Peran ICCN Menumbuhkan Pusat Karir dan Kewirausahaan yang baru terbentuk

Jaya Bakri, Dewy Haryanti Parman

Abstract


Pembinaan mahasiswa  di bidang karir dan kewirausahan merupakan kegiatan yang awalnya di koordinir oleh biro akademik dan kemahasiswaan Universitas Borneo Tarakan (UBT) . setelah didirikannya pusat karir dan kewirausahaan  maka kegiatan karir dan kewirausahaan bersinergi dengan lembaga penjaminan mutu dan kemahasiswaan. Perguruan tinggi yang baru memiliki pusat karir sangat membutuhkan bimbingan dalam merencanakan program program kerja yang akan dilakukan. peran ICCN yang memprogramkan  pelatihan CCOP telah memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap universitas yang baru memiliki pusat karir dan kewirausahaan  tersebut. Hasil dari CCOP bacth 1.0 sudah mampu memberikan gambaran kegiatan yang akan di jalankan di tingkat pemula di universitas tersebut. Program program unggulan Pusat karir di Univeritas Borneo Tarakan diantaranya memberikan warna baru dalam  sistem perekrutan kewirausahaan mahasiswa yang melibatkan tim assessment dalam menentukan nama nama mahasiswa penerima bantuan wirausaha.  Selain itu program unggulan lainnya adalah TOT ( Training Of trainer )  konselor Karir dan kewirausahaan   yang melibatkan semua prodi yang ada di universitas Borneo Tarakan, harapan kegiatan ini   mampu membimbing dan mengarahkan minat dan bakat mahasiswa dari awal perkuliahan sehingga dari proses ini menghasilkan output mahasiswa yang minat berkarir dan berwiausaha .   Mahasiswa yang minat berkarir akan diberi pelatihan tentang soft skill ;  cara komunikasi wawancara kerja, membuat CV  dan membuat lamaran kerja, sedangkan yang minat berwirausaha akan diberi bimbingan dalam berwirausaha, selanjutnya akan ada asessment untuk mendapatkan bantuan berwirausaha dari universitas. kegiatan  karir dan kewirausahaan di universitas Borneo Tarakan diharapakan mampu menyelenggarakan karir Day ( Job fair ) yang selanjutnya akan meningkatkan  daya serap alumni dan mengurangi waktu tunggu dalam bekerja.


Keywords


Pusat karir dan kewirausahaan, mahasiswa, Universitas Borneo Tarakan, TOT Konselor, pelatihan soft skill

Full Text:

PDF

References


Subdirektorat Penyelarasan, Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti. (2018). Program Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan. Semarang: LLDIKTI VI Jawa Tengah.

Susanto, T. D. (2018). Kompetisi Sukses Era Industri 4.0. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

UCC Team. (2018). Laporan Tahunan UPT. Layanan Karir dan Alumni . Semarang: UPT. Layanan Karir dan Alumni.

Sudrajat, Susilawati,. 2016 Laporan Akhir Program Bantuan Tracer Study Politeknik Negeri Bandung. Bandung

Susilawati, Sudrajat, Yeti Nugraheni. 2017 Laporan Akhir Program Bantuan Tracer Study Politeknik Negeri Bandung. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.