Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja)

Dewi Rachmawati

Abstract


Perkembangan generasi dari masa ke masa sangat menarik untuk diteliti. Terlebih berkaitan dengan perbedaan generasi dalam lingkungan kerja. Beberapa permasalahan yang timbul di tempat kerja bersumber dari gap atau kesenjangan yang terjadi karena perbedaan generasi. Terdapat banyak teori generasi yang diungkapkan oleh para pakar, salah satunya adalah Manheim. Manheim mengungkapkan bahwa generasi yang lebih muda tidak dapat bersosialisasi dengan sempurna karena adanya gap atau kesenjangan nilai-nilai ideal yang diajarkan oleh generasi yang lebih tua dengan realitas yang dihadapi oleh generasi muda tersebut, lebih lanjut dikatakan bahwa lokasi memiliki efek yang besar dalam terbentuknya kesadaran individu (Manheim, 1952 dalam Putra, 2016). Studi pustaka dilakukan dalam tulisan ini untuk menganalisis keberadaan generasi Z dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya, terutama berkaitan dengan dunia kerja. Hasil yang diungkapkan pada tulisan ini menunjukkan bahwa generasi Z seperti yg diungkapkan para ahli, sangat melek teknologi karena dari lahir mereka sudah mulai mengenal komputer & internet. Jadi sudah terbiasa dengan teknologi informatika. Generasi ini berekspektasi tinggi terhadap kecanggihan teknologi dalam kehidupannya.  Dalam dunia kerja pun mereka mengharapkan seperti demikian. Bekerja di perusahaan besar berteknologi tinggi dan canggih merupakan salah satu impian generasi Z. Penulis berharap melalui tulisan ini bisa menjadi masukan dan referensi bagi praktisi sumber daya manusia baik di perguruan tinggi maupun di dunia industri dalam menghadapi generasi Z. Selain itu juga diharapkan dapat dijadikan referensi untuk menentukan rencana dan strategi yang sesuai dalam mengembangkan sumber daya manusia terkait generasi. 


Keywords


Gen Z, Job World, Generasi Z, Dunia Kerja, Kesenjangan

Full Text:

PDF

References


Bencsik, A., Horváth-Csikós, G., & Juhász, T. 2016. Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8 No.3.

Csobanka, Z. E, 2016. The Z Generation. Acta Technologica Dubnicae volume 6, 2016, issue 2 DOI: 10.1515/atd-2016-0012

Dolot, A. 2018. The characteristic of Generation Z, “e-mentor”, s. 44–50, http://dx.doi.org/10.15219/em74.1351.

Gaidhani, S., Arora, Lokesh & Sharma, B. K. 2019. Understanding The Attitude Of Generation Z Towards Workplace. International Journal of Management, Technology And Engineering Volume IX, Issue I, JANUARY/2019 ISSN NO : 2249-7455

Laudert, Elizabeth. 2018 . "Generation Z: Utilizing Adaptive and Authentic Leadership to Promote Intergenerational Collaboration at Work" M.A. in Leadership Studies: Capstone Project Papers. 30. http://digital.sandiego.edu/solesmalscap/30

Putra, Y.S. 2016. Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Ilmiah Among Makarti Vol.9 No.18.

Singh, A.P. and Dangmei, J., 2016. Understanding the Generation Z, the future workforce. South-Asian Journal of Multidisciplinary Studies, 3(3), pp.1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.