ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA BIDANG MORFOLOGI PADA TEKS KARANGAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Jihan Septiani Hasan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kesalahan berbahasa bidang morfologi pada teks karangan yang dibuat sendiri oleh siswa SMP Negeri 4 Medan kelas IX tahun ajaran 2021/2022. Dalam dunia pendidikan, kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa sering terjadi. Jika kesalahan berbahasa tidak diminimalisirkan, maka tujuan kurikulum 2013 tidak dapat terwujud. Kebahasaan merupakan salah satu aspek yang terdapat pada setiap indikator mata pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. Salah satu aspek kesalahan berbahasa yang sering ditemukan pada karangan siswa yaitu bidang morfologi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian yaitu 20 teks karangan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Medan. Berdasarkan hasil temuan data peneliti yaitu adanya  kesalahan bidang morfologi yang terbagi menjadi 5 aspek, yaitu: kesalahan berbahasa bidang penulisan prefiks sebesar 11,1%, kesalahan penulisan bidang infiks 0% karena tidak terdapat kata yang termasuk infiks pada karangan siswa, kesalahan penulisan bidang sufiks sebesar 1,92%, kesalahan penulisan bidang konfiks sebesar 12,88%, kesalahan penulisan bidang reduplikasi sebesar 1,28%, dan kesalahan penulisan bidang pemajemukan sebesar 0% karena tidak ditemukan kesalahan pemajemukan. Dapat ditarik kesimpulan yaitu tingkat kemampuan siswa dalam mengimplementasikan kebahasaan bidang morfologi pada teks karangan yang mereka tulis sudah baik, karena hanya sebagian kecil nilai persentase kesalahan kebahasaan yang ditemukan.


Keywords


Kesalahan berbahasa, Morfologi, Karangan

References


Darwin, David., D. (2021). Paradigma Strukturalisme Bahasa : Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik. Jurnal Ilmiah Semantika, 02(02), 28–40. Diambil dari: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika

Ekowati, Ainiyah., Kamila, F. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Plus Al-Watasi Caringin Bogor. Jurnal Pendidikan :Kebahasaan, Kesastraan Dan Pembelajaran, 01(01), 25–30. Diambil dari: http://journal.unpak.ac.id/index.php/triangulasi

Gani, Saida., A. B. (2018). Kajian Teoritis Struktural Internal Bahasa (Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik). Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 07(1), 1–20. Diambil: https://journal.umgo.ac.id/index.php/AJamiy/article/view/302

Gio, J M., Susrawati, J. S. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Secara Sintaksis Dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV Sdn Miri. Jurnal Visipena. Jurnal Visipena, 08(02), 242. Diambil dari: https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/408/375

Gio, J. M. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 138 dan 140. Diambil: https://ejournal.upi.edu/index.php/BS_JPBSP/article/download/12153/pdf

Inderasari, Elen., Agustina, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Asing dalam Program BIPA IAIN Surakarta. JUrnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 06(02), 8. Diambil dari: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Jannah, M. (2020). Afiksasi (Prefiks dan Sufiks) dalam Kolom Ekonomi Bisnis di Koran Jawa Pos Edisi Kamis 14 November 2019. Jurnal DISASTRI (Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 02(01), 2716–4112. Diambil dari: http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/disastri/article/download/874/693/

Merza, Fernando., Rokhmat, Basuki., S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bidang Morfologi Pada Karangan Siswa Kelas VII, SMP 11 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 05(01), 2021. Diambil dari: https://doi.org/10.33369/jik.8592

Noermanzah. (2017). Struktur Kalimat Tunggal Sindang di Kota Lubuklinggau dan Pengaruhnya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 01(01), 02. Diambil dari: doi.org/10.21009/AKSIS.010101

Putra, L, R. (2021). Analisis Proses Afiksasi pada Artikel Kelapa Sawit Mencari Jalan Tengah. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 03(05), 3196–3203. Diambil dari: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Rafiuddin, N. (2021). Proses Morfologis Reduplikasi pada Buku Kumpulan Sajak Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 06(02), 69–75. Diambil dari: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPBSI/article/download/2325/pdf

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95. Diambil:http://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/viewFile/2374/1691

Sari, Kusuma., Nurcahyo, J Rizki., K. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Majalah Toga Edisi III Bulan Desember Tahun 2018. Jurnal Imajeri, 02(01), 11–23. Diambil dari: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/imajeri/article/view/5073/1819

Sari, Wulan Septi., Qoryah, Nuur Afifah., Aprillia, Y. O. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Portal Radio Solo Tema Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 03(1), 82–92. Diambil dari: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/imajeri/article/download/4996/1944

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, CV.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/calls.v8i2.7536

Copyright (c) 2022 Jihan Septiani Hasan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Address: Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS

 

Creative Commons License  
CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics indexing by:

Sinta Crossref Garuda Google Scholar Neliti Base Dimensions Portal ISSN DOAJ