Mengetahui Persiapan Karir dan Kebutuhan Pengembangan Softskill Mahasiswa Baru Pada Semester Awal (Studi Pusat Karir Universitas HKBP Nommensen)

Hotpascaman Simbolon

Abstract


Mahasiswa baru di awal semester perkuliahan, dengan semua dinamika peralihan “kebiasaan” saat menjadi siswa, menjadi kebiasaan “mahasiswa” telah membuka peluang baru. Baik secara persiapan menuju perkuliahan itu sendiri ataupun bertujuan dalam mempersiapkan karir yang dirancang sejak dini. Studi ini bertujuan mengetahui gambaran persiapan karir dan kebutuhan pengembangan softskill. Studi ini melibatkan survey 2 Tahun ( pada tn 2018 dengan jumlah 1691 data dan tahun 2019 dengan sampel 708 data) dari seluruh fakultas. Pengambilan data pada tahun 2019 dilakukan secara 90 persen offline dan selebihnyai online, sedangkan data pada tahun 2019, dilakukan secara online (google form). Hasil dari studi ini menunjukkan bahwasanya 40 persen lebih mahasiswa masuk perkuliahan tidak mengetahui karir sebenanarnya dan kebutuhan untuk mengenali diri sendir sebagai faktor utama terbesar dalam memhami karir secara indidvidual. Sehingga peran pusat karir dibutuhkan dalam mennaggulangi dan mengarahkan kondisi ini.

Keywords


Persiapan Karir, Softskill, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Eliana, R. Supriyantini, S. Tuapattinaja. J., M. R. Career Maturity Among High School Students in Medan. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 81. Atlantis press.

Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S.R. (1998). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Rachmawati, Y.E. (2012). Hubungan antara self efficacy dengan kematangan karir pada mahasiswa tingkat awal dan tingkat akhir di Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya,

Vahedi, S., Farrokhi, F., Mahdavi, A., & Moradi, S. (2012). Exploratory and confirmatory factor ananlysis of the Career Decision-Making Difficulties Questionaire. Iranian Journal Psychiatry, 7(2), 74-81.

Data Pemetaan Pusat Karir Universitas HKBP Nommensen Medan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.