Tracer Study: Peta Dunia Kerja Alumni STMIK Pringsewu

Bernadhita Herindri Samodera Utami, Miswan Gumanti, Rani Pratiwi, Tri Susilowati

Abstract


Salah satu potret riil permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia di antaranya adalah banyaknya pencari kerja yang mengajukan lamaran dengan persyaratan akademik telah memenuhi kriteria standar namun setelah memasuki dunia kerja ternyata mereka tidak memahami dan memiliki kecakapan dalam bidang pekerjaannya. Kendala lainnya adalah rendahnya kemampuan soft-skills yang dimiliki para pencari kerja. Saat ini tidak hanya kemampuan hard-skills yang dibutuhkan oleh dunia kerja tetapi juga soft-skills. Faktor yang memberikan keberhasilan dalam dunia kerja adalah soft-skills (40%), networking (30%), hard-skills (20%), dan financial (10%) (Dekdiknas, 2007). Upaya yang dilakukan institusi perguruan tinggi untuk mengetahui kinerja alumni di dunia kerja adalah melakukan tracer study. CDC (Career Development Center) STMIK Pringsewu konsisten dari tahun ke tahun mengadakan survei tracer study untuk senantiasa berinteraksi dengan para alumni. Melalui studi ini, dapat diperoleh informasi pekerjaan terbaru, poisisi kerja, gaji, lama memperoleh pekerjaan pertama, dan kesesuaian bidang pekerjaan dengan bidang pendidikan selama menempuh kuliah. Penelitian ini melibatkan 71 alumni yang terdiri dari 76,4% alumni program studi S1 Sistem Infromasi dan 23.6% alumni program studi D3 Manajemen Informatika.


Keywords


tracer study, alumni, CDC STMIK Pringsewu, dunia kerja

Full Text:

PDF

References


Purwanto, Iwan. 2008. Manajemen Strategi, Edisi ke-2. Yrama Widya, Bandung.

Schomburg, Harald. 2010. Concept and Methodology of Tracer Studies-International

Experience. Presentation at Workshop in Sinaia 2-4 June 2010. International Centre of Higher Education Research. University Kassel, Germany.

Stoner, J.A.F., Freeman, R.E., Gilbert, Daniel. 1996. Manajemen (terj.). Gramedia, Jakarta.

Ramadiani, Widagdo, P. P., & Junirianto, E. (2016). Tracer Study Menggunakan Framework Bootstrap. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Vol. 1, pp. 1–7).

Teichler, U. 1999. Research on The Relationship Between Higher Education and The World of Work: Past Achievements, Problems and New Challenges. Higher Education 38: 169-190.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.