Analisis Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Mulawarman menggunakan Algoritma CART

Alfan Nurfaizin, Nataniel Dengen, Herman Santoso Pakpahan

Abstract


Selama mahasiswa berada di perguruan tinggi tentunya telah menghasilkan informasi yang sangat banyak berupa profil maupun data nilai mahasiswa. Informasi ini dapat dioptimalkan menggunakan algoritma dengan teknik data mining untuk dianalisis guna menemukan pola-pola yang berhubungan dengan kelulusan mahasiswa tersebut.  Pada penelitian ini, data mining diterapkan pada model proses Cross Industry Standart Process for Data Mining (CRISP-DM) yang menyediakan proses standar penggunaan data mining pada berbagai bidang. Algoritma yang digunakan adalah Classification and Regression Trees (CART) untuk evaluasi kinerja akademik mahasiswa. Algoritma ini mengolah dataset profil beserta nilai mahasiswa yang berjumlah 158 data. Dataset telah memiliki label predikat kelulusan, yaitu tepat waktu dan terlambat. Adapun variabel yang digunakan yaitu jenis kelamin, umur mahasiswa saat mendaftar, asal daerah, status sekolah asal, jenis sekolah asal, serta indeks prestasi semester 1 hingga 4. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan menggunakan metode confusion matrix, didapatkan akurasi algoritma sebesar 71,79%. Serta variabel yang paling berpengaruh terhadap kelulusan adalah Indeks Prestasi Semester 2.

Keywords


Evaluasi Akademik Mahasiswa; Decision Tree; Algoritma CART

Full Text:

PDF

References


H. Suciati, "Aplikasi Berbasis Sistem Pakar Untuk Memprediksi Ketepatan Masa Studi Dengan Pendekatan Case Based Reasoning dan C45," pp. 1-11, 2016.

Universitas Mulawarman, "Informasi Publik," 2017. [Online]. Available: http://unmul.ac.id/ page/unmul-dalam-angka-1487836584 .html.

H. S. Pakpahan, M. Taruk, H. J. Setyadi, P. P. Widagdo, Haviluddin and L. Hendrajaya, "Prediksi Penyebaran Hidrokarbon Menggunakan Artificial Neural Network (ANN) di Formasi Gumai, Jambi," Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, pp. 200-203, 2017.

E. Prasetyo, Data Mining dan Aplikasi Menggunakan Matlab, Yogyakarta, 2012.

W. B. Komalasari, "Metode Pohon Keputusan Untuk Eksploratori Data dengan Peubah yang Banyak dan Kompleks," Informatika Pertanian Vol. 16 No. 1, pp. 967-980, 2007.

S. Susanto and D. Suryadi, Pengantar Data Mining Menggali Pengetahuan dari Bongkahan Data, Yogyakarta, 2010.

D. Darsono, "Penggunaan Algoritma Clasification And Regression Tree (Cart) Untuk Mendukung Keputusan Pada Penilaian Sertifikasi Guru," pp. 66-72, 2010.

D. T. Larose, Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining, 2005.

W. Indrawan, "Komparasi Algoritma Naive Bayes Classifier Dan Tree C4.5 Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa," 2017.

M. F. Amin, "Penerapan Algoritma Cart Untuk Memprediksi Status Kelulusan Mahasiswa," JUTISI Vol. 5 No. 3, pp. 1215-1222, 2016.

P. Priati, "Kajian Perbandingan Teknik Klasifikasi Algoritma C4.5, Naïve Bayes Dan Cart Untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa (Studi Kasus : Stmik Rosma Karawang)," Media Informatika Vol. 15 No. 2, pp. 1-17, 2016.

I. Rahmayuni, "Klasifikasi Data Karakteristik Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 Dan Cart (Studi Kasus Educational Data Mining)," Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, pp. 87-94, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v4i2.1256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter