PIECES di Kota Palembang. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(2).

Wulandari, C., Elmayati, E., & Citra, Y. (2020). Analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi grab kota Lubuklinggau menggunakan Framework Pieces. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 12(2), 118-130.

Pangri, M., Sunardi, S., & Umar, R. (2021). Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong. Bina Insani Ict Journal, 8(1), 63-72.

Wardani, N. W., Nirwana, N. K. A., Ratnaningrum, L. P. R. A., & Salimah, S. H. (2023). Analisis Kualitas Layanan Dan Pengguna Aplikasi Ovo Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Pieces Framework. Jurnal Manajemen dan Teknologi Informasi, 13(2), 123-132.

Indrawati, I., Belluano, P. L. L., Harlinda, H., Tuasamu, F. A., & Lantara, D. (2019). Analisis tingkat kepuasan pengguna sistem informasi perpustakaan menggunakan Pieces Framework. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(2), 118-128.

Wardani, N. W., Nirwana, N. K. A., Ratnaningrum, L. P. R. A., & Salimah, S. H. (2023). Analisis Kualitas Layanan Dan Pengguna Aplikasi Ovo Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Pieces Framework. Jurnal Manajemen dan Teknologi Informasi, 13(2), 123-132.

Saputri, D. N., & Sutabri, T. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Gopay Dalam Konteks Layanan Keuangan Digital Menggunakan Metode Pieces. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(3).

Susilowati, P. A., & Sutabri, T. (2023). Analisis Pengukuran Keefektifitasan Sistem Presensi Pegawai Menggunakan Metode Pieces Framework Pada Bdk Palembang. Jurnal Komunikasi, 1(6), 315-326.

Ikhtiarti, D., Sari, D. N., & Sutabri, T. (2023). Penerapan Aplikasi 5G Untuk Mengevaluasi Layanan Penggunaan Aplikasi Gojek Menggunakan ITIL V3 Domain Service Design. Jurnal Teknologi Informasi, 9(1), 12-18.

Harahap, E. F., Arimbawa, I. G. A. P., Sucandrawati, N. L. K. A. S., Nurdiani, T. W., & Anantadjaya, S. P. (2023). Digital bank transformation: A content analysis of SEABank. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(3), 383-395.

Saskara, P. M., & Rizal, H. M. (2023). Pengembangan Business Model Canvas untuk Menciptakan Competitive Advantage Seabank Indonesia. Jurnal Impresi Indonesia, 2(1), 40-57.

Masser, P. A. U. L., Jones, J. U. L. I. E., & McGILL, B. R. I. D. G. E. T. (2005). Romano-British Settlement and Land Use on the Avonmouth Levels: the evidence of the Pucklechurch to Seabank pipeline project. Trans. Bristol & Gloucestershire Archaeo.

N. Kinanti, A. Putri1, and A. Dwi, “Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 02, no. 01, pp. 78–84, 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v8i1.15480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter