Service Blueprinting Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di UMM

Fien Zulfikarijah, Tsabita Khwarazmita

Abstract


Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang diprakarsai oleh kementerian BUMN merupakan wujud nyata pemerintah dalam meningkatkan kompetensi lulusan dan menyiapkan lulusan memasuki dunia kerja. Program ini mendapat sambutan yang antusias dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Setiap perguruan tinggi berusaha untuk dapat memanfaatkan peluang tersebut, UMM sebagai salah satu PT yang memiliki MoU dengan kementerian BUMN berusaha memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Sebagai kegiatan yang baru bagi UMM, maka perlu dibuat service blueprinting PMMB yang merupakan alur proses kerja yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan PMMB. Service blueprinting dapat membantu pengelolaan PMMB dalam menemukan komponen, titik rawan kegagalan dan titik jeda pada proses pelayanan PMMB. Desain penelitian menggunakan exploratory research dengan  analisis kualitatif diskriptif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah menginventarisir komponen proses pelayanan mulai dari pendaftaran sampai selesai magang, menggambarkan dalam bentuk service blueprinting, kemudian  menentukan titik kegagalan dan titik jeda pelayanan. Hasil analisis adalah tersedianya service bluepinting program magang mahasiswa bersertifikat UMM diperoleh temuan pertama 2 titik kegagalan yaitu komunikasi pada WAG PMMB UMM dan data peserta PMMB yang telah lolos PMMB BUMN, kedua terdapat 3 titik jeda yaitu kelengkapan data, draft PKS dan laporan PMMB. Adapun solusinya pada titik gagal adalah mengoptimalkan komunikasi dan mendorong BUMN konsisten dengan hasil match up FHCI, pada titik jeda melakkan checklist kelengkapan peseerta, mengintensifkan komunikasi dengan PIC BUMN tentang draft PKS dan laporan magang.


Keywords


service blueprinting, titik kegagalan, titik jeda

Full Text:

PDF

References


Cornnen, Chrristian, Von Felten, Daniel, Schmid, Mirjan, 2011, Managing effectiveness and efficiency throught FM Blueprinting, Business Process Management Journal, 29, 422-437.

Fitzimons, 2010, Service Opertions, Management, Prentice-Hall

Young Jung Geum and Youngtae Park, 2009, Designing the sustainable peoduct service integration: a Product service blueprint approach journal of cleaner Production, 19, 1601-1614.

Nabil Boughnim, Bernard Yannou, 2005, Using Blueprinting Method For Developing Product-Service Systems International Conference On Engineering Design Iced 05 Melbourne, August 15-18.

Lovelock chrystopher, & Wirtz, Jochen (2011), service marketing 7th edition, people, technology, strategy, englewoods cliffs, NJ (CHL), prentice-hall

Montserrat Estañol2 , Esperanza Marcos1, Xavier Oriol2 , Francisco J. Pérez1 Ernest Teniente2 , Juan M. Vara1, Validation of Service Blueprint models by means of formal simulation techniques, N INTERANTIONAL SEVICE OREINTED computing, 15th internatioal conference, ICSOC, 2017, malaga, spain, nopember 13-16, proceeding, spinger, 2017, p 80-95

Zeithaml, V.A. and Bitner, M.J. (2000) Services Marketing: Integrating Customer Focus across the Firm. 2nd Edition, McGraw-Hill, Boston.,

www.ristekdikti.go.id, Kemenristekdikti dan Kementerian BUMN Jalin Kerja Sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat, 9.000 Mahasiswa Akan Diterima Magang di 113 BUMN Read more at https://ristekdikti.go.id/kabar/kemenristekdikti-dan-kementerian-bumn-jalin-kerja-sama-program-magang-mahasiswa-bersertifikat-9-000-mahasiswa-akan-diterima-magang-di-113-bumn/#RlYcuKLtbzgkEt6v.99


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.