Pengelolaan Program Konselor Sebaya oleh Career Development Center (CDC) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada

Acniah Damayanti, Dina Wahida

Abstract


Sebagai salah satu upaya peningkatan kesehatan mental mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (FISIPOL UGM), Career Development Center (CDC) FISIPOL UGM menginisiasi program konselor sebaya. Program konselor sebaya merupakan program layanan konseling yang melibatkan mahasiswa sebagai konselor bagi sesama mahasiswa. Program ini diinisiasi sebagai respon atas berbagai permasalahan yang dihadapi CDC dalam penyelenggaran layanan konseling psikologi dan edukasi kesehatan mental. Konselor sebaya diharapkan dapat membantu psikolog dalam memberikan pertolongan pertama pada permasalahan kesehatan mental mahasiswa dan menjadi agen edukasi kesehatan mental dan sosialisasi layanan konseling di lingkup FISIPOL. Penelitian ini mengelaborasi pengelolaan program konselor sebaya yang dilakukan oleh CDC FISIPOL UGM, melalui perspektif pengelolaan sumber daya manusia yang diadaptasi dari Snell dan Morris (2019). Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa permasalahan dalam pengelolaan konselor sebaya dan selanjutnya memberikan rekomendasi perbaikan.

Keywords


Konselor sebaya, mahasiswa, pengelolaan, konseling, kesehatan mental

Full Text:

PDF

References


Corey, G. (2012). Theory and practice of group counseling. Nelson Education.

FISIPOL UGM. (2019, Juli 12). Diakses 8 Oktober 2019 melalui tautan https://fisipol.ugm.ac.id/deklarasikan-healthy-campus-fisipol-berkomitmen-ciptakan-lingkungan-produktif/

Hikmarani, C. N. (2019, 3 29). Latar Belakang Program Layanan Konseling CDC FISIPOL UGM (Wawancara Koordinator CDC periode 2012-2016). (A. Damayanti, Interviewer)

Kitzrow, M. A. (2003). The Mental Health Needs of Today's College Students: Challenges and Recommendations. NASPA Journal, 41(1), 167-181.

Snell, S. A., & Morris, S. A. (2019). Managing Human Resources (18th ed.). Boston: Cengage.

World Health Organization. (2017). Providing individualized peer support in mental health and related areas: WHO QualityRights training to act, unite and empower for mental health (pilot version). World Health Organization.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.