Bursa Kerja, Alumni dan Peluang Pekerjaan: Gambaran Kegiatan Unpad Job Fair 2019.

Rosaria Mita Amalia, Eka Komalasari Adiwilaga, Arry Bainus, Wawan Hermawan

Abstract


Job Fair atau Bursa Kerja adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mempertemukan pencari kerja dan para pencari kerja yang sangat potensial dalam rangka memberikan informasi mengenai ketersediaan posisi dan gambaran mengenai perusahaan secara umum. Terdapat banyak peluang pekerjaan dalam kegiatan ini, dari mulai pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan, pendidikan, teknik, kesehatan, riset, pemasaran, pertanian dan masih banyak lagi. Kegiatan bursa kerja dapat dijadikan ajang pembelajaran mengenai gambaran kemungkinan karir di masa depan melalui tawaran-tawaran pekerjaannya. Bursa kerja yang diadakan oleh suatu universitas adalah salah satu jenis kegiatan yang populer di kalangan mahasiswa dan biasanya diadakan oleh pusat karir universitas tersebut. Para perusahaan yang bergabung seringkali yang sudah menjadi mitra universitas tersebut dan mereka menjadikan ajang tersebut sebagai pencarian talents terbaik atau kegiatan tersebut dijadikan sarana sebagai company branding dan kemudian dapat melakukan perekrutan di lain waktu. Kegiatan ini memberikan kemudahan bagi alumni dan juga mahasiswa untuk berkomunikasi langsung dengan berbagai perwakilan dari perusahaan. Universitas Padjadjaran melalui pusat karir TSCDC (Tracer Study and Career Development Center) melakukan kegiatan bursa kerja dengan tujuan menjembatani semua alumni Unpad maupun masyarakat luas untuk berkomunikasi dengan dunia usaha dan dunia industri. Selain dunia usaha dan dunia industri, bursa kerja juga dapat memfasilitasi alumni yang akan melanjutkan studi lanjut dengan menghadirkan berbagai universitas baik dalam dan luar negeri serta institusi pemberi beasiswa sehingga informasi mengenai studi lanjut didapat secara baik.  Tulisan ini akan memaparkan mengenai informasi apa yang didapat terkait peluang pekerjaan , informasi studi lanjut serta hal-hal spesifik lainnya yang terkait pembekalan persiapan karir serta budaya kerja perusahaan yang terangkum dalam dua kegiatan Unpad Job Fair pada bulan April dan September 2019.


Keywords


Bursa Kerja, Alumni, Peluang Pekerjaan

Full Text:

PDF

References


Career of university graduates. The Netherlands: Springer; 2007

Handbook on career counselling. A practical manual for developing, implementing and assessing career counselling services in higher education settings. Paris: Unesco; 1998

Hadari Nawawi & Mimi Martini, 1994, “Penelitian Terapan”, Yogyakarta: Gajahmada University.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja RosdakaryaOffset, Bandung

https://money.kompas.com/read/2019/08/14/163900226/lahirkan-sdm-unggul-indonesia-butuh-dana-rp-1.161-triliun (diunduh 30 September 2019)

https://docplayer.info/30449291-Buku-panduan-pusat-karir.html#show_full_text (diunduh 30 September 2019)

https://docplayer.info/36972-Menteri-tenaga-kerja-dan-transmigrasi-republik-indonesia-peraturan-menteri-tenaga-kerja-dan-transmigrasi-republik-indonesia-nomor-per.html (diunduh 30 September 2019)

http://career.iresearchnet.com/career-development/job-fairs/ (diunduh 30 September 2019)

https://web.stanford.edu/~fafchamp/JobFair.pdf (diunduh 30 September 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.