PENGALAMAN SUBJEK DALAM CERPEN-CERPEN ANAK BOBO (RELEVANSI PANDANGAN JOHN DEWEY TERHADAP MULTIKULTURALISME DUNIA ANAK)
Abstract
Penelitian ini berfokus ke lima cerpen anak yang diperoleh dari majalah anak-anak versi daring Bobo. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana relevansi pandangan John Dewey terhadap multikulturalisme dalam dunia anak dalam cerpen-cerpen anak Bobo? Analisis terhadap cerpen-cerpen akan menggunakan teori John Dewey tentang pengalaman subjek terdidik, yang akan dikoneksikan dengan isu multikulturalisme. John Dewey adalah pemikir pragmatis yang mempercayai pengalaman sebagai cara terbaik untuk membuat subjek terdidik memperoleh pengetahuan. Hasil penelitian ini memperlihatkan tokoh-tokoh sebagai subjek dalam cerita yang mengalami konflik akibat perbedaan dengan subjek lain. Perbedaan tersebut terkait dengan banyak hal, di antaranya pandangan subjek, latar belakang budaya subjek dan cara subjek memandang lingkungan, dan sebagainya. Pada akhirnya tokoh-tokoh dalam cerpen mengatasi konflik mereka setelah bertemu dengan tokoh atau subjek lain dengan segala macam keberagamannya. Kelima cerpen tersebut memperlihatkan fenomena multikulturalisme yang beragam. Penelitian ini sekaligus menegaskan bahwa pandangan John Dewey terkait pengalaman subjek masih relevan dalam konteks nilai pendidikan dalam karya sastra, khususnya sastra anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, Ida Rochani. 2011. Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Alo, Liliweri. (2003). Makna Budaya dalam Komunkasi Antar Budaya. Yogyakarta: LkiS
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arsip Bobo. 2022. Marco dan Gondola dalam Parapuan. https://bobo.grid.id.
Bestari, Pradikha. 2019. Ke Festival Bau Nyale dalam Parapuan. https://bobo.grid.id.
Emzir, Saifur Rohman, Andri Wicaksono (Ed.). 2018. Tentang Sastra : Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya. Yogyakarta. Penerbit Garudhawaca
Esteves, K. J. (2018). Fostering global perspectives with children’s literature. Kappa Delta Pi Record, (April-June), 72-77. doi:10.1080/00228958.2018.1443673
Haeffner, C. (2016). MOSAIC Multicultural Literature Selection and Promotion. Teacher Librarian, 43(4), 32–38. Retrieved from http://proxy.bsu.edu.
Hasbullah. 2020. Pemikiran Ktiris John Dewey Tentang pendidikan. Jurnal UIN Antasari
Iwai, Y. (2015). Using multicultural children's literature to teach diverse perspectives. Kappa Delta Pi Record, (April-June), 81-86. doi:10.1080/00228958.2015.1023142
Lena D. 2019. Dadong Griya dalam Parapuan. https://bobo.grid.id.
Maksum, Ali. 2011. Pengantar Filsafat Dari Masa Klasik Hingga Postmodernisme. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta
Maksum, Ali dan Luluk Yunan Ruhendi. 2004. Paradigma Pendidkan Universal di Era Modern dan Post-Modern, IRCISOD, Yogyakarta
Musta’in, Muhammad (2016) Pendidikan Berbasis Pengalaman Menurut Pemikiran John Dewey dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam (Telaah Buku Experience and Education Penulis John Dewey). Undergraduate thesis, Stain Kudus.
Musta’in, Muhammad. 2016. Pendidikan Berbasis Pengalaman Menurut John Dewey. Jurnal Stain Kudus.
Nurgiyantoro, B. (2019). Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta
Nursaptini, N., Widodo, A., Novitasari, S., & Anar, A. P. (2020). Festival Bau Nyale sebagai pengenalan dan pelestarian budaya. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(1), 85-96.
Parengkuan, V. 2017. Kipas Cendana Sangiang Madada dalam Parapuan. https://bobo.grid.id.
Patton, M. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods. Sage Publication, Inc.
Putri, G.A.I.A., & Irawan, I. (5 Mei 2020). Krisis Politik Identitas pada masyarakat Indonesia akibat pilkada terhadap Multikulturalisme. BINUS University. https://binus.ac.id/character-building/2020/05/krisis-politik-identitas-pada-masyarakat-indonesia-akibat-pilkada-terhadap-multikulturalisme/
Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rahmalia, I. (11 April 2018). Sebentar Lagi, Majalah Bobo Berulang Tahun Ke-45, Lihat 7 Fakta Serunya, yuk!. BOBO.ID. https://bobo.grid.id/read/08682171/ sebentar-lagi-majalah-bobo-berulang-tahun-ke-45-lihat-7-fakta-serunya-yuk-?page=all
Ritzer, George dan Smart, Barry. 2018. Handbook Teori Sosial (terjemahan Imam Muttaqien dkk.). Bandung: Nusa Media
Roald, Anne Sofie. (2009). Multiculturalism and Pluralism in Secular Society: Individual or Collective Rights?. Michelsen Institute Press.
Rochani Adi, Ida. 2011. Fiski Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Saharudin, S. (2016). Perilaku Liminal Masyarakat Sasak-Lombok Dalam Bêkayaq Bau Nyalé Dan Pataq Paré. SASDAYA: Gadjah Mada Journal of Humanities, 1(1), 87-112.
Sarumpaet, Riris K. Toha. 2017. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Obor
Sigit, Wahyu. 2023. Pertemuan di Atas Andong dalam Parapuan. https://bobo.grid.id.
Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton (Terjemahan Sugihastuti, Rossi Abi). Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Taufik, Akhmad. 2017. Sastra Multikultural, Konstruksi Identitas dan Praktik Diskursif Negara dalam Perkembangan Sastra Indonesia. Malang: Beranda
Wicaksono, A. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/calls.v0i0.13136
Copyright (c) 2023 Dahri Dahlan, S.S., M.Hum., Nita Maya Valiantien, Saferi Yohana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial address:
Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Address: Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalcalls@fib.unmul.ac.id
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS
CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics indexing by: