Evaluasi Kebijakan Keterlibatan Fakultas dan Evaluasi Mutu Seminar Karir “Studi Kasus CDC Universitas Lambung Mangkurat”

Dessy Maulidya Maharani, Badaruddin Hamdi

Abstract


Pelaksanaan seminar karir diketahui sangat berguna bagi mahasiswa dan alumni di setiap perguruan tinggi. Penyelenggaraan di Tingkat Universitas kerap dilaksanakan oleh Universitas Lambung Mangkurat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir sejak 2017. Pada tahun 2017 dan 2018 jumlah peserta selalu diatas 90%, namun pola distribusi asal peserta berdasarkan Fakultas belum proporsional. Oleh sebab itu pada tahun 2019 dilakuan perubahan kebijakan metode rekrutmen peserta dengan melibatkan seluruh Fakultas yang ada di Universitas  Lambung Mangkurat (ULM). Metode yang digunakan dalam mengevaluasi kebijakan adalah dengan memperbandingkan proporsi peserta sebelum dan sesudah dilaksanakannya kebijakan. Metode yang digunakan untuk Evaluasi mutu seminar adalah dengan skoring dengan atribut registrasi, ruangan, agenda acara, penampilan materi, keilmuan pemateri, lama materi, konsumsi, panitia dan kepuasan menyeluruh. Atribut kepuasan menyeluruh dianalisis menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengn Uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan dengan kebijakan yang dilakukan tersebut sangat efektif meningkatkan sebaran peserta tiap fakultas menjadi lebih proporsional. Sedangkan untuk analisis mutu seminar selama tiga tahun berbeda nyata dengan nilai yang terus meningkat. Atribut paling menonjol dalam pelaksanaan adalah pemateri yang profesional.


Keywords


Seminar, Karir, Peserta, Mutu

Full Text:

PDF

References


Djaali dan M. Pudji. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Grasindo.

Mustofa, A dan Arlina D. 2018. Analisis Kebijakan Regionalisasi Rujukan terhadap Jumlah Kunjungan dan Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Journal of Health Studies, Vol. 2, No. 1. Hal 1-11.

Stone, H dan Joel, L. 2004. Sensory Evaluation Practices, Edisi Ketiga. Elsevier Academic Press, California, USA

Wahdanian dan Adha, W, M. 2018. Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Pelatihan Teknis Terhadap Pencapaian Indikator Kinerja Pegawai Di Kantor Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Majene (Studi Kasus Pada Kantor Sekretariat Daerah Kab. Majene). Dinamika Ekonomi Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol.11 No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.