Kriteria Dominan Pengetahuan dan Keterampilan yang dimiliki Alumni yang bekerja di Perusahaan

Indah Gumala Andirasdini, Angga Dinan Adrianto, Bambang Setia Budi

Abstract


Penerimaan karyawan di berbagai perusahaan baik lokal, nasional ataupun multinasional memiliki standar persyaratan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tergantung kepada kebutuhan dan keperluan masing-masing perusahaan. Selain lulus persyaratan administrasi, penguasaan pengetahuan dan keterampilan dari lulusan perguruan tinggi menjadi nilai lebih dalam pekerjaan. Tracer Study memiliki beberapa variabel pengukuran yang dapat memberikan gambaran dari seorang alumni yang bekerja di perusahaan. Tujuan makalah ini adalah untuk mengidentifikasi kriteria dominan pengetahuan dan keterampilan dari lulusan perguruan tinggi yang bekerja di perusahaan lokal, nasional, dan multinasional. Selain itu, makalah ini diharapkan dapat memberikan konsep untuk lulusan perguruan tinggi dalam meningkatkan softskills dan hardskills yang diperlukan di lingkungan kerja. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan metode pengolahan data prinsipal komponen analisis (PCA). Data yang digunakan adalah lulusan perguruan tinggi ITB yang lulus pada 2014 dengan angkatan 2007-2010. Hasil tracer study menunjukkan bahwa 20% lulusan bekerja di perusahaan lokal, 48% bekerja di perusahaan nasional, dan 33% bekerja di perusahaan multinasional. Hasil analisis menemukan bahwa ada perbedaan dalam kriteria dominan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi yang bekerja di masing-masing kategori perusahaan. Perusahaan lokal dan multinasional memiliki dua kriteria untuk pengetahuan dan keterampilan yang dominan sementara perusahaan nasional memiliki tiga kriteria yang dominan.

 


Keywords


Tracer Study, Kompetensi, Lulusan yang bekerja

Full Text:

PDF

References


Budi, Bambang Setia, Angga Dinan A., Nur Faidzatus Saydah, Nissa Fadilah, Mila Isti. 2017. Tracer Study ITB 2016 Angkatan 2009. Penerbit ITB, Bandung.

Divisi Riset ITB Career Center. 2018. Report Tracer Study ITB Angkatan 2010. Penerbit ITB. Bandung-Indonesia.

Kusuma, Hanson E. 2016. Tujuan dan Metode Tracer Study. Presentation in Seminar dan Workshop Tracer Study ITB 2016 at ITB on 2 May 2016. Bandung-Indonesia.

Pasaribu, Udjianna S. 2016. Riset Statistika dalam Tracer Study. Presentation in Seminar dan Workshop Tracer Study ITB 2016 at ITB on 2 May 2016. Bandung-Indonesia

Rencher A.C.2002. Methods of Multivariate Analysis. 3th ed. John Wiley & Sons, United States


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.