Pengaruh Stres Akademik dan Kecanduan Smartphone Terhadap Prokrastinasi Akademik

Rommy Purwanto Bakri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres akademik dan kecanduan smartphone terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa FISIP Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 104 mahasiswa dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik, stres akademik dan kecanduan smartphone. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara stres akademik dan kecanduan smartphone terhadap prokrastinasi akademik. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan stres akademik terhadap prokrastinasi akademik. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecanduan smartphone terhadap prokrastinasi akademik. Kontribusi pengaruh stres akademik dan kecanduan smartphone terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiwa Fisip Universitas Mulawarman sebesar 33,4 persen.

 

This study aims to determine the influence of academic stress and smartphone addiction on the academic procrastination of FISIP students of Mulawarman University. This research uses a quantitative approach. The subjects of this study were 104 students selected using purposive sampling techniques. The data collection method uses a scale of academic procrastination, academic stress and smartphone addiction. The collected data is analyzed with multiple linear regression analysis tests. The results showed (1) There was a significant influence between academic stress and smartphone addiction on academic procrastination. (2) There is a significant influence of academic stress on academic procrastination. (3) There is a significant influence between smartphone addiction and academic procrastination. The contribution of the influence of academic stress and smartphone addiction to academic procrastination in Students of Fisip Mulawarman University was 33.4 percent.


Keywords


Prokrastinasi Akademik; Stres Akademik; Kecandaun Smartphone

Full Text:

PDF

References


A’yunina, H., & Abdurrohim. (2019). Hubungan antara stres akademik dan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Psikologi, 9(2), 889-897.

Akanferri, A. A., Aziale, L. K., & Asampana, I. (2014). An empirical study on mobile phone usage among young adults in Ghana: From the viewpoint of university students. International Journal of Computer Applications, 98(5), 15-21.

Anggawijaya, S. (2013). Hubungan antara depresi dan prokrastinasi akademik. Jurnal Imiah Mahasiswa Surabaya, 2(2), 1-12.

Anggunani, A. R., & Purwanto, B. (2019). Hubungan antara problematic internet use dengan prokrastinasi akademik. Jurnal of Psychology, 4(1), 1-10.

Basri, A. S. H. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa ditinjau dari religiutas. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwa Islam, 14(2), 54-77.

Beard, K. W., & Wolf, E. M. (2001). Modification in the Proposed Diagnostic Criteria for Internet Addiction. Cyberpsychology & Behavior, 4(3), 377-383.

Cahyaningsih, A. A., Nurul, U. A., & Agus, Z. A. (2019). Gadget dan mahasiswa. Jurnal Respon Publik. 13(3), 21- 29.

Chiu, S. (2014). The relationship between life stress and smartphone addiction on taiwanese university student: A meditation model of learning self efficacy and social efficacy. Computers in Human Behavior, 34(2), 49-57.

Djamarah . (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, H. H. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132.

Ferrari., Joseph, R., Johnson, J. & McCown, W. (1995). Procrastination and task avoidance. New York, USA: Plenum Press.

Griffiths, M. & Kuss, D. (2015). Internet addiction in psychotherapy. Basingston: Palgrave Macmillan UK.

Hadi, S. (2004). Penelitian research. Yogyakarta: BPFE

Knaus, W. (2010). End procrastination now! get it done with a proven psychological approach. United States: McGrawHill Companies.

Kurniawan, A., & Ika, Y. C. (2013). Hubungan antara academic stres dengan smartphone addiction pada mahasiswa pengguna smartphone. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 2(1), 16-21.

Muflihah, F,. & Afifatus, S. (2009). Hubungan Antara kecanduan gadget dengan prokrastinasi akademik. Jurnal FKIP Bengkulu, 18(1), 83-93.

Mujahidah, A., & Mudjiran, M. (2019). Hubungan antara Ketakutan Akan Kegagalan dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Riset Psikologi, 2019(2).

Muflihah, F., & Sholihah, A. (2019). HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GADGET DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK. TRIADIK, 18(1).

Purwati, M., & Amalia, R. (2018). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres akademik pada mahasisawa perencanaan wilayah dan kota Universita Diponegoro semarang. Jurnal Empati, 7(2), 28–39.

Rumiani. (2006). Prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan stres mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(2), 37-48.

Setiawan, G, O,. (2015). Hubungan antara stres akademik dengan prokratinasi akademik pada mahasiswa yang sedang skripsi di Universitas kristen satya wacana. Jurnal Psikologi, 5(2), 6–16.

Solomon., & Rothblum. (1984). Academic Procrastination: Frequency and cognitive-behavioralcorrelates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509.

Steel, P., & Klingsieck, K. B. (2016). Academic procratination: Psychological antecedents revisied. Australian Psychology, 51(1), 36-46.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian kuantitatif. kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Surijah, E., & Sia, T. (2007). Mahasiswa versus tugas : Prokrastinasi akademik dan conscientiousness. Anima, Indonesian Psychological Journal, 22(4), 352-374.

Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and psychological measurement, 51(2), 473-480.

Ursia, N, R., Ide, B, S., & Nadia, S. (2013). Hubungan prokrastinasi akademik dan self-control pada mahasiswa skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Psikologi, 17(1), 1-18.

Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. W. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal, 13(2), 235-239.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id