Virtual Screening Tarian Dayak Kenyah
Abstract
Suku Dayak Kenyah, yang mendiami daerah sungai Apokayan, memiliki beragam kebudayaan dan kesenian yang berasal dari nenek moyang mereka. Salah satunya adalah tarian-tarian adat yang memiliki arti tersendiri. Penerapan teknologi Augmented Reality (AR) menjadi salah satu solusi dalam pelestarian budaya untuk memperkenalkan tarian khas Dayak Kenyah ke masyarakat yang selama ini sulit diketahui masyarakat Indonesia karena tarian tersebut hanya dapat disaksikan saat ada acara tertentu seperti pada saat upacara adat, panen atau menyambut tamu kehormatan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi AR yang menampilkan video dan informasi tentang makna, sejarah, dan contoh tarian adat diantaranya Datun Julud, Leleng, dan Hudoq Kita. Aplikasi dibangun menggunakan Unity dan Vuforia menggunakan metode prototype. Pengujian aplikasi menggunakan tiga metode yaitu; pengujian marker, pengujian kompabilitas dan penerimaan pengguna. Pengujian marker menunjukkan bahwa marker memiliki kualitas yang baik karena masih dapat digunakan meskipun marker sudah terlipat, basah, dan tertutup sebagian. Aplikasi telah diuji dan berjalan dengan baik pada perangkat Android versi 6.0 hingga 11.0. Perangkat yang memiliki rasio aspek layar 16:9 memiliki kompatibilitas tata letak terbaik. Pengujian menggunakan User Acceptance Test menunjukkan persentase 87,73% untuk manfaat aplikasi dan 83,46% dari segi tampilan aplikasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerimaan pengguna terhadap Aplikasi yang dikembangkan sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
H. Darmadi, “Dayak Asal-Usul dan Penyebarannya di Bumi Borneo (1),” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, vol. 3, no. 2, pp. 322–340, 2016.
I. Fretisari, “Makna Simbol Tari Nimang Padi Dalam Upacara Adat Naek Dango Masyarakat Dayak Kanayant,” Ritme, vol. 2, no. 1, pp. 68–77, 2016.
R. A. Shofiana and Juariyah, “Impression Management Pengguna Aplikasi Tik Tok (Analisis Dramaturgi Erving Goffman Bagi Siswa SMA/SMK di Kecamatan Ambulu),” Jember, 2022.
Asykuryati, Ismunandar, and W. Istiandini, “Peningkatan Keterampilan Memperagakan Gerak Dasar Tari Dayak Melalui Metode Demonstrasi di SMP,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), vol. 4, no. 2, 2015.
I. Sutrisman, N. Widiyasono, and H. Sulastri, “Implementasi Algoritma Discrete Cosine Transform Untuk Kompresi Citra Pada Marker-Based Tracking Augmented Reality,” Computatio: Journal Of Computer Science And Information Systems, vol. 4, no. 1, pp. 45–54, 2020.
K.-T. Huang, C. Ball, J. Francis, R. Ratan, J. Boumis, and J. Fordham, “Augmented versus virtual reality in education: An exploratory study examining science knowledge retention when using augmented reality/virtual reality mobile applications,” Cyberpsychol Behav Soc Netw, vol. 22, no. 2, pp. 105–110, 2019.
I. Putra and I. Putra, “Development of augmented reality application for canang education using marker-based tracking method,” JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), vol. 9, no. 3, p. 365, 2021.
Y. Davesa, “Simbol dan Makna Gerak Tari Pedang dalam Upacara Ngayau Dayak Mualang Kabupaten Sekadau,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), vol. 6, no. 3, 2017.
J. Simarmata et al., “Prototype application multimedia learning for teaching basic English,” Int. J. Eng. Technol, vol. 7, no. 2.12, pp. 264–266, 2018.
H. I. T. Simamora, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Cv Mitra Tani Menggunakan Metode Prototype,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 173–178, 2020.
M. Fernando, “Membuat Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity,” Universitas Klabat Manado: Manado, 2013.
J. N. Azevedo and B. Alturas, “A Realidade Aumentada no Turismo Lisboeta,” in 14th Iberian Conference on Information Systems and Technologies (CISTI) , Portugal, 2019.
N. Elmqaddem, “Augmented reality and virtual reality in education. Myth or reality?,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 14, no. 3, pp. 234–242, 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v9i1.14752
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.