Intensitas Menonton Tayangan Kekerasan dan Iklim Sekolah terhadap Perilaku Perundungan

Ismi Krisdianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton tayangan kekerasan dan iklim sekolah terhadap perilaku perundungan siswa SMP X Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 87 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku perundungan, intensitas menonton tayangan kekerasan, dan iklim sekolah. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 24.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada pengaruh intensitas menonton tayangan kekerasan dan iklim sekolah terhadap perilaku perundungan yaitu dengan nilai F = 17.466, R2 = 0.542, dan p = 0.000; (2) ada pengaruh intensitas menonton tayangan kekerasan terhadap perilaku perundungan dengan nilai beta = 1.302, t = 4.432, dan p = 0.000 (3) ada pengaruh iklim sekolah terhadap perilaku perundungan dengan nilai beta = -0.878, t = -2.989, dan p = 0.004. Kontribusi intensitas menonton tayangan kekerasan dan iklim sekolah dengan perilaku perundungan siswa kelas SMP X Samarinda adalah sebesar 54.2 persen.

Keywords


Clinical Psychology

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2012). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara.

Arya, P.K. (2008). Rahasia mengasuh talenta anak. Penerbit: Think Jogjakarta.

Djuwita, R. (2006). Masalah Tersembunyi dalam Pendidikan di Indonesia: Workshop Bullying. Universitas Indonesia.

Freiberg, H. J. (2005). School climate: Measuring, improving, and sustaining healthy learning environment. Falmer Press.

Frisnawati, A. (2012). Hubungan Antara Intensitas Menonton Reality Show Dengan Kecenderungan Perilaku Prososial Pada Remaja. Jurnal Empathy, 1(1). https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/123259.

Latip, A.E. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Anak usia MI/SD. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Monrad, D.M., May, R.J., DiStefano, C., Smith, J., Gay, J., Mindrila, D., Gareau, S., & Rawls, A. (2008). Parent, Student, and Teacher Perception of School Climate: Investigations Across Organizational Level. www.ed.sc.edu/.../EOC%20Climate/Parent,%20Student,%20and%20Teacher%20Perc eptions%20of%20School%20Climate.pdf.

Rigby, K. (2002). New Perspectives on Bullying. Jessica Kingsley.

Sejiwa, (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. PT Grasindo.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.

Sunarto. (2009). Televisi, Kekerasan, dan perempuan. Penerbit Buku Kompas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id