Gambaran Strategi Coping Mahasiswa Pengguna Aplikasi Tik Tok yang Menjalani Social Distancing Wabah Covid-19

Hajriah Hajriah, Anti Suryani, Linda Sari, Dian Dwi Nur Rahmah

Abstract


Strategi Coping yang baik pada masa sosial distancing wabah Covid-19 penting untuk mengurangi kejenuhan dan rasa bosan serta menghindari terjadinya stress. Untuk itu, strategi coping yang baik bagi mahasiswa dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Tik Tok untuk memperoleh dukungan sosial dan sebagai bentuk pengekspresian diri serta penyaluran perasaan di tengah kejenuhan kuliah online dan kesibukan tugas-tugas kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai bagaimana gambaran strategi coping mahasiswa pengguna aplikasi Tik Tok yang menjalani sosial distancing pada Universitas Mulawarman Samarinda. Subjek yang digunakan sebanyak empat orang mahasiswa Universitas Mulawarman pengguna aplikasi Tik Tok dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan subjek penelitian didasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu.  Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam semiterstruktur dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data yang dikemukakan Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran strategi coping mahasiswa pengguna aplikasi Tik Tok selama menjalani sosial distancing wabah Covid-19 lebih cenderung menggunakan pendekatan emosional focus coping yakni menggunakan Tik Tok sebagai pengalihan atau penyaluran emosi ketika mengalami tekanan atau stres. Sehingga menggunakan aplikasi Tik Tok cukup efektif untuk strategi coping selama sosial distancing wabah Covid-19.

 

A good coping strategy during the social distancing period of the Covid-19 outbreak is important to reduce boredom and boredom and avoid stress. For this reason, a good coping strategy for students can be done by using the Tik Tok application to get social support and as a form of self-expression and channeling feelings during saturation of online lectures and busy college assignments. This study aims to obtain information on how to describe the coping strategies of students using the Tik Tok application who undergo social distancing at Mulawarman University, Samarinda. The subjects used were four students of Mulawarman University users of the Tik Tok application using purposive sampling technique, namely the selection of research subjects based on certain characteristics or traits. The data collection used is semi-structured in-depth interviews and observation. The data collected were analyzed using data analysis techniques proposed by Miles and Huberman, namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the description of the coping strategies of students using the Tik Tok application during the social distancing of the Covid-19 outbreak was more likely to use an emotional focus coping approach, namely using Tik Tok as a diversion or channeling of emotions when experiencing pressure or stress. So, using the Tik Tok application is quite effective for coping strategies during the social distancing of the Covid-19 outbreak.


Keywords


Sosial Distancing; Strategi Coping; Tik tok

Full Text:

PDF

References


Andiarna, F., dan Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139-149.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosda karya.

Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Heryana, A., & Unggul, U. E. (2018). Informan dan pemilihan informan dalam penelitian kualitatif. Universitas Esa Unggul, 25.

Iqbal, M. (2020). Tik Tok Revenue and Usage Statistics (2020). URL: https://www.businessofapps.com/data/tik-tokstatistics/. Diakses tanggal 12 Februari 2021.

Lubis, R., Irma, N. H., Wulandari, R., Siregar, K., Tanjung, N. A., Wati, T. A., dan Syahfitri, D. (2015). Coping Stress pada mahasiswa yang bekerja. Jurnal Diversita, 1 (2).

Moshin, M. (2020). Tik Tok Statistics That You Need to Know in 2020. URL: https://www.oberlo.com/blog/Tik Tok-statistics. Diakses tanggal 12 Februari 2021.

Mubin, M. F., dan Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3 (2), 203-208.

Omar, B., dan Dequan, W. (2020). Watch, Share or Create: The Influence of Personality Traits and User Motivation on Tik Tok Mobile Video Usage. International Association of Online Engineering, 121-137.

Putra, K. A. S. U., Permana, G. W., Sephiani, P. Y., & Sutriyanti, N. K. (2021). Persepsi masyarakat terhadap aplikasi tik tok sebagai media menurunkan tingkat stres di era pandemi covid-19. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya, 16(1), 67-73.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta CV.

Yusuf, A.M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id