Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Tradisional Bolaang Mongondow Berbasis Mobile

Alfrina Mewengkang, Tirsya Natasya Ngodu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi pembelajaran pengenalan alat music tradisional bolaang mongondow untuk sekolah menengah kejuruan. Sebelumnya sudah ada yang melakukan perancangan aplikasi pengenalan alat music tradisional namun belum terdapat fitur music tradisional bolaang mongondow. Maka dalam aplikasi ini akan merancang aplikasi pengenalan alat music tradisional bolaang mongondow yang menarik dan mudah. Metode pengembangan rancang bangun aplikasi pembelajaran pengenalan alat music ini menggunakan metode pengembangan MDLC versi Luther-Sutopo dan untuk pengujian aplikasi ini menggunakan metode pengujian white box untuk developer test dan metode pengujian black box untuk end user test. Aplikasi ini menggunakan dasar pemograman Adobe ActionScript 3.0 pada Flash dengan OS android. Hasil dari penelitian ini dimulai dengan menampilkan pilihan menu pembelajaran tebak gambar dan suara alat musik. Kemudian sistem menampilkan pembelajaran sesuai dengan pilihan yang dilakukan user. Sistem menampilkan pembelajaran dengan dukungan gambar disertai suara yang menjelaskan tentang materi pembelajaran yang sedang ditampilkan. Aplikasi pembelajaran berbasis android ini dapat memberikan manfaat bagi siswa-siswi.


Keywords


Aplikasi Pembelajaran, Pengenalan Alat Musik Tradisional, Mobile Learning,

Full Text:

PDF

References


Syahrijar, I., Supriadi, U., & Fakhruddin, A. (2023). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Melalui Pembelajaran Berbasis Digital (Studi Eksploratif di SMA Negeri 15 dan SMA Alfa Centauri Kota Bandung). Journal on Education, 5(4), 13766-13782.

Prasetyo, N. K. (2023). Galeri Seni Dan Pusat Kebudayaan Banyumas (Doctoral dissertation, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang).

Febrianty, Y., Pitoyo, D., Masri, F. A., Anggreni, M. A., & Abidin, Z. (2023). Peran Kearifan Lokal Dalam Membangun Identitas Budaya Dan Kebangsaan. El-Hekam, 7(1), 168-181.

Yudiawati, H. (2021). Manajemen Pelestarian Angklung sebagai Warisan Budaya Takbenda. Jurnal Tata Kelola Seni, 7(1), 31-44

Anwar, C., Kom, S., Kom, M., Santiari, C. N. P. L., & Sitorus, Z. (2023). Buku Referensi Sistem Informasi Berbasis Kearifan Lokal.

Nuraini, L., & Hidayah, Y. (2023). Menggali Nilai Konservasi Dan Kewarganegaraan Melalui Dokumentasi Anggrek Dalam Konteks Budaya Dan Lingkungan Sebagai Wujud Cinta Tanah Air: Studi Kasus Pada Konservasi Anggrek Species Di Desa Batur, Yogyakarta. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 424-431.

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. AS-SABIQUN, 5(6), 1677-1693.

Abidin, M. (2021). Urgensi komunikasi model stimulus organism response (SOR) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 74-90.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v7i2.13377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter