Kepercayaan Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Klinik Kecantikan

Nur Wulan Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepercayaan konsumen dengan kepuasan konsumen klinik kecantikan. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling yaitu simple random sampling. Adapun jumlah sampel yang dijadikan penelitian sebanyak 100 orang yang dipilih secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepercayaan konsumen dan kepuasan konsumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji statistik Product Moment dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara kepercayaan konsumen dengan kepuasan konsumen klinik kecantikan di Kota Samarinda, dengan nilai rhitung = 0.188 dan nilai Sig = 0.062 (p > 0.05).

 

This study aims to determine whether there was a relation between the customer trust and customer satisfaction with customer beauty clinics in Samarinda. The sampling technique used with probability sampling was simple random sampling. The sample was 100 customer of beauty clinics in Samarinda. Data collection methods used were the scale of customer trust and customer satisfaction. The collected data was analyzed in product moment correlation test and the Statistical Package for Social Sciences (SPSS) program 21.0 for Windows. The result of this study indicated that there was no relation between the customer trust and customer satisfaction with customer beauty clinics in Samarinda, with a value of r = 0.188 and Sig = 0.062 (p <0.05).


Keywords


Kepercayaan Konsumen; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chen, H. H., & Gatfield, T. (2011). The effect of expertise of service provider, relational benefit on loyalty- an empirical study of hairstyle franchise system. Journal of International Management Studies, 6(1), 1.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Frooghi, R., Waseem, S. N., Afshan, S., & Shah, Z. (2015). Effect of offline parent brand dimension on onliner trust, satisfaction, and loyalty: in context of newspaper industry. Journal of Management Sciences, 2(2), 223-242.

Hadi, S. (2010). Methodology Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hutabarat, L. T., Novalina, S. D., & Sinaga, Y. (2016). Pengembangan alat ukur kepuasan terhadap kualitas layanan jasa ATKP Medan. Jurnal DIVERSITA, 2(2), 1-15.

Ishak, A. & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas: studi tentang peran mediasi switching costs. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1), 55-66.

Lupiyoadi, R. (2010). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Lusiana, V. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.

Muarifah, V. (2017). Pengaruh servicescape terhadap kepuasan pengguna jasa (studi kasus pada Kantor Imigrasi Kelas I Malang). Jurnal Manajemen Bisnis, 7(2), 109-118.

Riduwan. & Akdon. (2013). Rumusan dan Data Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sahanggamu, S., Mananeke, L., & Sepang, J. (2015). Analisis kualitas layanan, servicescape, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Sinarmas Bitung. Jurnal EMBA, 3(1), 1084-1095.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sumanty, D., Sudirman, D., & Puspasari, D. (2018). Hubungan religiusitas dengan citra tubuh pada wanita dewasa awal. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 1(1), 9-28.

Sutopo, Yeri., & Slamet, Achmad. (2017). Statistika Inferensial. Yogyakarta: Andi Offset.

Suseno, A. O., & Dewi, K. S. (2014). Hubungan antara ketidakpuasan bentuk tubuh dengan intensi melakukan perawatan tubuh pada wanita dewasa awal. Jurnal Empati, 3(3), 20-31.

Wibowo, N., & Pandu, A. (2013). Perancangan interior klinik kecantikan berbasis eco-design di Surabaya. Jurnal INTRA, 1(2), 1-8.

Wicaksono, Y. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi pelanggan di PT. Indo Samudera Perkasa Semarang). Universitas Diponegoro Semarang, Semarang.

Wulandari, S. (2017). Pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen asuransi jiwa. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(9), 1-18.

ZAP Clinic. (2020). ZAP Beauty Index. Diakses tanggal 1 Juni 2020, dari https://zapclinic.com/zapbeautyindex.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id