Validitas Pengembangan Spentika-Pedia Sebagai Media Integratif Berbasis Android

Mety Liesdiani, Siska Pratiwi, Mariatul Kiptiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan aplikasi Spentika-Pedia sebagai media integrative berbasis android berdasarkan kevalidan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengembangan model Research and Development (R&D). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner yang diberikan kepada dua tim validator yang ahli dalam materi dan kegrafikaan. Hasil nilai rata-rata tim validator dari dua aspek penilaian yaitu tampilan dan pemrograman memperoleh nilai sebesar 91,67% dan termasuk dalam kategori sangat layak. Kesimpulan dari nilai tersebut menunjukkan aplikasi Spentika-Pedia yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai media integrative berbasis android.


Keywords


aplikasi; android; media; spentika-pedia; pembelajaran;

Full Text:

PDF

References


U. H. Salsabila, D. M. Ramandhani, R. Ayunissa, A. Qurrata’ayun, and H. Sadiah, “Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Merdeka Belajar,” al-Afkar, J. Islam. Stud., vol. 6, no. 1, pp. 260–270, 2023.

R. Awwaliyah, “Pendekatan Pengelolaan Kurikulum dalam Menciptakan Sekolah Unggul,” Insa. J. Pemikir. Altern. Kependidikan, vol. 24, no. 1, pp. 35–52, 2019.

W. T. Kholifah, “Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 115–120, 2020.

M. Mahrus, “Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional,” JIEMAN J. Islam. Educ. Manag., vol. 3, no. 1, pp. 41–80, 2021.

Y. Rahayu, “Problematika Kurikulum Di Sekolah Dasar,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 3176–3187, 2023.

A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023.

I. A. Huda, “Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 121–125, 2020.

R. Purnama, “Pemanfaatan TIK/ICT (Information and Communication Tehnology) dalam Pengembangan Manajemen Pendidikan,” J. Islam. Pedagog., vol. 3, no. 1, pp. 18–28, 2023.

A. Zainuri and S. Saepuloh, “Evaluasi Manajemen Media Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah,” Munaddhomah J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 3, pp. 255–263, 2022.

J. Kuswanto and Y. Walusfa, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VIII,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2017.

M. L. Hakim, A. Asrowi, and A. Akhyar, “Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Profesi Bagi Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Huda Wonogiri,” JTP-Jurnal Teknol. Pendidik., vol. 20, no. 3, pp. 249–263, 2018.

S. Suyantiningsih, I. Munawaroh, and S. Rahmadona, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Nilai Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Yogyakarta,” J. Kependidikan Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 46, no. 1, pp. 1–13, 2016.

H. Purnama, “Pengaruh Pembelajaran Microsoft Office Terhadap Kemampuan Mahasiswa/I Politeknik LP3I Jakarta dalam Menerima Berbagai Studi Kasus Baru,” J. Lentera Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 36–48, 2020.

B. Muqdamien, U. Umayah, J. Juhri, and D. P. Raraswaty, “Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun,” Intersections, vol. 6, no. 1, pp. 23–33, 2021.

P. Fenrich, Creating Instructional Multimedia Solutions: Practical Guidelines For The Real World. Informing Science, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jurti.v7i1.12330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi : 
Program Studi Informatika
Fakultas Teknik 
Jl. Sambaliung No. 9 Kampus Gunung Kelua Samarinda 75119 - Kalimantan Timur
e-mail : jurti.unmul@fkti.unmul.ac.id
Url : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF
Contact Person : Medi Taruk [081543438301]

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter