ANALISIS WACANA KRITIS PADA PODCAST "KITA YANG BODOH ATAU SEKOLAH YANG BODOH"

Sherlya Melinda

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskribsi kualitatif dan menggunakan pendekatan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk untuk menganalisis teks dalam podcast Deddy Corbuzier yang sudah ditranskrip. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni podcast bersama Kak Seto dengan judul “Kita yang Bodoh atau Sekolah yang Bodoh?!” dengan durasi 47 menit 55 detik yang di unggah dalam channel youtube pada tanggal 4 April 2020. Pada podcast tersebut, membahas mengenai pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian ini didapatkan elemen-elemen dalam wacana seperti struktur makro (tematik), superstruktur (pendahuluan, isi, penutup, dan simpulan), dan struktur mikro (latar, praanggapan, maksud, koherensi kondisional, metafora). Simpulan dari podcast ini adalah membahas mengenai sekolah yang masih menggunakan sistem pendidikan yang belum terbarui, Kak Seto selaku Ketua KPAI mendirikan Home Schooling bagi anak-anak yang kurang cocok dengan pendidikan formal maupun anak-anak yang tidak bisa mengenyam pendidikan, dan pernyataan-pernyataan Deddy mengenai sekolah dan kuliah menjadi bumbu yang khas dalam podcast tersebut.


Keywords


Analisis Wacana Kritis, Deddy Corbuzier, Podcast, Van Dijk

References


Darma, Y. A. (2009). Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.

Eriyanto. (2009). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Fauzan, U. (2014). Analisis Wacana Kritis dari Model Faiclough Hingga Mills. Jurnal PENDIDIK, 6(1), 1-15.

Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal (Studi Kasus di PAUD Terpadu Salsabila Al- Muthi'in Yogyakarta). JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 84-97.

Karo-Karo, D. (2013). Membangun Karakter Anak Dengan Mensinergikan Pendidikan Informal Dengan Pendidikan formal. Jurnal PGSD FIP Unimed, 1(2), 1-13.

Saadillah, A., Haeniah, N., & Jumriah. (2020). Analisis Wacana Teun Van Dijk Dalam Cerpen "Tukang Dongeng" Karya Ken Hanggara. Jurnal Lingue, 2(2), 80-87.

Sari, N. A., & Yusriansya, E. (2020, Agustus 15). Analisis Wacana Kritis Terhadap Konten Media Sosial "Bekal Buat Suami" Dalam Perspektif Gender. Seminar Nasional Linguistik dan Bahasa (SEMANTIKS), pp. 69-80.

Setiawan, S., & Halum, Y. S. (2016). Pesab Dari Selebor: Analisis Wacna Kritis Terhadap Fenomena Bahasa Tulis Stiker Sepeda Motor. Paramasastra, 3(2), 172-196.

Tricahyono, D., Sariyatun, & Ediyono, S. (2020). Analisis Wacana Kritis Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Nilai Dalam Buku Teks Sejarah SMA. SOCIA: Jurna Ilmu-ilmu Sosial, 17(1), 1-10.

Utomo, G. P. (2017). Wacana Antikomunisme Dalam Teks dan Konteks Sosial Film Pulau Buru Tanah air Beta (Analisis Wacana Kritis Model Teun A. van Dijk). Universitas Diponegoro.

Wahyuni, K., & Sudiana, I. (2020). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk Pada Pemberitaan Kompas dengan Judul "Dibalik Kasus Penusukan wiranto dan Penangkapan Sejumlah Terduga Teroris. Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya, 7(1), 801-818.

Yanti, N. D., Putrayasa, I. B., & Artika, I. (2019). Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Pada Teks Pidato Kalim Kemenangan Pilpres 2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 356-362.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/calls.v7i2.6183

Copyright (c) 2022 Sherlya Melinda Ruslan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Address: Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS

 

Creative Commons License  
CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics indexing by:

Sinta Crossref Garuda Google Scholar Neliti Base Dimensions Portal ISSN DOAJ