Analisis Penerimaan Aplikasi Jamride Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Indah Fitri Astuti, Muhammad Dandi Apriansyah, Hario Jati Setyadi

Abstract


Jamride merupakan salah satu sektor dibidang jasa yang sedang berkembang dan banyak dibutuhkan bagi konsumen di daerah Penajam. Munculnya layanan transportasi online memotivasi dunia usaha untuk lebih inventif dan kreatif dalam meningkatkan kualitas layanan dan menyusun rencana yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Kinerja produktivitas sumber daya manusia dengan keterampilan unggul dan kinerja berkualitas tinggi merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan. Dalam penelitian ini akan dillakukan analisis pada penerimaan pengguna terhadap aplikasi JAMRIDE menjadi suatu sikap yang didasarkan pengalaman yang didapatkan pengguna berdasarkan 22 item yang tersusun atas 5 variabel menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Data penelitian ini didapatkan dari Google Form yang telah disebar dan diisi sebanyak 110 responden yang telah menggunakan aplikasi Jamride. Data yang telah valid dan realiabel dilanjutkan dengan melakukan uji normalitas dalam menguji distribusi residual model regresi mengikuti distribusi normal. Dari seluruh model memiliki nilai lebih kecil daripada 0,05. Uji Autokerelasi menggunakan nilai Durbin Watson ldengan membandingkan persamaan yakni nilai DW lebih besar dari nilai dL dengan hasil tidak terjadi autokerelasii.Uji heteroskedastisitas memiliki nilai Asym. Sig (2 tailed) diatas 0,05 yakni tidak terjadi masalah pada heteroskedastisitas. Uji multikolinieritas memiliki nilai VIF dibawah 10 sehingga semua persamaan model regresi tidak terjadi multikolinieritas. Hipotesis didapatkan dari seluruh perbandingan ada 1 variabel tidak berpengaruh yakni H6. nilai t hitung perceived usefulness terhadap actual to use diperoleh sebesar 1,068 yang berarti nilai t hitung lebih kecil dari pada t tabel.


Full Text:

PDF

References


Afrina, J. N. Utamajaya, and Surmiati, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Aplikasi Jamride Penajam Paser Utara Menggunakan Metode PIECES,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, pp. 388–395, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4048.

M. E. Sari and A. Hermawansyah, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Jamride Berbasis Kerangka Kerja CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) Di PPU,” J. Impresi Indones., vol. 1, no. 4, pp. 436–449, 2022, doi: 10.36418/jii.v1i4.61.

N. Fiyah, N. A. Mayangky, S. Hadianti, and D. Riana, “Analysis of Technology Acceptance Model in Electronic Trading Platform Applications Among Students,” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 59–68, 2019.

A. W. Bustami, “Pengaruh Covid-19 Terhadap Perekonomian Masyarakat,” Al-Dzahab, vol. 1, no. 1, pp. 31–38, 2020.

S. Nasution, “Variabel penelitian,” Raudhah, vol. 05, no. 02, pp. 1–9, 2017, [Online]. Available: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/182.

Thalia Claudia Mawey, A. L. Tumbel, and I. W. J. Ogi, “Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Sulutgo,” J. EMBA, vol. 6, no. 3, pp. 1198–1207, 2018.

S. Mulyono, W. A. Syafei, and R. Kusumaningrum, “Analisa Tingkat Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi SIMPUS dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM),” JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 147–155, 2020, doi: 10.33633/joins.v5i1.3277.

Mahendra and Irfan, “Penggunaan technology acceptance model (TAM) dalam mengevaluasi penerimaan pengguna terhadap sistem informasi -pada PT . ari jakarta,” Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 5, no. 2, pp. 183–195, 2022.

I. Elisa, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Gender (IPG) Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Data Panel,” J. Math. UNP, vol. 7, no. 2, p. 8, 2022, doi: 10.24036/unpjomath.v7i2.12666.

N. Saragih and S. Sembiring, “Pelatihan Aplikasi Microsoft SPSS Dalam Pengolahan Data Primer Penelitian Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unika Santo Thomas Medan,” Kaizen J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 1, pp. 21–28, 2022, doi: 10.54367/kaizen.v1i1.2034.

A. Purwanto, M. Asbari, and T. I. Santoso, “Analisis Data Penelitian Marketing: Perbandingan Hasil antara Amos, SmartPLS, WarpPLS, dan SPSS untuk Jumlah Sampel Besar,” J. Ind. Eng. Manag. Res., vol. 2, no. 4, pp. 216–227, 2021, [Online]. Available: https://www.jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/178/138.

D. M. Juniarto, E. Ismiyah, and M. Jufriyanto, “ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN JARINGAN INTERNET DI CV ROZITECH MULTIMEDIA INDONESIA DENGAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PEFORMANCE ANALYSIS,” vol. 2, no. 4, 2021.

H. Darmadi, “Dayak Asal-Usul Dan Penyebarannya,” Sos. Horiz. J. Pendidik. Sos., vol. 3, no. 2, pp. 322–340, 2016, [Online]. Available: https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/376.

Trisnio, Kevin. “Penggunaan TAM ( Technology Acceptance Model ) Untuk Keperluan Penelitian.” BINUS Higher Education, 2016.

Islami, Muhammad Mitsal. “Analisis Perceived Usefulness dan Perceived Ease Of Use Terhadap Actual System Usage Melalui Attitude Toward Using”, 2021.

Andasari, Syahilla. “Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Express Bahari Mobile Di Kota Banda Aceh”, 2023.

Afrina, Afrina, Joy Nashar Utamajaya, dan Surmiati Surmiati. “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Aplikasi Jamride Penajam Paser Utara Menggunakan Metode PIECES.” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) 9(2):359, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4048.

Qothrunnada, Kholida. “Pengertian Variabel dan Jenisnya dalam Penelitian.” Diambil (www.detik.com/edu/detikpedia/d-5821887/pengertian-variabel-dan-jenisnya-dalam-penelitian), 2021.

Wahyudi, Riki. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Pendekatan Konsistensi Internal Kuesioner Pembukaan Program Studi Statistika Fmipa Universitas Bengkulu”. 2018.

Mulyono. “Analisis Regresi Sederhana.” Binus Business School, 2021. Available: https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analisis-regresi-sederhana/.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v8i1.12891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter