LAGU MADURA SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA (TINJAUAN WACANA KRITIS)

Dzarna Dzarna, Rofiatul Hima, Erdita Nur Rahmawati, Eka Jabbar Asmy

Abstract


Lagu menjadi sarana hiburan yang disukai banyak kalangan. Selain sebagai hiburan, lagu juga sebagai media untuk mengenalkan budaya di suatu daerah. Salah satunya adalah lagu Madura atau lagu yang menggunakan Bahasa Madura. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui budaya masyarakat Madura dalam lagu-lagu Madura yang mengarah pada pendidikan, pengajaran dan pembiasaan. Metode yang digunakan adalah analisis wacana kritis Norman Fairclough yang terdiri dari tahap kebahasaan, praktik kewacanaan, dan pratek sosiokultural. Sumber data terdiri dari 3 lagu Madura yang bertema pendidikan, pengajaran dan pembiasaan. Sedangkan data yaitu diksi, frase dan lirik-lirik lagu Madura yang menggambarkan budaya masyarakat Madura. Proses analisis data dilakukan tiga tahap yaitu tahap deskripsi, tahap interpretasi, dan tahap eksplanasi. Masing-masing tahap yaitu mengarah pada teori yaitu teks kebahasaan yang fokus pada kosakata yang mengandung kata ideologi, praktik kewacanaan yang  fokus pada pelibat wacana yang mengarah pada peran masyarakat dan praktek sosiokultural yang mengarah pada konteks situasional. Hasil penelitian ini, pendidikan masyarakat Madura pada teks lagu mengarah pada pendidikan pesantren dan begitu menjunjung tinggi seorang guru atau kiyai. Pada pengajaran masyarakat Madura begitu patuh pada pengajaran yang diajarkan oleh kiyai, ustad, guru, dan tokoh agama. Sedangkan pembiasaan, budaya masyarakat Madura suka bergoyun atau bercanda tentang keinginan untuk berpoligami. Ketiga budaya diatas tercermin dalam lirik-lirik lagu Madura.


Keywords


Lagu, Budaya Madura, Analisis Wacana Kritis.

References


Atika, M. (2019). Penguatan Peran Langgar Sebagai Medium Keluarga Dalam Upaya Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Di Madura. Personifikasi. 10(2), 141-157. Diambil dari https://journal.trunojoyo.ac.id/personifikasi/article/view/6594.

Fairclough. (1995). Critical Discourse Analysis. New York: Addison.

Faizin. (2015). Sikap Hidup Masyarakat Madura dalam Kumpulan Cerpen Mata Blater Karya Mahwi Air Tawar. Keguruan, F., Ilmu, D., Universitas, P., & Malang, M., 1, 163–172. Diambil dari https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/2613.

Hefni, M. (2007). Bhuppa’-Bhâbhu’-Ghuru-Rato (Studi Konstruktivisme-Strukturalis tentang Hierarkhi Kepatuhan dalam Budaya Masyarakat Madura). Karsa, XI(1), 13–20. Diambil dari ttps://media.neliti.com/media/publications/145581-ID-bhuppa-bhabhu-ghuru-rato-studi konstrukt.pdf.

Iswatiningsih, D., & Fauzan, F. (2021). Semiotika Budaya Kemaritiman Masyarakat Indonesia Pada Syair Lagu. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2), 214–228. Diambil dari https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.18073.

Parsons, T. (1951). The Social System. The Free Press.

Saleh, M. I. dan A. M. (2020). Representasi Ideologi Generasi Muda Uni Soviet dalam Lirik Lagu Mama-Anarxija (Mama Anarki) dari Kino. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan …, 4(September), 121–138. Diambil dari http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JSSH/article/view/8204.

Saraswati, R. (2018). Analisis Wacana Kritis Lirik Lagu Mockingbird Karya Eminem. Pujangga, 4, 31–43.Diambil dari https://www.onesearch.id/Record/IOS698.article-498/TOC.

Sudarwati, K. (2020). Representasi Budaya Lokal “Basanan Using” Dalam Lagu-Lagu Jazz Patrol Banyuwangi: Pendekatan Cultural Studies Kurnia. Humaniora Dan Era Disrupsi Teknologi Dalam Konteks Historis, 1(1), 19–30. Di ambil dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/19976

Supandi. (2017). Dinamika Sosio-Kultural Keagamaan Masyarakat Madura (Kiprah dan Eksistensi Khodam Dalam Pesantren di Madura). AL ULUM : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 4(1), 26–42. Di ambil dari http://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/328.

Susanti, W., & Nurmayani, E. (2020). Kritik Sosial dan Kemanusiaan dalam Lirik Lagu Karya Iwan Fals. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–8. Diambil dari https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs/article/view/2172.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/calls.v8i2.7445

Copyright (c) 2022 Dzarna Dzarna Dzarna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Address: Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS

 

Creative Commons License  
CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics indexing by:

Sinta Crossref Garuda Google Scholar Neliti Base Dimensions Portal ISSN DOAJ