Gaya Hidup Brand Minded dan Harga Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Karyawan Frontliner

Lita Afriani, Ayunda Ramadhani, Elda Trialisa Putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui pengaruh gaya hidup brand minded dan harga diri terhadap perilaku konsumtif pada karyawan frontliner perbankan baru. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 59 orang karyawan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling . Instrumen pengukuran yang dapat digunakan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan skala perilaku konsumtif, skala gaya hidup brand minded dan harga skala diri. Skala ini disusun dengan menggunakan model likert dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Science (SPSS) 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara gaya hidup brand minded dan harga diri terhadap perilaku konsumtif dengan nilai F = 18.864, R 2 = 0.531 dan P = 0.000. Pada gaya hidup brand minded terdapat pengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku konsumtif dengan nilai beta = 0,419, t = 3,212 dan P = 0,002. Pada harga diri terdapat pengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku konsumtif dengan nilai beta = 0,285, t = 2,816 dan P = 0,033.

Keywords


Perilaku Konsumtif; Gaya Hidup Brand Minded; Harga Diri

Full Text:

PDF

References


Alamanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. Psikoborneo, 6(2), 410-419.

Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta : CV. Rajawali.

Baron, R & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Clay, D., Vignoles, V.L. & Dittmar, H. (2005). Body Image and Self Esteem Among Adolescent Girls : Testing the Influence of Sociocultural Factors. Journal of Research on Adolescence, 15(4), 451-477.

Coopersmith, S. (2002). The Antecedent of Self-esteem. San Francisco: W.H. Freeman and Company.

Fadli, A. (2010). Pendidikan Lingkungan Hidup: Bukan Untuk Pembebanan Baru Bagi Siswa, http://timpakul.web.id/plh-4.html. Diakses tanggal 4 Agustus 2019.

Engel, Blackwell & Miniard. (2012). Perilaku Konsumen. Tangerang : Binarupa Aksara.

Fromm, E. (2008). The Sane Society. British Library Cataloguing in Publication Data.

Hadi, S. (2000). Panduan Manual Seri Program Statistik (SPSS 2000). Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Hasibuan, P.N. (2010). Hubungan Antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. (Skripsi). Universitas Sumatera Utara, Medan.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke 12. Jakarta : Erlangga.

Mangkunegara, A.A.A.P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nugraheni, P.N.A. (2013). Perbedaan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau dari Lokasi Tempat Tinggal. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Pratiwi, A. (2015). Perilaku Konsumtif Pada Kalangan Pramuniaga Di Matahari Department Store Kudus. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Santrock. J. W. (2012). Remaja. Jakarta : Erlangga.

Siagian. S.P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi Metode R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumartono. (2012). Terperangkap dalam Iklan. Bandung : Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Tyas, A.D.C. (2010). Hubungan Pola Attachment Dengan Self Esteem Remaja Pada Mahasiswa Psikologi Semester IV Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id